Liga Inggris: Dari Tielemans hingga Zaha, Ini 5 Pemain Gratisan yang Bisa Diboyong MU

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 24 Sep 2022, 08:45 WIB
Ilustrasi - Youri Tielemans, Milan Skriniar, Douglas Luiz (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) diyakini tak akan bermanuver liar pada bursa transfer musim dingin Januari 2023. Namun, Erik ten Hag bisa merayu beberapa pemain gratisan, mulai dari Youri Tielemans hingga Wilfried Zaha, yang kontraknya habis dalam waktu dekat.

Musim panas kemarin, Erik ten Hag mendatangkan beberapa pemain bidikannya, seperti Antony, Tyrell Malacia, dan Lisandro Martinez. MU sudah mengeluarkan banyak uang untuk membentuk skuad dalam waktu singkat.

Advertisement

Biar begitu, proses pembentukan skuad akan terus berlanjut. Ten Hag belum selesai merekrut pemain-pemain yang sesuai dengan proyek perkembangan tim MU yang sekarang.

Ada kemungkinan Ten Hag bakal meminta dana tambahan pada Januari 2022 mendatang, tapi baru-baru ini petinggi klub mengonfirmasi keterbatasan dana belanja. Artinya, musim panas mendatang MU mungkin membidik beberapa pemain dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

Bahkan, ada beberapa pemain gratisan yang mungkin masuk radar Ten Hag. Pemain-pemain tersebut bakal kehabisan kontrak musim panas mendatang. Siapa saja?

2 dari 8 halaman

1. Wilfried Zaha

Wilfried Zaha. Didatangkan Alex Ferguson pada Januari 2013 sebagai rekrutan terakhir, tak sekalipun ia bermain hingga Sir Alex pensiun di akhir musim. Hanya bermain 4 kali di musim 2013/2014, ia sempat dipinjamkan ke Cardiff City hingga akhirnya kembali ke Crystal Palace. (AFP/Adrian Dennis)

Nama pertama yang seharusnya masuk radar MU adalah Wilfried Zaha. Menariknya, Zaha sudah pernah bermain untuk MU beberapa tahun lalu, tapi dia dianggap gagal total.

Biar begitu, kedatangan Zaha di Old Trafford pada tahun 2013 lalu dianggap terlalu dini. Saat itu dia belum cukup tangguh untuk menghadapi alotnya Liga Inggris.

Sekarang situasinya berbeda, beberapa tahun terakhir Zaha menjadi andalan Crystal Palace. Dia lebih siap bermain untuk tim kuat selevel MU.

3 dari 8 halaman

2. Douglas Luiz

Gelandang Aston Villa, Douglas Luiz (depan), menguasai bola dibayangi bek Crystal Palace, Patrick van Aanholt, dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 pekan ke-15 di Villa park, Birmingham, Sabtu (26/12/2020). Aston Villa menang 3-0 atas Crystal Palace. (AFP/Rui Vieira/Pool)

Nama Douglas Luiz sebenarnya lebih sering dihubungkan dengan Arsenal baru-baru ini. Dia termasuk salah satu holding midfielder berbakat di Eropa.

MU memang sudah punya Casemiro, tapi bukan berarti mereka tidak akan memburu Luiz. Pasalnya, beberapa tahun posisi holding midfielder memang jadi titik lemah MU.

Kontrak Luiz bakal kedaluwarsa musim depan, artinya mulai Januari 2022 nanti bakal ada beberapa klub top yang membidik gelandang Aston Villa tersebut.

4 dari 8 halaman

3. Youri Tielemans

Youri Tielemans. Gelandang Leicester City berusia 24 tahun yang merupakan rekan setim Romelu Lukaku di Timnas Belgia ini kini menjalani musim ketiganya bersama The Foxes. Musim ini ia telah mencetak 5 gol di Liga Inggris dari 12 laga, unggul dua gol atas Romelu Lukaku. (AP/Rui Vieira)

Seharusnya, MU mungkin bisa mendapatkan Tielemans jika serius memburunya musim panas lalu. Sayangnya pada saat itu MU ada prioritas lain.

Kabarnya Leicester siap melepas Tielemans dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Arsenal dan MU sempat berminat, tapi pada akhirnya transfer tersebut tidak terwujud.

Tielemans masih 25 tahun, dia masih punya potensi yang bisa dikembangkan. Teknik Tielemans juga cukup tinggi untuk ukuran gelandang.

5 dari 8 halaman

4. Milan Skriniar

Pada menit ke-67 Inter Milan unggul 2-1 melalui gol Milan Skriniar. Ia berhasil meneruskan umpan tendangan bebas Alessandro Bastoni. (AP/Antonio Calanni)

MU tidak membutuhkan bek tengah saat ini, tapi musim panas mendatang diduga bakal ada perombakan skuad, khususnya di lini belakang. Tentu, Skriniar layak diburu.

Bek asal Slovakia ini dikenal sebagai salah satu pemain bertahan paling tangguh di Italia dalam beberapa tahun terakhir. Dia bisa bermain dengan formasi tiga bek dan empat bek sama baiknya.

Saat ini Ten Hag memercayai duet Lisandro-Varane. Namun, ada beberapa bek lain yang mungkin dilepas, seperti Lindelof, Phil Jones, Tuanzebe, dan lainnya.

6 dari 8 halaman

5. Konrad Laimer

Pemain Leipzig, Amadou Haidara (kanan) dan Konrad Laimer (kiri) merayakan kemenangan usai mengalahkan SC Freiburg pada partai final DFB Pokal atau Piala Liga Jerman yang berlangsung di Stadion Olimpiade di Berlin, Jerman, Sabtu, 21 Mei 2022 waktu setempat. Die Bullen berhasil menang lewat babak adu penalti dengan skor 4-2 usai laga berjalan imbang 1-1. (AFP/Ronny Hartmann)

Laimer sebenarnya sudah dihubungkan dengan MU musim apnass lalu. Gelandang RB Leipzig ini dikenal dengan etos kerja dan energi yang luar biasa di lapangan.

Pemain seperti Laimer sangat cocok untuk MU. Dia bisa mengisi beberapa posisi di lini tengah dan di lini belakang.

Laimer masih 25 tahun, kariernya masih panjang. Potensinya tidak perlu diragukan karena dia sempat masuk radar Bayern Munchen dan Liverpool.

Sumber: Express, Manchester United

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 23/9/2022)

7 dari 8 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2022/2023

Berita Terkait