3 Kali Perkuat Kroasia Hadapi Brasil di Piala Dunia, Luka Modric Akhirnya Lepas dari Kutukan!

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 10 Des 2022, 01:51 WIB
Pemain Timnas Kroasia, Luka Modric merayakan kemenangan Timnas Kroasia atas Brasil melalui adu penalti dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB. (AP/Manu Fernandez)

Bola.com, Jakarta - Dari 26 pemain Kroasia yang bergembira setelah menyingkirkan Brasil di perempat final Piala Dunia 2022, ada satu yang paling bahagia. Pemain itu adalah Luka Modric yang sudah tiga kali bertemu Brasil bersama Timnas Kroasia.

Kroasia berhasil memastikan diri melangkah ke semifinal Piala Dunia 2022. Luka Modric dkk. menyingkirkan Brasil lewat drama adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol selama 90 menit dan 1-1 pada 2x15 menit extra time.

Advertisement

Kroasia bermain bertahan cukup dalam pada babak pertama. Dengan dukungan kecemerlangan Dominik Livakovic di bawah mistar gawang, Kroasia mampu menahan upaya Brasil menggempur pertahanan mereka.

Namun, Kroasia sempat dibuat tertunduk pada menit ke-113 atau babak pertama extra time. Neymar berhasil menerobos pertahanan Kroasia dan mengecoh Dominik Livakovic untuk menjebol gawang.

Dengan sisa 15 menit extra time kedua, Kroasia tidak menyerah. Pada akhirnya Bruno Petkovic mampu menyamakan kedudukan setelah tembakannya membentur kaki Marquinhos dan membuat Alisson gagal menghalau bola.

Pada akhirnya, Kroasia berhasil menang 4-2 atas Brasil di babak tos-tosan. Empat eksekutor Kroasia berhasil menjalankan tugas dengan baik, sementara dua eksekutor Brasil, Rodrygo Goes dan Marquinhos, gagal mengoyak gawang Kroasia.

Luka Modric menjadi satu dari empat eksekutor Kroasia yang berhasil menjalankan tugasnya. Tak hanya membawa Kroasia menang atas Brasil di perempat final Piala Dunia 2022, Luka Modric akhirnya lepas dari kutukan saat menghadapi Brasil.

2 dari 4 halaman

2 Kali Kalah dari Brasil, Luka Modric Akhirnya Menang

Pemain Timnas Kroasia, Luka Modric (kanan) berebut bola dengan pemain Timnas Brasil, Neymar dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB. (AP/Manu Fernandez)

Seperti dilansir dari Squawka, Luka Modric berada di skuad Kroasia dalam tiga pertemuan terakhir melawan Brasil di Piala Dunia. Luka Modric harus menangis dalam dua pertemuan pertama.

Pertemuan pertama Kroasia dan Brasil yang melibatkan Luka Modric terjadi di fase grup Piala Dunia 2006 yang berlangsung di Jerman. Saat itu Kroasia kalah 0-1 dari Brasil karena gol tunggal Ricardo Kaka.

Kemudian Luka Modric harus kembali bertemu dengan Brasil di fase grup Piala Dunia 2014, dan lagi-lagi Kroasia kalah dalam pertemuan tersebut.

Neymar mencetak dua gol dalam laga tersebut plus satu gol dicetak oleh Oscar. Sementara gol untuk Kroasia hadir karena gol bunuh diri Marcelo.

Namun, kini Luka Modric akhirnya berhasil keluar dari kutukan Brasil. Luka Modric mampu membimbing rekan-rekan setimnya untuk mengimbangi Brasil dan akhirnya meraih kemenangan di perempat final Piala Dunia 2022.

 

3 dari 4 halaman

Perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022

Kiper Timnas Kroasia, Dominik Livakovic bersama rekan-rekannya merayakan kemenangan atas Brasil lewat adu penalti dalam babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB. (AFP/Jewel Samad)

Kroasia melangkah dari fase grup dengan menjadi runner-up Grup F Piala Dunia 2022. Mereka mengawali kiprah di Qatar dengan bermain imbang tanpa gol dengan Maroko.

Kemenangan telak 4-1 atas Kanada di pertandingan kedua menjadi kunci keberhasilan Kroasia karena pada laga terakhir mereka ditahan imbang tanpa gol oleh Belgia.

Menghadapi Jepang di 16 besar, Kroasia yang tertinggal lebih dulu akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat Ivan Perisic dan akhirnya lolos ke perempat final lewat drama adu penalti.

Pemandangan yang sama terjadi di perempat final. Brasil menjadi korban setelah bermain imbang tanpa gol pada 90 menit dan 1-1 pada babak extra time. Kroasia menang 4-2 atas Selecao dalam drama adu penalti.

Sumber: Squawka

4 dari 4 halaman