6 Pemain yang Sukses Cetak Brace di Matchday 1 Piala Dunia 2022: Gol Perdana Enner Valencia hingga Gol Spektakuler Richarlison

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 27 Nov 2022, 12:15 WIB
Piala Dunia 2022. (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 sudah memasuki matchday kedua mulai Jumat (25/11/2022) sore WIB. Artinya 16 pertandingan matchday pertama sudah digelar dan banyak pemain sukses mencetak brace, atau dua gol dalam satu laga, sepanjang matchday pertama Piala Dunia 2022.

Richarlison, penyerang asal Brasil yang memperkuat Tottenham Hotspur di Liga Inggris, adalah pemain terkini yang mencetak brace di Piala Dunia 2022. Ia sukses memborong dua gol Selecao saat menang 2-0 atas Serbia.

Advertisement

Menariknya, Richarlison menjadi pemain keenam yang mampu mencetak brace di matchday pertama Piala Dunia 2022. Lalu siapa saja lima pemain lainnya?

2 dari 8 halaman

Enner Valencia

Enner Valencia merayakan setelah mencetak gol keduanya pada laga pembuka Piala Dunia 2022 pertandingan grup A antara Qatar dan Ekuador di Stadion Al Bayt di Al Khor, Minggu, 20 November 2022. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Enner Valencia menjadi pemain pertama yang mencetak gol di Piala Dunia 2022. Dia mencetak brace saat Ekuador menundukkan tuan rumah Qatar dengan skor 2-0 pada laga pembuka.

Gol perdana di Piala Dunia 2022 dicetak Enner Valencia melalui titik putih. Sementara gol keduanya dicetak melalui sundulan ke sisi kanan gawang Qatar.

Kini Ekuador menempel ketat Belanda di klasemen grup A dengan sama-sama mengoleksi tiga poin. Mereka diprediksi bisa lolos ke babak 16 besar jika Valencia terus bermain gemilang.

3 dari 8 halaman

Bukayo Saka

Pemain Timnas Inggris, Bukayo Saka melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua ke gawang Timnas Iran dalam laga matchday pertama Grup B Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB. (AP/Abbie Parr)

Inggris berhasil meraih kemenangan pada laga perdana mereka di Piala Dunia 2022. The Three Lions mengalahkan Iran dengan skor telak 6-2.

Dalam laga tersebut, Bukayo Saka menjadi satu di antara beberapa bintang kemenangan Inggris. Bintang Arsenal itu menjebol gawang Iran pada menit 43' dan 62'.

Sementara itu, empat gol lainnya dilesakkan Jude Bellingham, Raheem Sterling, Marcus Rashford, dan Jack Grealish. Kini Inggris memimpin klasemen sementara grup B dengan tiga poin.

 

4 dari 8 halaman

Mehdi Taremi

Laga Inggris melawan Iran pada matchday pertama Grup B Piala Dunia 2022, Senin (21/11/2022) malam WIB juga diwarnai dengan brace dari Mehdi Taremi. Gol pertama Taremi dicetak pada menit ke-65 setelah berhasil mengkonversi umpan terobos dari Ali Gholizadeh. Sementara itu gol keduanya dicetak lewat penalti pada menit ke-90+3. (AP/Frank Augstein)

Tidak hanya Bukayo Saka yang mencetak brace dalam laga Inggris vs Iran pada matchday pertama grup B Piala Dunia 2022. Mehdi Taremi juga memborong dua gol dalam laga tersebut.

Taremi mencetak gol pertama ke gawang gawang Inggris pada menit 65. Penyerang Porto tersebut kedua membuat gol keduanya pada menit 90+13 dari eksekusi penalti.

Setelah menelan kekalahan 2-6 dari Inggris, Iran berada di posisi juru kunci klasemen sementara grup B. Taremi diharapkan bisa membawa timnya bangkit pada pertandingan berikutnya.

5 dari 8 halaman

Olivier Giroud

Olivier Giroud berhasil menyumbangkan dua gol untuk kemenangan 4-1 Prancis atas Australia pada matchday pertama Grup D Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Janoub Stadium, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB. Gol pertama pemain AC Milan itu dicetak pada menit ke-32 setelah menerima asisst dari Adrien Rabiot. Sementara itu, gol keduanya dicetak pada menit ke-71 lewat tandukannya usai sukses mengkonversi umpan dari Kylian Mbappe. (AP/Francisco Seco)

Meski sudah tidak muda lagi, Olivier Giroud masih belum habis. Striker yang bermain di AC Milan mencetak brace saat Prancis menang telak 4-1 atas Australia.

Gol pertama Giroud dicetak lewat kerja sama dengan Adrien Rabiot di kotak penalti Australia. Sedangkan gol keduanya menanduk bola umpan crossing dari Kylian Mbappe.

Tambahan dua gol itu membuat pemain 36 tahun tersebut tercatat sebagai top scorer sepanjang masa Prancis. Giroud telah mencetak 51 gol sepanjang kariernya bersama Prancis.

6 dari 8 halaman

Ferran Torres

Di babak kedua Spanyol kembali menambah gol pada menit ke-54 melalui Ferran Torres. GoL keempat tersebut dicetak Ferran Torres usai memanfaatkan umpan Gavi di dalam kotak penalti. (AP/Alessandra Tarantino)

Penampilan Ferran Torres bersama Barcelona pada musim ini tidak terlalu istimewa. Namun, dia berhasil menjadi bintang saat Spanyol menang 7-0 atas Kosta Rika.

Torres mampu menyumbang brace saat berhadapan dengan Kosta Rika di Al Thumama Stadium. Dia menjebol gawang Keylor Navas pada menit 31' dan 54'.

Kini Spanyol memimpin klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 dengan torehan tiga poin. Mereka memiliki poin yang sama dengan Jepang yang berhasil mengalahkan Jerman.

7 dari 8 halaman

Richarlison

Richarlison mencetak gol indah saat Brasil membekuk Serbia 2-0 dalam pertandingan Grup G Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Jumat (25/11/2022). (AP Photo/Darko Vojinovic)

Richarlison mendapatkan banyak kritikan dari penggemar Brasil saat dibawa ke Piala Dunia 2022. Pasalnya, striker Tottenham Hotspur itu belum satupun mencetak gol di Premier League musim ini.

Namun, Richarlison berhasil membuktikan bahwa keputusan Tite itu tidak salah. Pemain berusia 25 tahun tersebut mencetak brace saat Brasil menaklukkan Serbia dengan skor 2-0.

Salah satu gol Rcharlison bahkan merupakan gol spektakuler. Dia mencetak gol dengan tendangan akrobatik dari dalam kotak penalti Serbia.

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 25/11/2022)

8 dari 8 halaman