Lobi PSSI Belum Direspons, Elkan Baggott Terancam Baru Bisa Bermain di Piala AFF 2022 jika Timnas Indonesia ke Semifinal

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 28 Nov 2022, 20:35 WIB
Elkan Baggott benar-benar menjadi benteng kukuh di pertahanan Timnas Indonesia. Selain mampu tampil disiplin, postur tubuh Elkan yang menjulang membuat penyerang Curacao kerepotan dalam duel udara. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - PSSI merespons kemungkinan Elkan Baggott baru bisa membela Timnas Indonesia pada babak semifinal Piala AFF 2022.

Media lokal Ipswich, TWTD mengabarkan bahwa Elkan Baggott akan melewatkan pemusatan latihan Timnas Indonesia pada 28 November-21 Desember 2022 di Bali karena tidak dilepas klubnya, Gillingham FC.

Advertisement

Elkan Baggott juga disebutkan bakal absen bermain untuk Timnas Indonesia di babak penyisihan Piala AFF 2022.

"TWTD memahami bahwa untuk sementara, Gillingham FC tidak bersedia melepaskan Elkan Baggott ke Timnas Indonesia untuk penyisihan grup Piala AFF 2022," tulis TWTD.

2 dari 5 halaman

Kabar dari TWTD

Menit ke-82, Indonesia kembali mencetak gol. Kali ini dimulai dari tendangan sudut Evan Dimas yang dituntaskan sundulan keras Elkan Baggott. (Dok. PSSI)

Gillingham FC memang tidak mempunyai jadwal libur pada akhir tahun ini. Tim berulukan The Gills itu bakal terus bermain di League Two atau kasta keempat Liga Inggris.

Elkan Baggott menjadi satu dari 28 pemain Timnas Indonesia untuk persiapan Piala AFF 2022 dan kemungkinan bakal masuk skuad untuk turnamen dua tahunan itu.

"Gillingham akan mengizinkan Elkan Baggott bergabung dengan Timnas Indonesia jika lolos ke semifinal dan final Piala AFF 2022," imbuh TWTD.

3 dari 5 halaman

PSSI Sudah Komunikasi dengan Klub Elkan Baggott

Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott terus menunjukkan performa apik bersama Gillingham FC di League Two. Pemain yang dipinjamkan dari Ipswich Town tersebut berhasil mencetak dua gol beruntun plus menghindarkan Gillingham FC dari kekalahan. (Twitter/@TheGillsFC)

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan Gillingham FC untuk memanggil Elkan Baggott, namun belum mendapatkan balasan.

"Kami sudah menyampaikan ke klubnya untuk bermain di Piala AFF 2022. Sampai sekarang, belum dijawab," tutur Yunus Nusi.

Elkan Baggott sangat dibutuhkan oleh Gillingham FC terlebih The Gills juga berkancah di Piala FA dan Carabao Cup. "Sampai sekarang belum ada kepastian dari klub Elkan Baggott," jelas Yunus Nusi.

4 dari 5 halaman

Elkan Baggott di Gillingham FC

Elkan Baggott baru bergabung dengan Gillingham FC pada musim ini sebagai pinjaman dari klub kasta ketiga Liga Inggris, Ipswich Town.

Bek berusia 20 tahun itu telah bermain 24 kali untuk Gillingham FC. Dari jumlah itu, Elkan Baggott merangkum empat assist serta dua gol.

Selain Elkan Baggott, Timnas Indonesia juga memanggil tujuh pemain yang berkarier di luar negeri untuk persiapan Piala AFF 2022.

5 dari 5 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna,

Bek: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Gelandang: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani

Penyerang: Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta

Berita Terkait