Liga Inggris: MU Siapkan Unai Simon sebagai Pengganti David de Gea?

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 29 Okt 2022, 19:50 WIB
Penjaga gawang Timnas Spanyol, Unai Simon, merupakan pemain jebolan akademi Athletic Bilbao pada 2011. Namun baru di tahun 2018 ia mampu menembus tim senior Bilbao. (Foto:AP/Martin Meissner, Pool)

Bola.com, Manchester - Manchester United (MU) menurut laporan The Athletic, mengincar jasa Unai Simon yang akan dijadikan pengganti kiper David de Gea. Kiper Athletic Bilbao itu dianggap sebagai pengganti yang sepadan.

Unai Simon tampil mengesankan di bawah mistar gawang Athletic Bilbao. Kiper berusia 25 tahun itu dianggap punya kemampuan yang baik untuk menjaga mistar gawang MU.

Advertisement

Seperti diketahui, kontrak David de Gea di Old Trafford akan berakhir pada pengujung musim 2022/2023. Sampai saat ini tak ada pembicaraan mengenai rencana perpanjangan kontrak.

David de Gea memang masih menjadi andalan di bawah mistar gawang MU musim ini. Namun, manajer Erik ten Hag sepertinya tidak terlalu yakin dengan kemampuan De Gea untuk opsi jangka panjang.

2 dari 5 halaman

Kiper Masa Depan

David De Gea memang sudah ditendang dari posisi kiper utama Tim Matador sejak kualifikasi Euro 2020 lalu. Posisinya digantikan kiper Athletic Bilbao yang masih berusia 24 tahun, Unai Simon. (AFP/Pool/Kirill Kudryavtsev)

MU bisa mulai melakukan pembicaraan dengan Unai Simon dalam waktu dekat. Saat ini, sang kiper memang masih terikat kontrak sampai 30 Juni 2025.

Tawaran dari MU tentu akan dipertimbangkan oleh Unai Simon. Namun, Athletic Bilbao tentu bakal menginginkan harga yang sepadan untuk itu.

Pada usia 25 tahun, Unai Simon diprediksi bisa menjadi proyek masa depan MU. Menarik untuk menantikan keseriusan dari kubu Old Trafford.

3 dari 5 halaman

Rapor Unai Simon

Unai Simon. Kiper berusia 24 tahun ini adalah kiper utama pada Euro 2020 lalu. Ia mampu menggeser David De Gea yang lebih senior. Ketenangan dan ketangguhannya di bawah mistar turut mengantar Spanyol lolos hingga semifinal. (Foto: AFP/Pool/Frank Augstein)

Unai Simon merupakan kiper asli binaan akademi Athletic Bilbao. Kiper berpostur 190 cm itu mengawali kariernya di Basconia pada 2014.

Dua musim berselang, Athletic Bilbao memboyong Unai Simon. Namun, ketika itu sang kiper masih dimainkan di Athletic Bilbao B.

Pada 2018, Unai Simon kemudian dipromosikan ke tim senior. Sejak saat itu, Unai Simon telah mengoleksi 139 pertandingan dan sukses mempersembahkan 43 pertandingan.

4 dari 5 halaman

Klasemen Sementara Liga Inggris

Berita Terkait