Pelatih Ghana Segera Mundur usai Timnya Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Mau Melatih Mana Nih?

oleh Aryo Atmaja diperbarui 03 Des 2022, 06:35 WIB
Pelatih Timnas Ghana, Otto Addo memberikan instruksi kepada anak buahnya dalam pertandingan Grup H Piala Dunia 2022 melawan Timnas Portugal di Stadium 974, Qatar, Kamis (24/11/2022). (AP Photo/Hassan Ammar)

Bola.com, Doha - Pelatih Ghana, Otto Addo menegaskan dia akan mundur sebagai pelatih kepala setelah timnya finis di urutan terbawah Grup H Piala Dunia 2022. Ghana baru saja menelan kekalahan dari Uruguay di laga terakhir penyisihan grup.

Bermain di Al Janoub Stadium, Timnas Ghana dipaksa menyerah dua gol tanpa balas oleh Uruguay, Jumat (2/12/2022) malam WIB. Giorgian De Arrascaeta mencetak dua gol di babak pertama untuk mengamankan kemenangan 2-0 bagi Uruguay.

Advertisement

Ghana melewatkan kesempatan untuk memenangkan pertandingan ini karena sempat mendapat hadiah tendangan penalti sebelum Uruguay mencetak gol. Sayangnya ekseksusi penalti Andre Ayew ditepis kiper Uruguay.

Kekalahan ini membuat Timnas Ghana menjadi tim juru kunci Grup H Piala Dunia 2022 dengan nilai tiga. Hasil minor itu juga menandai berakhirnya masa jabatan Otto Addo sebagai pelatih.

2 dari 5 halaman

Segera Lengser

Pemain timnas Uruguay, Guillermo Varela (kanan) berebut bola dengan pemain Ghana, Jordan Ayew dalam pertandingan grup H Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Janoub Stadium, Qatar, Jumat (2/12/2022). (AP Photo/Darko Vojinovic)

Melansir Daily Mail, Otto Addo telah mengkonfirmasi dia akan mundur sebagai pelatih kepala setelah Ghana tersingkir di babak penyisihan grup di Piala Dunia 2022.

Addo awalnya mengambil posisi pelatih kepala secara sementara pada Februari 2022 lalu setelah pelatih asal Serbia Milovan Rajevac dipecat setelah tersingkir di babak penyisihan grup pada ajang Piala Afrika.

Lantas tim berjulukan The Black Star mengamankan tiket lolos ke Piala Dunia Qatar di bawah kepemimpinan Addo dengan memenangkan play-off melawan Nigeria. Ia pun dipertahankan untuk dipertahankan hingga berakhirnya Piala Dunia 2022.

3 dari 5 halaman

Menuju Bundesliga

Otto Addo berhasil mengantarkan Ghana sebagai tim pertama Afrika yang lolos di putaran final Piala Dunia 2022. Keberhasilnya tersebut banyak diapresiasi oleh publik Ghana. Skuad The Black Stars nantinya akan tergabung ke dalam grup H bersama Portugal, Uruguay, dan Korea Selatan. (AFP/Pius Utomi Ekpei)

Lantas bagaimana nasibnya setelah tidak lagi menukangi Ghana? Otto Ado tampaknya akan bekerja di Borussia Dortmund.

"Saya mengatakannya sebelumnya ketika saya mulai sebagai asisten pelatih tahun lalu bahwa jelas saya akan berhenti setelah Piala Dunia," kata Addo.

“Saat ini saya dan keluarga melihat masa depan kami di Jerman dan saya menyukai peran di Dortmund dan kami sangat bahagia di sana. Sejak saya mulai, saya mengatakan jika kami lolos, saya akan mengundurkan diri setelah Piala Dunia, bahkan jika kami juara,” jelasnya.

Sumber: Daily Mail

4 dari 5 halaman

Klasemen Akhir Grup H Piala Dunia 2022

5 dari 5 halaman

Berita Terkait