Terkuak, Ini Alasan Erik Ten Hag Pasang Harry Maguire Jadi Striker saat MU Kalahkan Real Sociedad di Liga Europa

oleh Aryo Atmaja diperbarui 04 Nov 2022, 08:15 WIB
Sadar harus menang lebih dari 1-0, Erik Ten Hag akhirnya memainkan Harry Maguire sebagai penyerang agar dapat menguasai bola-bola diudara yang dilancarkan dari barisan pertahanan MU. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Bola.com, Jakarta - Ada pemandangan aneh dalam pertandingan antara Manchester United (MU) melawan tuan rumah Real Sociead dalam partai terakhir Grup E Liga Europa 2022/2023, Jumat (4/11/2022) dini hari WIB.

Ya, Harry Maguire dijadikan sebagai striker oleh pelatih MU, Erik ten Hag. Ia bermain sekitar delapan menit di waktu normal sebagai pengganti pada babak kedua.

Advertisement

MU sukses meraih kemenangan tipis 1-0 atas Real Sociedad lewat gol Alejandro Garnacho pada menit ke-17. Namun kemenangan itu tak cukup membuat tim Setan Merah lolos otomatis ke babak 16 besar Liga Europa musim ini.

MU harus puas menduduki posisi kedua Grup E Liga Europa 2022/2023. Mereka sebenarnya punya nilai sama dengan Sociead, namun kalah dalam selisih gol.

Untuk lolos ke babak 16 besar Liga Europa, MU harus melalui babak play-off terlebih dahulu melawan salah satu tim dari peringkat ketiga babak penyisihan grup Liga Champions.

2 dari 5 halaman

Ekpreimen Gokil

Erik Ten Hag memberikan kesempatan kepada Christian Eriksen untuk melakukan debutnya sebagai pengganti Anthony Martial pada menit ke-68. (AP/NTB Scanpix/Stian Lysberg Solum)

Manajer Manchester United Erik ten Hag melakukan eksperimen dalam pertandingan melawan Real Sociedad. Dia memainkan Harry Maguire sebagai striker.

MU membutuhkan satu gol lagi agar menjadi pemuncak klasemen Grup E. Salah satu cara yang dilakukan Ten Hag adalah memainkan Harry Maguire sebagai striker.

3 dari 5 halaman

Gantikan Garnacho

Penyerang Manchester United atau MU Alejandro Garnacho berebut bola bek Real Sociedad Andoni Gorosabel pada laga keenam Grup E Liga Europa 2022/2023 di Anoeta Stadium, Jumat (4/11/2022) dini hari WIB. Manchester United sukses meraih kemenangan 1-0 ketika dijamu klub Spanyol Real Sociedad. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Maguire masuk menggantikan Garnacho pada menit 82. Bek tengah asal Inggris tersebut berduet dengan Cristiano Ronaldo di lini depan.

Sepanjang total 13 menit bermain, Maguire tak bisa berbuat banyak. Dia gagal membantu Setan Merah mencetak gol tambahan.

4 dari 5 halaman

Penjelasan Erik ten Hag

Usai pertandingan De Gea berusaha menghampiri dan menunjuk ke wajah Harry Maguire seakan-akan memuji penampilan kapten MU tersebut yang kembali tampil usai tujuh laga menepi. (AP Photo/Jon Super)

Usai pertandingan, Erik ten Hag pun menjelaskan alasannya memainkan Harry Maguire sebagai striker. Dia berani mengambil risiko itu karena memang untuk menambah gol.

"Anda tentu saja berharap untuk lebih banyak situasi di kotak penalti lawan dan mencetak gol. Tapi saya pikir pada saat itu kami terlalu tidak menentu," kata ten Hag di situs resmi MU.

"Kami tidak lagi menguasai bola dengan baik dan kami jarang membawa bola ke kotak penalti. Dalam 10 menit terakhir, kami menyerang lagi dan menciptakan peluang bagus. Itulah idenya. Kami harus mengambil risiko, itulah yang kami lakukan,” jelasnya.

5 dari 5 halaman

Kiprah Harry Maguire

Manchester United - Harry Maguire (Bola.com/Adreanus Titus)

Dalam duel MU kontra tuan rumah Real Sociead, Harry Maguire bermain sebagai pengganti, tepatnya pada menit ke-82.

Ia masuk menggantikan Alejandro Garnacho, pencetak gol kemenangan MU di pertandingan ini. Harry Maguire musim ini sudah bermain sebanyak tiga kali di ajang Liga Europa.

Sumber: MU

Berita Terkait