Luis Enrique Dikaitkan dengan Posisi Pelatih Timnas Brasil, Luis Felipe Scolari Berikan Sindiran: Dia Pernah Menang Apa Sih?

oleh Hery Kurniawan diperbarui 22 Jan 2023, 18:45 WIB
Luis Enrique. Pelatih berusia 51 tahun yang kini mengarsiteki Timnas Spanyol sejak November 2019 lalu merupakan pelatih terakhir asal Spanyol yang mampu meraih trofi Liga Champions. Ia melakukannya bersama Barcelona pada musim 2014/2015. Selama tiga musim mulai 2014/2015 hingga 2016/2017 ia juga mampu mempersembahkan trofi domestik berupa 2 gelar La Liga dan 3 gelar Copa Del Rey. (AFP/Oliver Lang)

Bola.com, Jakarta - Posisi pelatih kepala di Timnas Brasil tengah kosong. Selecao baru memecat Tite usai gagal berbicara banyak di Piala Dunia 2022.

Luis Enrique menjadi satu dari beberapa nama yang dikaitkan dengan Selecao. Kebetulan, pria asal Spanyol itu juga tengah menganggur.

Advertisement

Timnas Spanyol asuhan Luis Enrique gagal bersinar di Piala Dunia 2022. Enrique pun angkat kaki dari posisinya.

Luis Enrique belum resmi menjadi pelatih Timnas Brasil. Namun, kapasitasnya sudah dipertanyakan oleh eks pelatih Selecao, Luiz Felipe Scolari. "Apa yang telah Enrique menangkan?" katanya dilansir dari Football Espana.

"Pelatih yang akan menangani Timnas Brasil harus memiliki kinerja yang bagus, dia telah kehilangan segalanya, apa itu artinya dia baik," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Belum Ada Trofi Lagi Setelah Barcelona

Luis Enrique baru saja mundur sebagai pelatih Timnas Spanyol. Ia gagal membawa La Furia Roja berjaya di Piala Dunia 2022 setelah kalah dari Maroko pada babak 16 besar. Enrique memiliki jejak kepelatihan yang cukup gemilang, salah satunya membawa Barcelona merengkuh gelar treble winner pada musim 2014/2015 silam. Pria asal Spanyol itu diprediksi akan segera dipercaya untuk menukangi klub baru pada 2023 ini. (AFP/Odd Andersen)

Luis Enrique sebenarnya bergelimang trofi. Total ada sembilan tofi yang ia raih saat menukangi Barcelona dari 2014-2017.

Termasuk dua gelar La Liga dan satu gelar Liga Champions yang diraih pada 2015. Namun, setelah era kepelatihannya di Barcelona, Enrique belum lagi meraih trofi bergengsi.

Prestasi terbaiknya bersama Timnas Spanyol hanya mencapai semifinal EURO 2020. Kekhawatiran Luiz Felipe Scolari tampak cukup berdasar.

3 dari 3 halaman

Beranai Pakai Pelatih Luar Negeri?

Luis Felipe Scolari didatangkan menuju Stamford Bridge usai mampu membawa Brasil menyabet gelar Piala Dunia 2001/2002. Tujuh bulan kemudian, Scolari dipecat usai puas membawa Chelsea finis di urutan keempat. Ia tercatat mendapatkan pesangon sebesar 13,6 juta pounds. (AFP/Yasuyoshi Chiba)

Brasil adalah negara yang sangat bangga dengan sepak bola. Kebanggaan itu terlihat dari posisi pelatih Timnas Brasil.

Sepanjang sejarah baru ada tiga nama orang luar Brasil yang pernah menukangi Selecao. Mereka adalah Ramon Platero (Uruguay), Joreca (Portugal), dan Filpo Nunez (Argentina).

Setelah berulangkali gagal di Piala Dunia, apakah sekarang waktunya bagi Timnas Brasil untuk membuka diri dengan memberikan kesempatan kepada pelatih luar negeri?

Sumber: Football Espana