Liga Inggris: 6 Kiper Top yang Dibidik MU Jadi Pengganti David De Gea, Wah Ada Wojciech Szczesny

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 22 Nov 2022, 11:11 WIB
Wojciech Szczesny mampu tampil gemilang pada musim ini di bawah mistar Juventus. Kiper berusia 31 tahun tersebut tercatat telah mencetak 13 clean sheet dalam 30 penampilannya. Saat ini, Szczesny dibanderol dengan harga 15 juta euro. (AFP/Franck Fife)

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) dikabarkan sudah mengantongi beberapa nama sebagai calon pengganti kiper utama, David de Gea. Ada lima nama yang disebut-sebut sudah dipantau oleh Setan Merah. 

MU terancama kehilangan David de Gea dengan gratisan pada tahun depan. Kontrak kiper berkebangsaan Spanyol itu akan habis pada Juni 2023. 

Advertisement

De Gea kerap dikritik atas beberapa penampilannya yang kurang meyakinkan musim ini. Tetapi, dia dengan nyaman menangkis persaingan dari Martin Dubravka untuk posisi nomor satu di bawah mistar gawang Red Devils.

Namun, pemain berusia 31 tahun itu bebas untuk membuka pembicaraan dengan klub luar negeri pada Januari 2023 jika tidak meneken perpanjangan kontrak di Old Trafford. De Gea dikabarkan akan kena potongan gaji yang signifikan jika memilih bertahan di MU. 

Siapa saja kiper-kiper yang dibidik MU untuk menggantikan David de Gea

 

2 dari 5 halaman

Nama-nama Calon Pengganti David de Gea

Kiper Atletico Madrid Jan Oblak menghadiri sesi latihan dengan rekan satu tim menjelang kontra Club Brugge pada matchday 4 Grup B Liga Champions, di tempat latihan klub di Majadahonda, Selasa (11/10/2022). Jika pasukan Diego Simeone sampai dipecundangi Club Brugge di kandang sendiri nanti, maka peluang mereka untuk lolos akan semakin sulit. (Pierre-Philippe MARCOU / AFP)

Seperti dikutip dari Sportmole dan Mirror, Selasa (22/11/2022), kiper yang masuk daftar belanja MU adalah Jan Oblak (Atletico Madrid), Emiliano Martinez (Aston Villa), Jordan Pickford (Everton), dan Robert Sanchez (Brighton). 

Kiper Porto, Diogo Costa, juga sempat dihubungkan dengan kepindahan ke MU. Namun, pemain Portugal itu sudah meneken kontrak jangka panjang dengan klubnya. 

Kini, Calciomercato mengklaim kiper nomor satu Juventus,  Wojciech Szczesny, juga menarik perhatian Erik ten Hag. Alhasil, MU tertarik memboyong pemain berusia 32 tahun tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Performa Apik di Juventus

Wojciech Szczesny. Kiper Polandia yang kini menginjak usia 32 tahun ini tercatat telah membela Juventus sejak awal musim 2017/2018 usai didatangkan dari Arsenal dengan nilai transfer 18 juta euro. Satu musim menjadi pelapis Gianluigi Buffon, ia akhirnya naik kelas menjadi kiper utama usai Buffon hijrah ke PSG pada awal musim 2019/2020. Meski akhirnya Buffon kembali membela Juventus selama dua musim mulai 2019/2020 hingga 2020/2021, Szczesny tetap berstatus kiper utama. Hingga kini ia telah tampil dalam 178 laga di semua ajang dengan torehan 69 kali clean sheet dan kebobolan 164 gol. (AFP/Javier Soriano)

Setelah disingkirkan oleh Petr Cech dan David Ospina dari gawang The Gunners, Szczesny meninggalkan Arsenal untuk bergabung dengan Juventus pada 2017. Dia harus mengisi posisi Gianluigi Buffon.

Pemain internasional Polandia itu kemudian memantapkan diri sebagai salah satu kiper top Eropa bersama Bianconeri. Dia membukukan 190 penampilan untuk klub selama lima tahun terakhir. 

Szczesny mencatatkan 76 clean sheet dalam periode tersebut. Dia memenangi tujuh trofi bersama Old Lady, perinciannya tiga titel Serie A, dua Coppa Italia, dan dua trofi Copa Italia. 

 

4 dari 5 halaman

Szczesny Tampil Impresif

Meskipun Juventus kesulitan pada paruh pertama musim 2022/2023, Szczesny masih tetap tampil impresif. Dia mencatatkan tujuh clean sheet dalam sembilan pertandingan Serie, kebobolan hanya tiga gol.

Mantan pemain pinjaman AS Roma itu hanya terikat kontrak di Stadion Allianz hingga 2024. Dia bisa menjadi bagian dari segitiga transfer yang melibatkan tiga penjaga gawang.

Laporan itu menambahkan De Gea adalah target utama Barcelona jika dia meninggalkan Manchester United, dan kedatangannya di Camp Nou bisa membuat Marc-Andre ter Stegen menuju Bayern Munchen.

Szczesny kemudian muncul sebagai pesaing untuk menggantikan De Gea di Old Trafford, setelah membukukan 132 penampilan di Liga Inggris bersama Arsenal dan berbagi Sarung Tangan Emas dengan Cech di musim 2013/2014.

Sumber: Calciomercato, Sportmole

 

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi MU

Berita Terkait