Statistik 4 Negara Semifinalis Piala Dunia 2022 di Babak 4 Besar: Argentina Terkinclong, Prancis Paling Sering

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 12 Des 2022, 15:35 WIB
Selebrasi pemain timnas Prancis, Olivier Giroud dan Kylian Mbappe usai mencetak gol ke gawang Polandia dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Minggu (4/12/2022). (AFP/Kirill Kudrayavtsev)

Bola.com, Jakarta - Komposisi peserta semifinal Piala Dunia 2022 cukup di luar dugaan. Ada dua negara yang tidak terlalu diperhitungkan ternyata memberi kejutan besar. 

Prancis dan Argentina yang sejak awal jadi kandidat juara masih bertahan. Dua negara lainnya adalah Kroasia dan Maroko yang tidak diperhitungkan.

Advertisement

Luputnya Kroasia dan Maroko sebagai kandidat juara tidak lepas dari rekam jejak kedua negara di Piala Dunia. Mereka belum pernah jadi juara Piala Dunia, bahkan untuk bersaing di babak semifinal saja masih diragukan.

Beda halnya dengan Prancis dan Argentina. Kedua negara ini pernah juara Piala Dunia lebih dari sekali. Untuk masuk babak semifinal pun terhitung sering.

Lantas bagaimana rekam jejak Prancis, Argentina, Kroasia, dan Maroko di babak semifinal Piala Dunia? Simak ulasan selengkapnya di bawah.

 

2 dari 7 halaman

Prancis Paling Sering

Juara bertahan Timnas Prancis membuka langkahnya dengan gemilang untuk mempertahankan gelarnya di Piala Dunia 2022 Qatar, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB. Sempat tertinggal satu gol dari Australia, Olivier Giroud dkk sukses membalikkan keadaan hingga mampu menutup laga dengan kemenangan 4-1. (AP/Thanassis Stavrakis)

Di antara empat semifinalis lain, Prancis adalah tim dengan partisipasi tertinggi di babak semifinal Piala dunia. Prancis sudah enam kali menjejak ke babak semifinal.

Semifinal pertama Prancis tercipta terjadi pada edisi 1958. Selanjutnya, Prancis pernah menembus empat besar lagi pada edisi 1982, 1986, 1998, dan 2018.

Meski begitu, Prancis punya persentase kelolosan ke final yang cukup rendah, yaitu hanya 50 persen atau hanya tiga pertandingan yang dimenangkan. Tiga pertandingan yang dimenangi Prancis itu dua di antaranya berakhir dengan juara di partai final, termasuk pada 2018.

 

3 dari 7 halaman

Argentina Paling Mujur

Timnas Argentina tercatat akan membawa sederet nama-nama top penyerang mereka. Lionel Messi, Angle Di Maria, dan Lautaro Martinez tentu akan menjadi pilihan utama La Albiceleste. Namun, di bangku cadangan masih ada nama-nama top lain seperti Paulo Dybala, Julian Alvarez, Angel Correa, dan Joaquin Correa. Pada Piala Dunia 2022 ini tentu skuad Lionel Scaloni akan benar-benar diperhitungkan. Pasalnya, mereka berhasil menjadi juara Copa America dan Finalissima pada tahun lalu. (AFP/Nelson Almeida)

Nasib berbeda justru dialami oleh Argentina. Albiceleste memang baru lima kali menjejak ke semifinal, masing-masing pada edisi 1930, 1978, 1986, 1990, dan 2014.

Kendati begitu, Argentina justru jadi tim yang paling mujur setiap mencapai empat besar. Argentina tidak pernah kalah sama sekali kalah dan selalu mencapai ke laga final.

Di partai final, nasib Argentina tidak mujur-mujur amat karena baru memenanginya dua kali. Terakhir kali Argentina juara terjadi pada edisi 1986.

 

4 dari 7 halaman

Kroasia Incar Hasil Lebih Baik

Pemain Timnas Kroasia, Bruno Petkovic (kedua kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol penyeimbang 1-1 ke gawang Timnas Brasil dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB. (AFP/Jack Guez)

Kroasia bukanlah tim yang sering mencapai semifinal Piala Dunia, sekalipun tim berjuluk Vatreni ini adalah finalis Piala Dunia 2018. Kroasia baru dua kali mencapai semifinal, itu terjadi di edisi 1998 dan 2018.

Dari dua kesuksesan itu, Kroasia belum pernah keluar jadi juara. Pada 1998, Kroasia gagal di semifinal dan hanya bisa menempati peringkat ketiga. Lalu di edisi terakhir, Kroasia berhasil di semifinal, tetapi hanya bisa jadi runner-up.

Maka dari itu, keberhasilan Kroasia mencapai empat besar lagi di Piala Dunia 2022 mengusung target untuk mengincar hasil lebih baik. Skuad mereka tidak banyak berubah dengan penambahan kualitas dan mentalitas finalis yang masih bertahan.

 

5 dari 7 halaman

Maroko Baru Pertama Kali

Maroko. Maroko menjadi negara Afrika terbaru alias keempat yang mampu lolos ke perempatfinal di Piala Dunia edisi terbaru pada 2022 di Qatar. Achraf Hakimi dkk bahkan bisa menjadi wakil Afrika pertama yang mampu lolos hingga semifinal bahkan menjadi juara jika mampu memenangi laga perempatfinal melawan Portugal. Pada fase grup, Maroko berhasil memuncaki Grup F di atas Kroasia dan mampu membuat Belgia angkat koper lebih awal. Pada fase knock-out, Spanyol menjadi korban keganasan Maroko di babak 16 besar dengan kemenangan 3-0 (0-0) lewat adu penalti. (AFP/Javier Soriano)

Apabila Kroasia kurang berpengalaman di semifinal, maka Maroko adalah anak baru. Ya, tim berjuluk Singa Atlas ini sebelumnya belum pernah menjejak ke partai semifinal.

Partisipasi Maroko di Piala Dunia 2022 adalah yang keenam kalinya sepanjang sejarah. Perjalanan terjauh tim asal Afrika ini adalah mencapai babak 16 besar di edisi 1986.

Selain itu, partisipasi Maroko di edisi 1970, 1994, 1998, dan 2018 hanya berakhir di fase grup. Oleh karena itu, Maroko akan mencoba sekuat tenaga untuk bisa mencapai fase sejauh yang mereka bisa.

 

6 dari 7 halaman

Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022

Rabu, 14 Desember 2022

  • 02.00 WIB: Argentina vs Kroasia
  • Venue: Lusail Iconic Stadium

Kamis, 15 Desember 2022

  • 02.00 WIB: Prancis vs Maroko
  • Venue: Al Bayt Stadium

Sumber: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Abdi Rafi Akmal, published 12/11/2022)

7 dari 7 halaman

Berita Terkait