4 Gelandang Gokil di 5 Liga Top Eropa Musim Ini : Nihil Wakil MU, Liverpool dan AC Milan

oleh Choki Sihotang diperbarui 07 Nov 2022, 10:51 WIB
Federico Valverde menjadi andalan Real Madrid musim ini. Kans-nya tampil di Piala Dunia 2022 tergolong besar. (AP/Hassan Ammar)

Bola.com, Jakarta - Setiap memiliki pemain tengah yang bisa menjadi penentu arah permainan. Artinya, peran seorang gelandang sangatlah penting. Mereka memikul beban yang tergolong berat.

Tak hanya stamina dan fisik di atas rata-rata, pemain gelandang juga harus memiliki skil mumpuni. Soalnya, selain berperan menghubungkan lini belakang dan lini depan, dia juga dituntut untuk memanjakan striker dengan umpan-umpan cantik.

Advertisement

Selain itu, gelandang juga menjadi orang pertama yang bertugas mematikan serangan lawan sebelum ancaman tersebut sampai ke jantung pertahanan.

 

2 dari 6 halaman

Siapa Mereka?

Mengingat perannya yang sangat sentral, tak mudah menemukan sosok gelandang serba bisa. Kalaupun ada, itu hanya sebatas hitungan jari.

Nah, sekarang mari kita berkenalan dengan empat gelandang top dengan performa terbaik pada musim 2022/2023.

 

3 dari 6 halaman

James Maddison (Leicester City)

Terlepas dari performa buruk Leicester City, pemain Inggris ini adalah satu di antara pilar yang menonjol di skuad asuhan Brendan Rodgers. Maddison telah mencetak enam gol dan mdua assist dalam 11 penampilan Premier League musim ini.

Pemain berusia 25 tahun itu juga terlibat dalam 15 gol dalam 14 penampilan terakhirnya di Premier League. Kebangkitan dan penampilannya mengesankan dalam beberapa pekan terakhir.

Nah, performa tersebut telah menempatkannya dalam persaingan yang ketat ke dalam skuad Inggris untuk Piala Dunia Qatar 2022. Sangat menarik untuk melihat apakah Gareth Southgate memilihnya.

 

4 dari 6 halaman

Federico Valverde (Real Madrid)

Pemain internasional Uruguay ini bisa dibilang menjadi gelandang dengan performa terbaik di La Liga musim ini. Kehadirannya sangat penting di Real Madrid yang saat ini menempati posisi teratas di tabel liga.

Valverde telah mencetak enam gol dan dua asis dalam 12 penampilan La Liga 2022/2023. Pemain berusia 24 tahun itu sudah mengemas dua gol dan lima asis di Liga Champions.

Valverde telah mencetak gol atau membuat assist dalam lima penampilan terakhirnya untuk Real Madrid di berbagai kompetisi. Penampilan impresifnya patut diacungi jempol dan ia tetap menjadi pemain kunci bagi Uruguay di kompetisi Piala Dunia 2022.

 

5 dari 6 halaman

Jamal Musiala (Bayern Munchen)

Jamal Musiala menjadi bintang muda Bayern Munchen yang tengah naik daun. Menjalani debut pada akhir musim 2019/20, ia langsung mencetak gol perdana di umur 17 tahun 6 bulan 23 hari. Sejauh ini ia telah tampil sebanyak 18 kali dengan mencetak 4 gol dan 3 assist. (AFP/Christof Stache)

Anak muda ini bisa dibilang satu di antara gelandang terbaik di Eropa saat ini. Hal itu berlatar penampilan menawan bersama Bayern Munchen.

Musala telah mencatatkan tujuh gol dan lima asis di Bundesliga untuk tim Bavaria musim ini. Dia juga memiliki dua asis atas namanya dalam lima pertandingan Liga Champions.

Pemain berusia 19 tahun itu adalah berlevel U-20 dengan skor tertinggi di lima liga top Eropa musim ini. Ia sukses mengemas 10 gol di semua kompetisi.

Musala tetap menjadi pemain kunci di lini tengah Die Roten dan kemungkinan besar akan dipilih dalam skuad Jerman untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

 

6 dari 6 halaman

Kevin De Bruyne (Manchester City)

Pemain internasional Belgia ini bisa dibilang sebagai gelandang terbaik di Eropa musim ini, berkat konsistensi. KDB telah mencetak tiga gol dan sembilan asis di pentas Premier League musim ini.

Dia juga telah mencatatkan tiga asis dalam empat pertandingan Liga Champions. Jumlah dan konsistensinya selama bertahun-tahun sangat luar biasa.

Wajar jika ia tetap menjadi pemain kunci di tim Pep Guardiola. De Bruyne juga akan menjadi andalan Timnas Belgia di Piala Dunia 2022 nanti.

Berita Terkait