Gareth Southgate Luluh, Isyaratkan Mainkan Phil Foden saat Inggris Vs Wales di Piala Dunia 2022

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 29 Nov 2022, 05:45 WIB
Phil Foden. Gelandang Inggris berusia 22 tahun yang kini memasuki musim ke-7 membela Manchester City usai dipromosikan dari tim U-18 ini telah mencetak 6 gol dan 3 assist di Liga Inggris musim 2022/2023 ini dari total 9 laga. Bahkan dalam 3 laga terakhir ia selalu menyumbang gol bagi The Citizens. Di pekan ke-9 (2/10/2022) saat City melumat MU 6-3, Phil Foden dan Erling Haaland menjadi duet mematikan dengan masing-masing mencetak hattrick ke gawang David De Gea. (AP/Rui Vieira)

Bola.com, Doha - Gareth Southgate akhirnya luluh juga. Pelatih Timnas Inggris itu mengisyaratkan akan memainkan Phil Foden untuk melawan Timnas Wales di Piala Dunia 2022.

Inggris bakal bentrok dengan Wales dalam matchday ketiga Grup B Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan pada Rabu (30/11/2022) dini hari WIB.

Advertisement

Southgate dikritik habis ketika mencadangkan Phil Foden saat Inggris membutuhkan gol menghadapi Amerika Serikat dalam partai kedua Grup B Piala Dunia 2022.

Padahal, Phil Foden dianggap dapat menjadi pembeda bermodalkan teknik individunya saat Inggris diimbangi Amerika Serikat 0-0 pada 26 November 2022 dini hari WIB.

2 dari 5 halaman

Komentar Gareth Southgate

Catatan terbaik Gareth Southgate saat menukangi Timnas Inggris adalah mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan runner up Euro 2020. Dengan banyaknya pemain bintang di Skuad The Three Lions, ia diharapkan mampu berbicara lebih di Piala Dunia 2022 Qatar nanti. Southgate diketahui merupakan salah satu pelatih dengan gaji paling mahal di perhelatan terbesar di dunia itu. Ia tercatat menerima upah sebesar 4,9 juta pound per tahun. (AFP/Paul Ellis)

"Saya mencintai Phil Foden. Dia adalah pemain super," ujar Southgate kepada ITV Sport dinukil dari Daily Mail.

"Dia bermain pada partai pertama. Saya memutuskan untuk mencadangkannya dalam laga kedua. Tapi, dia akan memainkan peran penting untuk kami di Piala Dunia 2022."

"Saya tidak mempunyai masalah dengan Phil Foden. Pada September 2022, dia bermain dua kali untuk kami dan dia bermain melawan Iran," jelas Southgate.

3 dari 5 halaman

Inggris Tinggal Butuh Imbang

Gareth Southgate telah membuat keputusan cemerlang untuk memanggil penyerang-penyerang top ke skuad Inggris untuk Piala Dunia 2022 nanti. Nama-nama seperti Harry Kane, Phil Foden, Raheem Sterling, Mason Mount, Jack Grealish, dan Bukayo Saka akan menjadi opsi pertama pelatih 52 tahun tersebut. Namun selain itu masih ada amunisi cadangan di Marcus Rashford, Jadon Sancho, Jarrod Bowen, dan Tammy Abraham. (AFP/Laurence Griffiths)

Inggris tinggal membutuhkan hasil imbang kontra Wales untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tim berjulukan The Three Lions itu memuncaki klasemen sementara Grup B.

Harry Kane dkk. menorehkan empat poin dari dua partai, unggul satu angka dari Iran di peringkat kedua, dua poin dari Amerika Serikat di posisi ketiga, dan tiga angka dari Wales di urutan buncit.

Phil Foden kemungkinan bakal turun dari bangku cadangan saat menghadapi Wales. Winger berusia 22 tahun itu dapat menggantikan Rahem Sterling atau Bukayo Saka.

Sumber: Daily Mail

4 dari 5 halaman

Posisi Inggris di Piala Dunia 2022

Berita Terkait