Waspada, Persib! Ricky Kambuaya Disebut Diincar Runner-up Liga Malaysia

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 26 Okt 2022, 16:15 WIB
Pemain Persib Bandung, Ricky Kambuaya menggiring bola saat laga pekan kelima BRI Liga 1 2022/2023 antara PSS Sleman melawan Persia Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (19/08/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Bandung - Persib Bandung patus waswas. Tim berjulukan Pangeran Biru itu terancam terusik dengan rumor Ricky Kambuaya diincar klub Malaysia.

Ricky Kambuaya baru bergabung dengan Persib Bandung di musim ini. Gelandang Timnas Indonesia itu menandatangani kontrak selama dua tahun.

Advertisement

Dari sebelas pertandingan Persib Bandung sebelum Liga 1 dihentikan, Ricky Kambuaya bermain delapan kali tanpa mencetak gol, namun membuat satu assist.

Media Malaysia, Makan Bola mengklaim bahwa Ricky Kambuaya dapat membela runner-up Liga Super Malaysia, Terengganu FC pada musim depan.

2 dari 4 halaman

Sumber Pengamat Sepak Bola Lokal

Ricky Kambuaya merupakan salah satu rekrutan terbaru milik Persib Bandung pada musim ini usai didatangkan dari Persebaya Surabaya. Penampilan di babak perempat final Piala Presiden 2022 pada Jumat (01/07/2022), menjadi laga debutnya bersama Maung Bandung. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Makan Bola merujuk cuitan dari Piang Shangkly yang dianggap sebagai "pengamat sepak bola lokal Terengganu FC".

Dalam cuitannya di Twitter, Piang Shangkly menyinggung kepergian seorang yang diduga perwakilan dari Terengganu FC ke Indonesia.

Dia juga menganggap bahwa gelandang Terengganu FC asal Filipina, Manny Ott lebih baik dari Ricky Kambuaya.

3 dari 4 halaman

Gantikan Manny Ott

Gelandang Persib Bandung, Ricky Kambuaya, menjalani latihan pertamanya bersama tim. (Dok. Persib Bandung)

Terengganu FC konsisten menjadi tim papan atas Liga Super Malaysia dalam tiga musim terakhir.

Di musim 2022, klub yang pernah dilatih oleh Rahmad Darmawan itu mengakhiri Liga Super Malaysia di peringkat kedua, hanya kalah dari Johor Darul Ta'zim (JDT).

Jika hijrah ke Terengganu FC, Ricky Kambuaya kemungkinan akan menggantikan Manny Ott untuk slot pemain asing ASEAN.

4 dari 4 halaman

Ingin Main di Luar Negeri

Ricky Kambuaya pernah menyatakan niatnya untuk bermain di luar negeri ketika bermain untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

"Kalau ada peluang dibawa coach Shin Tae-yong ke luar negeri, tentu itu akan baik untuk karier saya," ujarnya medio Januari 2022.

Saat itu, Ricky Kambuaya masih berbaju Persebaya Surabaya. Alih-alih ke luar negeri, pemain kelahiran Sorong, Papua itu justru bergabung dengan Persib.

Berita Terkait