5 Pemain di Bawah 23 Tahun dengan Performa Gemilang Musim Ini: Erling Halland Enggak Ada Lawan

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 03 Nov 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi - Khvicha Kvaratskhelia, Bukayo Saka, Jamal Musiala (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Sejumlah kompetisi elite Eropa dimeriahkan para pemain muda yang mampu tampil mengesankan bersama klubnya. Meskipun baru berusia di bawah 23 tahun, namun kenyataannya mereka mampu bersaing dan tampil mengesankan.

Bermain di klub elite dengan kondisi usia masih muda tentu tak akan mudah. Apalagi klub yang dibela dihuni oleh banyak pemain senior dan berpengalaman.

Advertisement

Namun, tak sedikit pemain muda yang mampu menunjukkan tajinya musim ini. Situasi ini membuktikan usia muda atau pengalaman bukan jadi acuan untuk bisa memberikan performa gemilang bersama klubnya masing-masing.

Lantas, siapa saja pemain muda yang punya usia di bawah 23 tahun dengan penampilan gemilang di sejumlah kompetisi elite Eropa? Berikut ini lima di antaranya versi Sportskeeda.

2 dari 6 halaman

Bukayo Saka (Arsenal)

Bukayo Saka bisa dibilang sebagai pemain U-21 paling menjanjikan pada musim ini. Tidak ada pemain U-21 lain yang memiliki kombinasi gol dan asis lebih banyak di liga daripada dirinya musim ini. Saka telah mencetak 9 gol dan 5 asis dalam 28 pertandingan liga bersama Arsenal. (AFP/Ian Kington)

Bukayo Saka layak disebut salah satu pemain terbaik di skuat Arsenal pada musim ini. Penampilan pemain berusia 21 tahun itu di lini serang The Gunners sangat luar biasa.

Saka telah mencetak empat gol dan membuat lima assist dalam 11 penampilan di Premier League untuk Arsenal sejauh ini. Selain itu, dia juga mengemas satu gol dalam lima pertandingan Liga Europa musim ini.

Performa apik Saka turut mengantarkan Arsenal berada di puncak klasemen sementara Premier League. Dia juga berpeluang besar membela Inggris di Piala Dunia 2022 mendatang.

3 dari 6 halaman

Jamal Musiala (Bayern Munchen)

Jamal Musiala menjadi bintang muda Bayern Munchen yang tengah naik daun. Menjalani debut pada akhir musim 2019/20, ia langsung mencetak gol perdana di umur 17 tahun 6 bulan 23 hari. Sejauh ini ia telah tampil sebanyak 18 kali dengan mencetak 4 gol dan 3 assist. (AFP/Christof Stache)

Meski baru berusia 19 tahun, Jamal Musiala sudah mendapat kesempatan bermain reguler di skuat Baryern Munchen. Dia pun menunjukkan performa yang cukup impresif di bawah asuhan pelatih Julian Nagelsmann.

Musala telah mencetak tujuh gol dan lima assist dalam 11 penampilan di Bundesliga musim ini. Selain itu, dia juga mencatatkan dua assist dalam lima penampilan di ajang Liga Champions sejauh ini.

Performa apiknya membuat Musiala punya kans yang besar untuk tampil di Piala Dunia 2022. Musala kemungkinan akan masuk skuat Jerman asuhan Hansi Flick.

4 dari 6 halaman

Khvicha Kvaratskhelia (Napoli)

Khvicha Kvaratskhelia juga menjadi salah satu pemain baru yang langsung nyetel di skuad Napoli. Ia didatangkan dari klub Georgia, Dinamo Batumi dengan biaya 11 juta euro. Kvaratskhelia tampil mengagumkan di posisi winger Partenopei. Sejauh ini, ia telah mencetak 5 gol dan 3 assist dari 11 penampilannya di Liga Italia. (AFP/Filippo Monteforte)

Khvicha Kvaratskhelia termasuk pendatang baru di skuat Napoli. Pemain berusia 21 tahun tersebut didatangkan Napoli pada musim panas ini dan langsung tampil mengesankan.

Kvaratskhelia telah mencetak enam gol dan tujuh assist dalam 12 penampilan di Serie A sejauh ini. Selain itu, dia juga mengemas dua gol dan tiga assist dalam lima penampilan di Liga Champions musim ini.

Kvaratskhelia adalah pencetak gol terbanyak Napoli dan telah mencatatkan assist terbanyak untuk timnya musim ini. Jika Kvaratskhelia mampu menjaga konsistensinya, Partenopei berpeluang besar meraih gelar Serie A di akhir musim 2022-23.

5 dari 6 halaman

Jonathan David (Lille)

Jonathan David - Pemain timnas Kanada tampil tajam untuk Lille musim ini. Dia berhasil mencetak 16 gol dari 34 pertandingan di semua kompetisi. Bomber yang kini memasuki usia 22 tahun cocok untuk investasi jangka panjang Manchester United. (AFP/Denis Charlet)

Jonathan David merupakan penyerang andalan Lille. Pemain berusia 22 tahun tersebut sudah menunjukkan performa yang sangat mengesankan untuk klub Ligue 1 tersebut pada musim ini.

David sudah mencetak banyak gol untuk Lille. Dia telah mengemas sembilan gol dan membuat tiga assist dalam 13 penampilan di Ligue 1 untuk Les Dogues musim ini.

Saat ini David merupakan bagian dari timnas Kanada. Dia akan membawa negaranya bertarung di Piala Dunia 2022 mendatang.

6 dari 6 halaman

Erling Haaland (Manchester City)

Erling Haaland bisa dibilang menjadi salah satu penandatangan penyerang baru tersukses pada bursa transfer musim panas 2022. Ia direkrut Manchester City dari Borussia Dortmund dengan harga 60 juta euro. Harga tersebut sukses dibalas Haaland dengan performa cemerlangnya. Pria 22 tahun itu mampu melesatkan 17 gol dan 3 assist dalam 11 penampilannya di Liga Inggris. Sementara itu, Haaland telah menorehkan 5 gol dalam 4 laga di Liga Champions. (AFP/Oli Scarff)

Meski termasuk pendatang baru, Erling Haaland langsung menggila bersama Manchester City. Dia seakan tidak pernah berhenti mencetak gol untuk tim asuhan Josep Guardiola tersebut.

Haaland telah mencetak 17 gol dan mencatatkan tiga assist dalam 11 penampilan di Premier League sejauh ini. Pemain 22 tahun itu juga telah mencetak lima gol dalam empat penampilan di Liga Champions musim ini.

Haaland berpeluang besar menyabet penghargaan Sepatu Emas Premier League pada akhir musim. Sayangnya, dia tidak akan tampil di Piala Dunia 2022 karena Norwegia gagal lolos ke Qatar.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published 2/11/2022)

Berita Terkait