Tidak Dipecat, Gareth Southgate Dapat Restu FA untuk Latih Inggris hingga Piala Eropa 2024

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 18 Des 2022, 18:35 WIB
Gareth Southgate. Pelatih berusia 51 tahun yang masih menjabat sebagai pelatih Timnas Inggris ini sukses membawa Three Lions menjadi runner-up di ajang Euro 2020 lalu. Sebelumnya, ia pernah membesut Middlesbrough pada 2006 hingga 2009 dan Inggris U-21 pada 2013 hingga 2016. (AFP/Pool/Frank Augstein)

Bola.com, Jakarta - FA memastikan bahwa Gareth Southgate akan tetap memimpin Timnas Inggris hingga Piala Eropa 2024.

Gareth Southgate sebetulnya memang masih memiliki kontrak hingga 2024. Mantan pelatih Middlesbrough itu sudah menangani The Three Lions selama enam tahun.

Advertisement

Akan tetapi, masa depannya jadi tanda tanya menyusul kegagalan Inggris di Piala Dunia 2022. Jude Bellingham dkk. cuma sanggup melaju hingga perempat final.

Namun demikian, FA selaku federasi sepak bola Inggris memutuskan untuk memercayakan Gareth Southgate sebagai juru taktik.

 

2 dari 4 halaman

Pernyataan FA

Catatan terbaik Gareth Southgate saat menukangi Timnas Inggris adalah mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan runner up Euro 2020. Dengan banyaknya pemain bintang di Skuad The Three Lions, ia diharapkan mampu berbicara lebih di Piala Dunia 2022 Qatar nanti. Southgate diketahui merupakan salah satu pelatih dengan gaji paling mahal di perhelatan terbesar di dunia itu. Ia tercatat menerima upah sebesar 4,9 juta pound per tahun. (AFP/Paul Ellis)

Gareth Southgate, dinukil dari ESPN, disebut-sebut sempat mendiskusikan perihal kontrak kepada keluarga dan teman-teman dekatnya. Kemudian FA memastikan bahwa pelatih berusia 52 tahun itu tetap bertahan hingga Piala Eropa 2024.

"Kami bisa mengonfirmasi bahwa Gareth Southgate akan lanjut melatih Inggris, dan akan memimpin hingga Piala Eropa 2024," kata chief executive FA, Mark Bullingham.

"Southgate dan Steve Holland selalu mendapatkan dukungan kami, dan tujuan utama kami berikutnya adalah Piala Eropa," katanya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Progress Southgate

Penyerang Inggris Harry Kane dihibur oleh pelatih kepala Gareth Southgate pada akhir laga perempat final Piala Dunia 2022 kontra Prancis, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB. Kandasnya The Three Lions di turnamen akbar empat tahunan tersebut juga diwarnai kegagalan penalti Harry Kane. (AP Photo/Abbie Parr)

Southgate diangkat sebagai manajer Inggris pada Piala Eropa 2016. Ia membawa Pasukan Tiga Singa mencapai semifinal Piala Dunia 2018.

Dua tahun berselang, Inggris melangkah hingga Piala Eropa 2020. Sayang, bermain di Wembley, London, Harry Kane dkk. kalah adu penalti dari Italia.

Setelah itu, Inggris mengalami penurunan performa. Setelah turun kasta dari UEFA Nations League, termasuk kekalahan 0-4 dari Hungaria, mereka kandas pada perempat final Piala Dunia 2022 dari Prancis.

Sumber: ESPN, FA

4 dari 4 halaman

Berita Terkait