Declan Rice Ingin Gareth Southgate Tak Mundur meski Inggris Tersingkir dari Piala Dunia 2022

oleh Aryo Atmaja diperbarui 11 Des 2022, 13:15 WIB
Pelating Inggris, Gareth Southgate saat matchday ketiga Grup B Piala Dunia 2022 melawan Wales di Ahmad Bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022). (AP/Frank Augstein)

Bola.com, Al Khor - Perjalanan Timnas Inggris di babak perempat final Piala Dunia 2022 harus terhenti oleh Prancis. The Three Lions kalah 1-2 dalam duel sengit di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Kegagalan Timnas Inggris menembus semifinal dikhawatirkan membuat sang pelatih, Gareth Southgate mengundurkan diri. Namun rupanya sang pelatih diharapkan tidak melakukan hal itu.

Advertisement

Gelandang Inggris, Declan Rice menjadi yang pertama mencegah Southgate mundur dari jabatannya. Rice merasa Inggris masih membutuhkan kualitas brilian Southgate dalam mendidik anak asuhnya untuk terus berkembang di masa depan.

Wajar saja Rice bergerak cepat mencegah Southgate melepaskan jabatan pelatihnya. Pasalnya beberapa hari terakhir sedang marak pengunduran diri pelatih-pelatih besar usai tersingkir dari Piala Dunia 2022.

“Saya harap dia (Southgate) bertahan. Ada banyak pembicaraan soal itu. Saya pikir dia brilian untuk kami, dan ada banyak kritik yang tidak pantas (untuk Southgate),” terang Rice dikutip dari Fotmob.

2 dari 5 halaman

Tampil Apik

Usai tertinggal, Inggris mampu merespon dengan membuat beberapa peluang. Salah satunya adalah peluang Harry Kane dari dalam kotak penalti yang masih mampu ditepis Hugo Lloris. Hingga babak pertama usai Inggris masih belum mampu mencetak gol penyeimbang. (AP/Christophe Ena)

Declan Rice merasa Gareth Southgate telah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik. Meskipun kalah di laga melawan Prancis, Rice merasa Southgate mampu membuat Inggris tampil lebih bagus dari sang juara bertahan ini.

"Malam ini, dia mendapatkan segalanya dengan tepat. Taktiknya tepat!. Kami bermain dengan cara yang benar, kami agresif, kami menghentikan (Kylian) Mbappe dan itu adalah dua gol (Prancis) yang tak terduga,” ujar Rice.

"Saya pikir kami mendominasi permainan. Selain dua gol mereka, saya tidak begitu ingat mereka banyak menciptakan (peluang). Kami memainkan sepak bola yang hebat, dan ini adalah permainan dengan margin kecil,” tambah Rice soal permainan yang dibangun Southgate.

3 dari 5 halaman

Pasang Badan

Kylian Mbappe mencoba menghibur Declan Rice usai laga Prancis melawan Inggris di perempat final Piala Dunia 2022. (AP Photo/Christophe Ena)

Declan Rice khawatir tentang reaksi public Inggris yang kecewa dengan penampilan timnya di Piala Dunia 2022. Namun Rice lebih khawatir lagi jika semua kegagalan itu disematkan di pundak Gareth Southgate.

Rice merasa Southgate telah melakukan hal yang sangat bagus untuk sepak bola Inggris. Rice bahkan pasang badan agar tidak ada tekanan bagi Southgate untuk meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Inggris.

“Dia membawa kami sejauh ini, lebih jauh dari yang diharapkan orang. (kekalahan) tu tidak tergantung pada manajer, itu tergantung pada para pemain di lapangan. Saya sangat berharap dia bertahan," ujar Rice.

Sumber: Fotmob

Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby, published 11/12/2022)

4 dari 5 halaman

Perjalanan Inggris di Piala Dunia 2022

Pemain Inggris, Jordan Henderson (tengah), berselebrasi dengan Jude Bellingham (kiri), dan Declan Rice (kanan), pada laga 16 besar Piala Dunia 2022 kontra Senegal, di Stadion Al Bayt, Senin (5/12/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Abbie Parr)

Fase Grup

  • Inggris Vs Iran (6-2)
  • Inggris Vs Amerik Serikat (0-0)
  • Wales Vs Inggris (0-3)

16 Besar

  • Inggris Vs Senegal (3-0)

Perempat Final

  • Inggris Vs Prancis (1-2)
5 dari 5 halaman

Berita Terkait