Kapten Timnas Indonesia Update Kondisi dan Perkembangan TC di Bali untuk Piala AFF 2022: Semangat Kian Membara

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 11 Des 2022, 18:30 WIB
Latihan Timnas Indonesia di Bali. (PSSI).

Bola.com, Gianyar - Timnas Indonesia tengah dalam motivasi tinggi. Tim berjulukan Skuad Garuda itu telah ditunggu Piala AFF 2022 pada akhir bulan ini.

Timnas Indonesia akan berkancah di Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 dengan format round robin.

Advertisement

Maksudnya, setiap tim di babak penyisihan akan bermain dua kali di kandang dan tandang, lalu semifinal dan final juga menggunakan sistem home and away.

Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama juara bertahan Thaialnd, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

2 dari 6 halaman

Misi Juara Piala AFF untuk Pertama Kali

Latihan Timnas Indonesia di Bali. (PSSI).

Demi misi menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya, Timnas Indonesia sudah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari. Skuad Garuda menggelar pemusatan latihan di Bali mulai 28 November 2022.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 28 pemain untuk training center di Pulau Dewata. Pada minggu pertama kegiatan, Skuad Garuda digeber latihan fisik.

Menu latihan itu bertujuan untuk mengembalikan kebugaran para pemain yang mayoritas menurun akibat penyetopan BRI Liga 1 2022/2023 selama dua bulan lebih.

3 dari 6 halaman

Update Timnas Indonesia

Selebrasi pemain timnas Indonesia Fachruddin Aryanto melakukan selebrasi usai menjebol gawang Timor Leste dalam pertandingan lanjutan babak penyisihan grup A Sea Games 2021 Vietnam di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Masih pada pekan pertama pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali, Shin Tae-yong membuat kebijakan latihan dua kali dalam sehari.

Namun, Skuad Garuda tidak mengeluh. Para pemain telah terbiasa. Bek sekaligus kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto menceritakan kondisi timnya saat ini.

"Sangat bagus. Semua pemain sangat semangat dan kompak dengan materi yang diberikan dan sudah bisa kami terima dengan baik. Jadi, kami harus berjuang bersama-sama," ujar Fachruddin dinukil dari laman PSSI.

4 dari 6 halaman

Tanpa Uji Coba

Meski begitu, Timnas Indonesia tidak menjadwalkan uji coba sebelum Piala AFF 2022. Sebab, kompetisi telah berjalan. Skuad Garuda hanya memainkan gim internal.

Mulai pekan kedua training center di Pulau Dewata, materi latihan Timnas Indonesia berubah. Shin Tae-yong intens memberikan taktikal kepada Fachruddin dkk.

5 dari 6 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia untuk Persiapan Piala AFF 2022

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna,

Bek: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Gelandang: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani

Penyerang: Ilija Spasojevic, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta

6 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

23 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Kamboja

Kick-off 19.30 WIB

26 Desember 2022

Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia

Kick-off 17.00 WIB

29 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Thailand

Kick-off 19.30 WIB

2 Januari 2023

Filipina Vs Timnas Indonesia

Kick-off 19.30 WIB

Berita Terkait