Vincent Aboubakar Bobol Gawang Brasil, Selebrasi Buka Baju, dan Dikartu Merah, Eh Malah Tosan dengan Wasit Piala Dunia 2022

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 03 Des 2022, 07:04 WIB
Penyerang Timnas Kamerun di Piala Dunia 2022, Vincent Aboubakar. (AP/Alessandra Tarantino).

Bola.com, Doha - Timnas Kamerun menjadi satu-satunya negara Afrika yang sanggup mempermalukan Timnas Brasil di Piala Dunia. Vincent Aboubakar menjadi tokoh protagonis tim berjulukan The Indomitable Lions itu.

Kamerun meraih kemenangan bersejarah ketika mengalahkan Brasil 1-0 dalam partai terakhir Grup G Piala Dunia 2022 pada Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB di Lusail Iconic Stadium, Lusail.

Advertisement

Gol tunggal Kamerun dibuat oleh Vincent Aboubakar melalui sundulan ciamik pada menit ke-90+2 setelah memanfaatkan umpan silang terukur Jerome Mbekeli.

Vincent Aboubakar melakukan selebrasi membuka baju seusai membobol gawang Brasil. Dia juga memamerkan jersey bernomor punggung sepuluh ke arah penonton.

2 dari 6 halaman

Wasit Berikan Kartu Merah Sambil Tersenyum

Pemain Timnas Kamerun, Vincent Aboubakar melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua Kamerun ke gawang Timnas Serbia dalam laga matchday kedua Grup G Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar, Senin (28/11/2022) sore WIB. (AP/Francisco Seco)

Wasit Ismail Elfath tiba-tiba menghampiri Vincent Aboubakar dengan tersenyum. Dia melakukan tos dan menepuk kepala belakang bomber Al Nassr itu sebelum memberikan kartu kuning kedua dan kartu merah.

Sebelumnya, Vincent Aboubakar telah mengantungi kartu kuning pertama pada menit ke-81.

Bukannya kecewa atau marah, Vincent Aboubakar malah menerima keputusan Ismail Elfath dengan lapang dada. Dia tahu bahwa apa yang dilakukannya adalah salah menurut hukum pertandingan.

3 dari 6 halaman

Melambaikan Tangan

Tertinggal dua gol, Kamerun merespon dengan lebih gencar menekan pertahanan Serbia. Hanya dalam tiga menit, mereka mampu mencetak dua gol dan sukses menyamakan skor menjadi 3-3. Gol kedua dicetak oleh Vincent Aboubakar pada menit ke-64, sementara gol penyeimbang 3-3 dihasilkan oleh Eric Maxim Choupo-Moting.

Vincent Aboubakar lalu melambaikan tangan tanda memahami hukuman dari pengadil pertandingan tersebut.

Sayang, pengorbanan Vincent Aboubakar tidak berujung dengan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Kamerun kalah bersaing dengan Brasil dan Swiss.

4 dari 6 halaman

Tersingkir dengan Kepala Tegak

Kamerun mengakhiri klasemen akhir Grup G Piala Dunia 2022 di peringkat ketiga dengan empat poin, terpaut dua angka dari Brasil di puncak dan Swiss di posisi kedua.

Dalam partai lain di Grup G Piala Dunia 2022, Swiss mampu mengalahkan Serbia 3-2 yang membuat Kamerun tersingkir dari Qatar 2022 dengan kepala tegak.

5 dari 6 halaman

Klasemen Akhir Grup G