Tak Hanya Son Heung-min, Para Pesepak Bola Ini Juga Pakai Topeng di Piala Dunia 2022

oleh Rizki Hidayat diperbarui 06 Des 2022, 10:00 WIB
Piala Dunia - Ilustrasi Son Heung-min dengan Topeng Zorro (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar berlangsung meriah. Saat ini, turnamen akbar empat tahunan tersebut telah memasuki fase 16 besar, bahkan sejumlah tim sudah lolos ke perempat final.

Piala Dunia 2022 kerap menyajikan aksi yang sangat menarik di lapangan. Satu di antaranya adalah aksi beberapa pemain yang menggunakan topeng pada saat membela negaranya.

Advertisement

Tentunya para pemain itu memutuskan untuk memakai topeng saat bertanding bukan karena gaya–gayaan. Kegunaan topeng yang utama adalah untuk melindungi wajah yang sedang cedera dari benturan.

Siapa saja para pemain yang menggunakan topeng saat bertanding di Piala Dunia 2022? Berikut ini nama-namanya.

 

2 dari 5 halaman

Son Heung-min

Gestur pemain Timnas Korea Selatan, Son Heung-min dalam laga perdana Group H Piala Dunia 2022 melawan Timnas Uruguay yang berlangsung di Education City Stadium, Qatar, Kamis (24/11/2022). (AP Photo/Pavel Golovkin)

Son Heung-min mengalami cedera setelah bertabrakan dengan pemain Marseille, Chancel Mbemba. Itu terjadi dalam pertandingan Liga Champions pada 2 November 2022 lalu.

Insiden itu menyebabkan Son mengalami patah tulang di sekitar mata kirinya. Alhasil, pemain berusia 30 tahun itu harus menjalani operasi untuk memulihkan cederanya.

Cedera itu sempat membuat Son diragukan akan bisa membela Korea Selatan di Piala Dunia 2022. Akan tetapi, Son pada akhirnya bisa beraksi di Qatar dengan menggunakan topeng.

 

3 dari 5 halaman

Josko Gvardiol

Bek Kroasia #20 Josko Gvardiol memberi isyarat selama laga terakhir Grup F Piala Dunia 2022 menghadapi Belgia di Stadion Ahmad bin Ali, Kamis (1/12/2022). Bek tengah kidal itu selalu menghadirkan gangguan bagi penyerang lawan. (Photo by OZAN KOSE / AFP)

Josko Gvardiol tampil berbeda saat membela Kroasia di Piala Dunia 2022. Bek yang bermain di RB Leipzig tersebut memakai topeng saat bertanding membela negaranya.

Gvardiol menggunakan topeng tersebut bukan tanpa alasan. Dia melakukannya lantaran baru saja pulih dari cedera patah tulang hidung.

Gvardiol mengalami cedera itu saat membela RB Leipzig di kancah Bundesliga. Ketika itu dia bertabrakan dengan rekan setimnya sendiri saat mencoba mengamankan bola.

 

4 dari 5 halaman

Ellyes Skhiri

Ellyes Skhiri. Gelandang bertahan Tunisia berusia 27 tahun ini telah menjalani dua laga di Grup D melawan Denmark pada matchday pertama (22/11/2022) dan kontra Australia pada matchday kedua (26/11/2022) dengan selalu menggunakan topeng dan tampil penuh selama 90 menit. Hasilnya, Tunisia ditahan imbang 0-0 oleh Denmark dan kalah 0-1 dari Australia. Tunisia pun sementara menghuni dasar klasemen Grup D. (AP/Ricardo Mazalan)

Ellyes Skhiri merupakan pemain timnas Tunisia. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sudah memiliki 52 caps sejak membuat debut pada 23 Maret 2018 silam.

Skhiri diketahui mengalami patah tulang pipi pada akhir bulan Oktober lalu. Namun, hal iu tidak menghalanginya ikut dalam Piala Dunia 2022 dengan menggunakan topen.

Skhiri tercatat memainkan tiga pertandingan untuk The Eagles of Carthage selama berada di Qatar. Sayangnya dia tidak mampu membawa timnya lolos ke babak 16 besar.

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 05/12/2022)

5 dari 5 halaman

Berita Terkait