Legenda Real Madrid Satu-satunya yang Memenangkan Super Ballon d'Or, Lionel Messi Bakal Nyusul?

oleh Suharno diperbarui 27 Des 2022, 10:15 WIB
Alfredo Di Stefano. Eks striker Argentina yang wafat di usia 88 tahun pada 7 Juli 2014 ini memperkuat Real Madrid selama 11 musim mulai 1953/1954 hingga 1963/1964. Ia menjadi pemain Real Madrid pertama yang meraih gelar Ballon d'Or, yaitu sebanyak dua kali pada tahun 1957 dan 1959. (AFP/Staff)

Bola.com, Jakarta - Tidak hanya Piala Dunia, Ballon d'Or atau penghargaan pemain terbaik dunia juga menjadi trofi yang diincar para pemain sepak bola. Tetapi bagaimana jika kita menambahkan kata Super sehingga menjadi Super Ballon d'Or.

Hanya satu orang yang memenangkan gelar Super Ballon d'Or. Siapakah dia dan bagaimana trofi ini bisa diberikan?

Advertisement

Penghargaan Ballon d'Or muncul pertama kali tahun 1956 yang dicetuskan majalah sepak bola Prancis, France Football. Hingga tahun 1995, pemain non Eropa akhirnya berhak juga mendapatkan Ballon d'Or jika mampu memenangkan voting.

Striker AC Milan asal Liberia, George Weah menjadi pemain non Afrika pertama yang memenangkan Ballon d'Or. Selain Ballon d'Or, France Football juga memberikan Super Ballon d'Or saat memperingati hari jadi mereka yang ke-30 tahun.

Ternyata legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano yang mampu memenangkannya. Lalu akankah ada Super Ballon d'Or yang lainnya?

2 dari 4 halaman

Alfredo Di Stefano

Alfredo Di Stefano (tengah), Ferenc Puskas (kiri), dan Francisco Gento (kanan) merupakan trio penyerang legendaris milik Real Madrid. Mereka bertiga telah menyumbangkan empat gelar La Liga dan dua gelar Piala Eropa dalam enam tahun. (Foto: AFP)

Alfredo Di Stefano sebenarnya lahir di Argentina tetapi pernah memperkuat Timnas Kolombia hingga Timnas Spanyol. Dia mendapatkan kewarganegaraan Spanyol yang membuatnya memenangkan dua kali Ballon d'Or tahun 1957 dan 1959.

Saat ada Super Ballon d'Or tahun 1989, pemain yang mengantar Real Madrid dua kali juara Piala Eropa (kini Liga Champions) bersaing dengan Johan Cruyff dan Michel Platini. Hingga akhirnya, Di Stefano yang memenangkan Super Ballon d'Or.

3 dari 4 halaman

Trofi Mirip Ballon d'Or

Ballon d'Or merupakan penghargaan untuk individu yang mampu tampil gemilang untuk klub maupun negaranya dalam satu musim. Trofi Ballon d'Or sendiri merupakan trofi individu termahal di dunia yaitu 600 ribu dolar AS atau setara Rp8,6 miliar. (Foto: AFP/Fabrice Coffrini)

Trofi Super Ballon d'Or ini terlihat sangat mirip dengan Ballon d'Or. Perbedaannya, pada trofi Super Ballon d'Or memiliki banyak bola mini emas yang memiliki kemiripan dengan cokelat Ferrero Rocher bagian bawah.

Setelah bertahun-tahun berada di Museum Real Madrid, trofi ini dilelang di London, September 2021 bersama sejumlah barang milik Alfredo Di Stefano yang ikonik. Trofi ini laku dengan harga 187.500 pound (sekitar Rp3,5 miliar).

 

4 dari 4 halaman

Bakal Jatuh ke Messi

Ballon d'Or 2021 juga membuat Lionel Messi berhasil menjadi orang pertama yang mampu memenangkan penghargaan tersebut dalam tiga dekade terpisah, yaitu pada tahun 2000-an, tahun 2010-an, dan tahun 2020-an. (AFP/Franck Fife, Fabrice Coffrini, Olivier Morin, Fred Ddufour)

Setelah Piala Dunia 2022 berakhir, kini banyak orang ramai lagi tentang Super Ballon d'Or. Banyak orang menginginkan bahwa trofi ini layak untuk diberikan kepada kapten Argentina, Lionel Messi.

Lionel Messi sendiri sudah mendapatkan tujuh kali Ballon d'Or. Selain itu, dia telah memenangkan sejumlah gelar La Liga, Liga Champions, Copa America dan terakhir Piala Dunia.

 

Sumber: SportBible

Berita Terkait