Foto: Potret Jan Olde Riekerink, Pelatih Baru Dewa United yang Pernah Membesut Wesley Sneijder hingga Lukas Podolski di Galatasaray

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 03 Jan 2023, 10:33 WIB
Dewa United baru saja menunjuk Jan Olde Riekerink sebagai pengganti Nilmaizar sebagai pelatih baru mereka yang diberhentikan pasca-putaran pertama BRI Liga 1 2022/2023 tuntas pada akhir Desember 2022. Tim berjulukan Tangsel Warriors itu berhasil bergerak cepat untuk mengamankan tanda tangan pelatih bertangan dingin asal Belanda yang pernah memoles KAA Gent di Belgia, Galatasaray di Turki, hingga SC Heerenveen di Belanda. (AFP/Adem Altan)
Riekerink mengawali kareir kepelatihan pada tahun 1995 dengan menukangi AFC Ajax junior. Selama lima tahun di sana, ia sukses menghasilkan talenta-talenta muda yang cukup bersinar di Eropa. Maarten Stekelenburg, Steven Piennar, Oleguer, Andy van der Meyde, Wesley Sneijder, dan Nigel de Jong adalah nama-nama yang pernah dibesut oleh Riekerink. (AFP/Adem Altan)
Puncak karier Jan Olde Riekerink terjadi saat melatih Galatasaray pada 2016-2017. Dalam waktu yang relatif singkat, pria kelahiran Februari 1963 itu berhasil mempersembahkan trofi Piala Turki 2015/2016 dan Piala Super Turki 2016/2017 menurut catatan Transfermarkt. Saat itu timnya diisi oleh beberapa nama top seperti Lukas Podolski dan Wesley Sneidjer. (AFP/Adem Altan)
Tidak cuma di Eropa, Riekerink juga berpengalaman menangani tim-tim di Asia dan Afrika. Ia pernah melatih Timnas China pada 2011 hingga 2015 dalam berbagai kelompok umur, mulai dari U-19 hingga U-16. Sementara di Afrika, Riekerink pernah menangani klub kenamaan Cape Town City pada 2019 hingga 2021. (AFP/Adem Altan)
Kedatangan Jan Olde Riekerink akan menambah aroma Eropa di Liga Indonesia. Setelah Persib dengan Luis Milla-nya, dan Persija dengan Thomas Doll-nya, kini giliran Dewa United bersama pelatih asal Belanda-nya. Saat ini, Dewa United berada di peringkat ke-13 dengan raihan 13 poin. Karim Rossi dan kolega hanya terpaut dua angka dari RANS Nusantara FC yang menduduki posisi ke-16 atau batas terakhir zona merah. (AFP/Adem Altan)

Berita Terkait