Jurnalis Beberkan Kekejaman Timnas Spanyol kepada David de Gea: Dibuang, Diberi Selamat Pensiun Padahal Belum

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 18 Nov 2022, 17:03 WIB
Bahkan, dalam putaran final Euro 2020 lalu, David De Gea sama sekai tidak diturunkan meski hanya sebagai pemain pengganti. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Bola.com, Madrid - Jurnalis Spanyol, Jose Alvarez membeberkan sesuatu di balik pencoretan David de Gea dari Timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2022.

Menurut Alvares, De Gea seolah dipaksa pensiun. Padahal, pemain berusia 32 tahun itu belum resmi gantung sarung tangan untuk Spanyol, meski tidak masuk dalam skuad untuk Piala Dunia 2022.

Advertisement

Pelatih Luis Enrique memutuskan untuk mengambil Unai Simon, Robert Sanchez dan David Raya sebagai gantinya.

David De Gea telah menjadi topik yang sedikit aneh," kata Jose Alvarez kepada El Chiringuito.

“Tiba-tiba dia menghilang dari panggilan beberapa bulan yang lalu dan Luis Enrique memang menelepon David untuk memberi tahu dia bahwa dia tidak akan mengandalkannya. Dia mengatakan kepadanya bahwa itu adalah keputusan teknis. Jelas, David menanyakan alasannya, tetapi dia tidak diberi penjelasan lebih lanjut," lanjutnya.

2 dari 5 halaman

Dipaksa Pensiun

David de Gea gagal menjadi pilihan utama Luis Enrique di bawah mistar gawang Timnas Spanyol. Penampilannya yang kurang konsisten bersama Manchester United diduga sebagai penyebab dirinya gagal bersaing dengan deretan kiper top lain. Musim ini, de Gea tercatat telah membuat 20 penampilan dengan 9 cleansheets. (AFP/Paul Ellis)

Jose Alvarez lalu mengungkap David De Gea seolah dipaksa pensiun oleh federasi Spanyol.

“Beberapa hari kemudian David menerima pesan dari Luis Rubiales, presiden Federasi, yang mengatakan 'David, saya senang Anda akhirnya membuat keputusan yang telah Anda pikirkan. Saya sudah diberitahu bahwa Anda akan meninggalkan tim nasional'" kata Alvarez menirukan perkataan Rubiales.

“Untuk ini David menjawab 'Maaf? Tidak ada penolakan apa pun, siapa yang memberi tahu Anda bahwa saya meninggalkan apa pun? Pelatih telah mengatakan kepada saya bahwa dia tidak akan mengandalkan saya, tetapi saya tidak pernah meninggalkan tim nasional, saya juga tidak berniat melakukannya, itupun jika saya dipanggil'" ucap Alvarez menirukan pernyataan De Gea.

3 dari 5 halaman

De Ge Kaget

Setelah sempat masuk dalam skuad sementara Timnas Spanyol, 7 pemain bintang berikut nyatanya harus terdepak dari skuad akhir yang diumumkan pelatih Luis Enrique untuk berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar. Meski tak semuanya menjadi keputusan yang mengejukan dan telah diprediksi sebelumnya, namun tetap saja gagal berangkat ke ajang empat tahunan tersebut menjadi sebuah kekecewaan bagi 7 pemain berikut. (AFP/Ian Hodgson)

Pesan dari Rubiales itu membuat De Gea sangat kaget.

“Dia sedikit terkejut dengan komunikasi antara Luis Enrique dan Rubiales dan pesan yang datang dari Rubiales sesudahnya," lanjut Alvarez.

“Satu setengah tahun terakhir De Gea sangat bagus, menjadi protagonis bagi Manchester United di hampir setiap pertandingan dan dia dipandang sebagai bagian dari tiga tim nasional," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Sebenarnya Masih Layak

David de Gea kebobolan empat gol dari Brentford saat Manchester United bertanding di Gtech Community Stadium dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023, Sabtu (13/8/2022). (AP Photo/Ian Walton)

Menurut Alvarez, De Gea masih sangat layak berkostum tim nasional.

“Saya tidak mengatakan dia harus menjadi starter, tapi dia percaya dia bisa berkontribusi terlepas dari pengalaman. Dia sedikit terkejut bahwa Rubiales mengiriminya pesan yang mengatakan bahwa dia akan mengundurkan diri dari tim nasional atau bahwa dia telah membuat keputusan setelah memikirkannya, apalagi selamat untuk mengambil keputusan," katanya.

5 dari 5 halaman

Berita Terkait