1 Menit Terdiam untuk Korban Tragedi Kanjuruhan di 8 Stadion Eropa: Dari Giuseppe Meazza hingga Allianz Arena

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 05 Okt 2022, 12:42 WIB
Para pemain Bayer Leverkusen berdiri di lapangan saat mengheningkan cipta untuk mengenang para korban tragredi Kanjuruhan jelang pertandingan sepak bola Grup B Liga Champions antara FC Porto dan Bayer Leverkusen di Stadion Dragao, Porto, Portugal, 4 Oktober 2022. (AP Photo/Luis Vieira)

Bola.com, Jakarta - Tragedi Kanjuruhan masih menjadi perhatian dunia. Dalam fase grup Liga Champions 2022/2023, semua pertandingan diawali dengan hening cipta satu menit untuk korban kerusuhan pada 1 Oktober 2022 itu.

Melalui keterangan resminya, UEFA menyebut moment of silence bukan cuma dilakukan sebelum pertandingan Liga Champions.

Advertisement

"UEFA hari ini mengumumkan bahwa mengheningkan cipta akan diadakan sebelum kick-off untuk mengenang para korban peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia," tulis keterangan UEFA.

"Momen hening ini akan berlangsung di semua pertandingan UEFA minggu ini (Liga Champions, Liga Europa, Conference League, dan play-off Piala Dunia Wanita)," lanjut keterangan itu.

2 dari 9 halaman

Hening Cipta 1 Menit

Kolase foto saat para pemain Liga Champions memberikan penghormatan untuk korban tragedi Kanjuruhan sebelum bertanding. (AP Photo/Antonio Calanni//Peter Dejong/Rui Vieira)

Jelang pertandingan, seluruh pemain, ofisial tim, ofisial laga, hingga penonton, mengheningkan cipta selama satu menit.

Pada Selasa (4/10/2022) hingga Rabu (5/10/2022), ada delapan pertandingan yang melibatkan Bayern Munchen, Viktoria Plzen, Marseille, Sporting, Porto, Bayer Leverkusen, Club Brugge, Atletico Madrid, Ajax, Napoli, Eintracht Frankfurt, Tottenham Hotspur, Inter Milan, Barcelona, Liverpool, dan Rangers.

"In memory of the victims at Kanjuruhan Stadium in Indonesia," demikian tulisan di papan skor Estadio do Dragao, Porto.

3 dari 9 halaman

Spanduk Fans Bayern Munchen

4 dari 9 halaman

Allianz Arena

5 dari 9 halaman

Hening di Marseille

Para pemain mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang para korban tragedi Kanjuruhan jelang pertandingan sepak bola Grup D Liga Champions antara Marseille dan Sporting di Stadion Velodrome, Marseille, Prancis, 4 Oktober 2022. (AP Photo/Daniel Cole)
6 dari 9 halaman

Satu Menit di Brugge

Para pemain Club Brugge mengheningkan cipta untuk mengenang para korban tragedi Kanjuruhan jelang pertandingan sepak bola Grup B Liga Champions antara Club Brugge dan Atletico Madrid di Stadion Jan Breydel, Bruges, Belgia, 4 Oktober, 2022. (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)
7 dari 9 halaman

Giuseppe Meazza

Para pemain mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang para korban tragedi Kanjuruhan jelang pertandingan sepak bola Grup C Liga Champions antara Inter Milan dan Barcelona di Stadion San Siro, Milan, Italia, 4 Oktober 2022. (AP Photo/Antonio Calanni)
8 dari 9 halaman

Johan Cruyff ArenA

Para pemain mengheningkan cipta untuk mengenang para korban tragedi Kanjuruhan jelang pertandingan sepak bola Grup A Liga Champions antara Ajax dan Napoli di Johan Cruyff ArenA, Amsterdam, Belanda, 4 Oktober 2022. (AP Photo/Peter Dejong)
9 dari 9 halaman

Anfield

Tragedi Kanjuruhan yang menelan125 korban jiwa dari suporter Arema FC menyita perhatian publik internasional. Salah satunya adalah Liga Champions yang memberikan penghormatan terakhir kepada para korban dengan mengheningkan cipta satu menit sebelum pertandingan. (AFP/Miguel Riopa)

Berita Terkait