David De Gea Pun Tersenyum usai Spanyol Ditendang Maroko pada Babak 16 Besar Piala Dunia 2016

oleh Ario Yosia diperbarui 07 Des 2022, 13:25 WIB
Penjaga gawang Manchester United atau MU David de Gea. (AP Photo/Jon Super)

Bola.com, Jakarta - David de Gea mengunggah cerita di akun Instagram pribadinya memperlihatkan dirinya sedang tersenyum saat berseragam Manchester United. Menariknya, cerita itu diunggah setelah Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2022. Postingan ini jadi sindiran buat timnas negaranya?

Spanyol harus menjalani pertandingan selama 120 menit saat berhadapan dengan Maroko pada babak 16 besar di Education City Stadium, Selasa (6/12/2022) malam WIB.

Advertisement

Pertandingan sepanjang itu berakhir imbang tanpa gol. Alhasil, laga lalu dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak itulah, Spanyol kemudian harus takluk dari Maroko 0-3. Seluruh penendang Spanyol gagal menyarangkan bola ke gawang yang dikawal Yassine Bounou, sedangkan Maroko mencetak tiga dari empat penendang. Timnas Spanyol pun angkat koper dari World Cup.

 

2 dari 6 halaman

Ditendang dari Timnas Spanyol

Spanyol datang ke Qatar berkekuatan 26 pemain, tiga di antaranya adalah kiper. David de Gea yang jadi kiper utama di Piala Dunia 2018 tidak dipanggil.

Kiper-kiper yang dipanggil adalah Robert Sanchez, David Raya, dan Unai Simon. Nama terakhir merupakan kiper utama La Furia Roja di edisi tahun ini.

Publik pun heran dengan keputusan Luis Enrique tidak memanggil De Gea ke dalam skuad. Ada banyak anggapan bahwa gaya main De Gea tak sesuai dengan yang diinginkan sang pelatih.

3 dari 6 halaman

Rekor Penyelamatan Lebih Kinclong

David de Gea gagal menjadi pilihan utama Luis Enrique di bawah mistar gawang Timnas Spanyol. Penampilannya yang kurang konsisten bersama Manchester United diduga sebagai penyebab dirinya gagal bersaing dengan deretan kiper top lain. Musim ini, de Gea tercatat telah membuat 20 penampilan dengan 9 cleansheets. (AFP/Paul Ellis)

Padahal, Statman Dave mencatat bahwa persentase penyelamatan penalti De Gea lebih tinggi daripada Unai Simon semenjak 2020/2021. Persentase penyelamatan De Gea mencapai 28,6 persen.

Jumlah tersebut terpaut cukup jauh dengan Simon. Kiper Athletic Bilbao itu hanya mencatatkan 12,5 persen penalti yang dihadapinya.

Tak hanya itu, De Gea sebetulnya dikenal sebagai shot-stopper terbaik di dunia. Walaupun kelemahan De Gea adalah tidak pandai membangun serangan pendek dari bawah.

4 dari 6 halaman

Senyum Penuh Makna

De Gea lalu mengunggah cerita di akun Instagram pribadinya. Ia mengunggah ulang unggahan dari akun Manchester United, klubnya saat ini.

Dalam foto tersebut, De Gea tampak tersenyum. Ia mengunggahnya tidak lama setelah Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Isi postingan mungkin saja tidak ada kaitan langsung dengan Piala Dunia, namun senyum sang kiper seperti jadi kode sindiran buat Luis Enrique, yang mendepaknya dari skuat Spanyol.

5 dari 6 halaman

Postingan David De Gea

Sumber: Instagram, Statman Dave

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, Published 7/12/2022)

6 dari 6 halaman

Berita Terkait