Portugal Gugur di Piala Dunia 2022, Fernando Santos Tak Menyesal Cadangkan Cristiano Ronaldo

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 11 Des 2022, 02:45 WIB
Pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (kedua kanan) duduk di bangku cadangan saat menghadapi Timnas Maroko dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. (AP/Ariel Schalit)

Bola.com, Doha - Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos tak menyesal telah mencadangkan Cristiano Ronaldo saat timnya tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Portugal kalah 0-1 dari Maroko pada perempat final di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. 

Advertisement

"Saya tidak menyesalinya. Tim melakukannya dengan sangat baik dalam pertandingan melawan Swiss, semuanya tampak berjalan dengan sangat baik. Cristiano adalah pemain besar, dia masuk ketika kami mengerti bahwa itu perlu," kata Santos.

Cristiano Ronaldo baru diturunkan pada menit ke-51 menggantikan Ruben Neves. Namun, Portugal menghadapi lawan yang tangguh dan super disiplin di lini belakang.

Portugal gagal menyamakan skor sampai laga berakhir. Mereka pun tertunduk lesu, gagal ke semifinal.

2 dari 5 halaman

2 Laga Fase Gugur Dicadangkan

Pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo meninggalkan lapangan sambil menangis usai kalah dari Timnas Maroko dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. (AP/Luca Bruno)

Cristiano Ronaldo menjadi starter dalam semua laga fase grup. Ia mencetak satu gol dari titik penalti saat Portugal mengalahkan Ghana 3-2.

Tapi, skema Santos berubah. Ronaldo pun menjadi cadangan pada fase gugur, mulai ketika 16 besar kontra Swiss. Total, Ronaldo cuma tampil selama 291 menit dalam empat laga.

 

Santos juga menegaskan, keputusannya mencadangkan Ronaldo tak ada pengaruhnya bagi tim.

 

"Tidak, itu keputusan saya dan tidak ada pengaruhnya," lanjut Santos.

3 dari 5 halaman

Santos Tak Mau Istimewakan Ronaldo

Fernando Santos. Pelatih Timnas Portugal asal Uruguay ini menjadi pelatih tertua ketiga yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar. Saat ini ia telah menginjak usia 68 tahun dan telah membesut Timnas Portugal sejak 23 September 2014 menggantikan posisi Paulo Bento. Dari total 103 laga, ia berhasil membawa Timnas Portugal 63 kali menang, 23 kali imbang dan 17 kali kalah. (AFP/Fabrice Coffrini)

Fernando Santos tak mau cuma fokus pada Cristiano Ronaldo karena ia membawahi puluhan pemain.

"Seorang pelatih tidak bisa berpikir dengan hatinya, dia harus berpikir tentang tim dan para pemain juga. Secara emosional, itu adalah sesuatu yang menandai kita tetapi tidak berpengaruh," lanjutnya.

Ronaldo menangis sejadi-jadinya setelah wasit mengakhiri laga. Ia masuk ruang ganti sambil terisak.

 

4 dari 5 halaman

Akhir Perjalanan Portugal

Fernando Santos yang memilih mencadangkan Cristiano Ronaldo menyedot perhatian para fotografer yang bertugas untuk memotret staring xi Portugal sebelum laga. (AFP/Adrian Dennis)

Fase Grup H

  • Portugal Vs Ghana 3-2
  • Portugal Vs Uruguay 2-0
  • Korea Selatan Vs Portugal 2-1

16 besar

  • Portugal Vs Swiss 6-1

Perempat final

  • Maroko Vs Portugal 1-0

 

Sumber: Metro

5 dari 5 halaman

Berita Terkait