Kenapa Injury Time di Piala Dunia 2022 Lebih Lama dari Biasanya?

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 22 Nov 2022, 18:30 WIB
Pemain Timnas Inggris, Marcus Rashford (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol kelima ke gawang Timnas Iran dalam laga matchday pertama Grup B Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB. (AP/Frank Augstein)

Bola.com, Jakarta - Ada yang menarik pada beberapa pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar. Waktu tambahan atau injury time terasa lebih lama dari biasanya.

Sejumlah hal baru juga sebenarnya diterapkan di Piala Dunia 2022. Satu di antaranya adalah offside semi-otomotis yang memangkas waktu penilaian dari VAR.

Advertisement

Selain itu, ada penambahan injury time yang jumlahnya terbilang sangat banyak tiap babaknya. Laga Inggris versus Iran misalnya, total ada 26 menit waktu tambahan.

Pun demikian saat laga antara Belanda kontra Senegal yang berakhir dengan kemenangan 2-0, di mana total ada 20 menit waktu tambahan yang diberikan wasit.

 

2 dari 4 halaman

Kenapa Gitu?

Pemain Ekuador, Enner Valencia, menyundul bola ke gawang Qatar dalam laga pembuka Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Minggu (20/11/2022) malam WIB. (AP Photo/Darko Bandic)

Berdasarkan keterangan Pierluigi Collina, mantan wasit yang kini jadi kepala komite wasit FIFA, ada beberapa faktor yang menyebabkan injury time di Piala Dunia 2022 lebih panjang dari biasanya.

Kali ini, semua waktu yang terbuang dikalkulasi, termasuk saat tendangan bebas, lemparan ke dalam, bahkan sampai selebrasi.

"Ini sudah kami lakukan pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Kalkulasi waktu yang terbuang jadi lebih akurat," kata Collina.

"Kami sudah bilang sejak awal, jangan terkejut kalau angka di papan elektronik menunjukkan angka yang besar, bisa enam, tujuh, atau delapan menit."

"Coba bayangkan sebuah laga dengan tiga gol. Selebrasi bisa memasakan waktu 1,5 menit," katanya lagi

Sumber: Manchester Evening News

3 dari 4 halaman

Persaingan di Grup B Piala Dunia 2022

Berita Terkait