Fanatik, Arthur Irawan Yakin Banget Spanyol Bisa Jadi Finalis Piala Dunia 2022

oleh Gatot Sumitro diperbarui 03 Des 2022, 12:45 WIB
Pelatih Spanyol, Luis Enrique (kedua kanan) merayakan kemenangan atas Kosta Rika dengan para pemain pada pertandingan grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022). Spanyol menang atas Kosta Rika dengan skor 7-0. (AP Photo/Julio Cortez)

Bola.com, Jakarta - Laga penentuan Grup E Piala Dunia 2022 antara Spanyol kontra Jepang yang berakhir 1-2 sangat spesial bagi Arthur Irawan.

Sejak awal, kapten tim Persik ini menjagokan Spanyol meraih gelar juara edisi kali ini. Nyesek enggak jagonya dipecundangi Jepang?

Advertisement

"Enggak lah. Meski kalah dari Jepang, Spanyol tetap lolos babak 16 besar bersama Jepang," katanya.

Uniknya, pemain jebolan Espanyol B di La Liga Spanyol ini malah suka cita mengikuti hasil akhir dua pertandingan Grup E, Jumat (2/12/2022).

"Saya malah senang. Dua tim jagoan saya, Spanyol dan Jepang melangkah ke babak berikutnya," ujarnya.

2 dari 5 halaman

Dukung Spanyol dan Jepang

Jepang kembali berhasil mengoyak Unai Simón untuk kedua kalinya. Gol itu dicetak oleh Ao Tanaka melalui assist kontroversial Kaoru Mitoma yang oleh wasit Victore Gomez disahkan setelah meninjau VAR. (AP/Eugene Hoshiko)

Arthur Irawan justru ketar-ketir ketika Spanyol mencetak gol lebih dulu ke gawang Jepang lewat Alvaro Morata menit ke-11.

Pemain identik dengan nomor 8 di Persik ini baru plong, setelah Jepang menutup skor 2-1. Meski gol kedua Jepang penuh kontroversi, karena dianggap bola telah melewati garis pinggir lapangan sebelah gawang.

"Gol Spanyol bikin adrenalin saya naik. Jalannya pertandingan Jerman melawan Kosta Rika juga membuat saya deg-degan juga. Karena Jerman terus berusaha cetak gol sebanyak mungkin untuk mengejar milik Spanyol," tuturnya.

3 dari 5 halaman

Fanatik Spanyol

Pemain timnas Spanyol, Alvaro Morata (dua kiri) berhasil menjebol gawang Jepang dalam pertandingan grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Jumat (2/12/2022). (AFP/Adrian Dennis)

Kapok enggak tetap menjagokan Spanyol?

"Enggak. Saya fanatik dengan Spanyol. Kekalahan mereka dari Jepang bagian dari strategi agar Spanyol bisa melangkah lebih jauh di Piala Dunia ini. Dan, itu sah-sah saja dilakukan tim di sebuah turnamen," ucapnya.

Bahkan, Arthur Irawan menilai strategi tim pelatih Spanyol yang dikomandani Luiz Enrique sangat tepat.

"Dengan posisi runner-up Grup E, di 16 besar Spanyol akan bertemu Maroko. Saya kira ini lebih ringan dibanding mereka melawan Kroasia yang akan ditantang Jepang," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Bertemu Maroko

Gelandang Spanyol, Marco Asensio mengumpan bola dari kawalan pemain Jepang, Kaoru Mitoma selama pertandingan grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Jumat, 2 Desember 2022. Hasil ini membuat Jepang lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E dengan enam poin. (AP Photo/ Julio Cortes)

Jika Spanyol mengalahkan Maroko, di fase berikutnya Jordi Alba dkk. kemungkinan bertemu tim-tim asal Eropa seperti Portugal, Inggris, dan Prancis.

"Bagi Spanyol bila melawan tim Eropa akan lebih nyaman ketimbang di grup sebelah yang harus menghadapi Brasil atau Argentina di babak-babak akhir nanti. Saya prediksi Spanyol akan mencapai babak final Piala Dunia 2022," jelasnya.

5 dari 5 halaman

Berita Terkait