Tinggal Melawan Qatar, Belanda Diyakini Tetap Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

oleh Nandang Permana diperbarui 26 Nov 2022, 20:00 WIB
Penyerang Belanda, Cody Gakpo (tengah) berselebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Ekuador pada pertandingan grup A Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Jumat (25/11/2022). Belanda bermain imbang dengan Ekuador dengan skor 1-1. (AP Photo/ Martin Meissner)

Bola.com, Jakarta - Bek PSM Makassar, Safruddin Tahar, menjagokan Timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

Sejak awal turnamen, Tahar panggilan akrab pesepakbola asal Ternate ini yakin Belanda akan juara. Memang, perjalanan masih jauh. Fase grup belum lagi tuntas. Tapi, jagoan Tahar kini sisa melakoni laga pemungkas Grup A, melawan Qatar. 

Advertisement

Lawan yang relatif mudah ketimbang dua lawan sebelumnya di Grup A. Jadi, di atas kertas tiket babak 16 besar untuk Belanda sudah di depan mata.

“Saya yakin Belanda pasti lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Sampai ke final dan juara,” tegas Tahar kepada Bola.com, Sabtu (26/11/2022). 

2 dari 5 halaman

Naik Turun

Belanda dan Ekuador harus puas berbagi angka di laga kedua Grup A Piala Dunia 2022. Hasil akhir 1-1 menghiasi papan skor di Khalifa International Stadium, Jumat (25/11/2022) malam WIB. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Belanda mengawal kampanye di Piala Dunia 2022 dengan kemenangan meyakinkan atas Senegal.

De Oranje menang 2-0 lewat gol Cody Gakpo dan Davy Klaassen. Kemudian pada laga kedua tadi malam, ditahan imbang 1-1 oleh Equador. Sementara Qatar yang akan jadi lawan terakhir Belanda di Grup A, sudah pasti tersingkir.  

Tim tuan rumah kalah dua kali beruntun. Pertama ditekuk Equador 2-0 pada laga pembuka Piala Dunia 2022, lalu semalam dieliminasi Senegal 1-3.

Qatar menjadi tim tuan rumah pertama dalam sejarah Piala Dunia yang tersingkir lebih dini di fase penyisihan grup. 

3 dari 5 halaman

Seharusnya Menang Mudah

Piala Dunia 2022 - Belanda Vs Qatar (Bola.com/Adreanus Titus)

Melawan Qatar, Belanda diprediksi bakal menang mudah. 

“Kalau secara kualitas pemain dan permainan tim, memang Belanda unggul atas Qatar. Tapi sepakbola kadang ada kejutan. Belanda harus tetap fokus. Tapi sisa satu pertandingan untuk lolos, peluang jangan sampai disia-siakan,” lanjut eks Borneo FC dan PSIS Semarang ini. 

Belanda tidak diragukan lagi adalah satu di antara kiblat sepak bola dunia. Tapi sayangnya, belum sekalipun Belanda juara dunia.

Dari 10 penampilan di Piala Dunia, tiga di antaranya mencapai final (1974, 1978 dan 2010). Sampai-sampai, Belanda lekat dengan sebutan tim juara tanpa mahkota.  

4 dari 5 halaman

Pemain Idola

Dipimpin sang kapten Virgil van Dijk, Belanda tampak kesulitan untuk mengembangkan permainan di awal babak pertama. (AP/Petr David Josek)

Berbicara pemain idola di Timnas Belanda, Tahar cukup antusias. Banyak nama yang disebutnya. Mulai Memphis Depay, Virgil van Dijk dan Frenkie de Jong bakal jadi pemain bintang Tim Negeri Kincir Angin.

"Tiga pemain ini akan jadi pemain kunci Belanda menjadi juara Piala Dunia tahun ini," ucapnya.

5 dari 5 halaman