BRI Liga 1: Misteri PSS Sleman Baru Punya 3 Pemain Asing, Tallyson Duarte Bakal Direkrut Lagi?

oleh Ana Dewi diperbarui 02 Feb 2023, 21:45 WIB
Bek anyar PSS Sleman asal Brasil, Tallyson Duarte. (Dok. PSS Sleman)

Bola.com, Sleman - PSS Sleman nampaknya hanya akan diperkuat tiga pemain asing di putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023.

Situasinya jendela transfer paruh musim resmi ditutup pada Senin (30/01/2023). Tapi tidak ada nama baru yang terdaftar dalam list pemain di laman PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Advertisement

Padahal klub berjulukan Super Elang Jawa itu baru memiliki tiga pemain asing. Ketiganya yaitu striker Yevhen Bokhashvili, Jonathan Cantillana (gelandang), dan Jihad Ayoub (gelandang).

Nama terakhir jadi satu-satunya legiun asing yang dipertahankan di putaran kedua ini. Namun, anehnya di kolom klub PSS Sleman pada web PT LIB, terdapat empat pemain asing dalam jajaran skuad Elang Jawa.

Selain ketiga legiun asing tersebut, nama bek asal Brasil Tallyson Duarte kembali muncul. Padahal, sejak pekan ke-12 BRI Liga 1 2022/2023, Tallyson sudah tidak ditampilkan dalam laman PT LIB.

Bahkan, jelang penutupan bursa transfer lalu manajemen PSS Sleman masih sibuk mencari sosok pengganti Tallyson Duarte.

Hal ini disampaikan pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro seusai laga pekan ke-21 melawan Barito Putera, Selasa (31/1/23).

"Sebetulnya kami masih butuh satu pemain lagi. Kami sudah berbicara dengan manajemen tapi apapun nantinya entah masuk atau enggak saya fokus dengan pemain yang ada," ujar pelatih berlisensi AFC Pro itu.

 

 

 

2 dari 6 halaman

Tallyson Duarte Masuk Lagi?

Dengan ditutupnya jendela transfer Liga 1, ada kemungkinan Laskar Sembada akan mengosongkan satu slot untuk legiun impor atau malah sebaliknya, mereka sebetulnya sudah kembali merekrut Tallyson Duarte.

Ini merujuk pada daftar nama pemain asing yang tertera dalam jajaran skuad PSS di laman PT LIB. Hanya, sampai saat ini manajemen PSS masih belum mau memberikan keterangan apapun.

Tetapi jika benar, sebetulnya hal tersebut tidak begitu mengejutkan. Sebab, hal serupa pernah dilakukan PSS pada bursa transfer musim lalu.

 

Kala itu manajemen Elang Jawa kembali mengumumkan perekrutan bek Syaiful Ramadhan setelah sebelumnya resmi dilepas.

3 dari 6 halaman

Coach Seto Tidak Masalah

Meski begitu, Seto menegaskan kalaupun pemain yang menjadi target meleset, dia tidak mempermasalahkan.

"Harapannya ada pemain baru tapi kalau enggak kami maksimalkan dengan yang ada. Memang dari seminggu lalu kami sudah berbicara dan masukan-masukan dengan pertimbangan kami secara teknis," kata Seto Nurdiyantoro.

"Dan mungkin dengan permasalahan di manajemen artinya kita lihat. Harapan saya ada penambahan untuk memperkokoh tim, kalau enggak kami maksimalkan yang ada," sambung eks pelatih PSIM Yogyakarta itu.

 

4 dari 6 halaman

Sodorkan Nama

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro dalam sesi konferensi pers selepas laga melawan Dewa United, Minggu (4/9/2022) malam WIB. (Dok. PSS Sleman)

Pelatih kelahiran Kalasan, Sleman itu mengaku sudah mengantongi nama pemain incaran berposisi bek. Sayang, hingga tenggat waktu bursa transfer negosiasi dengan sang pemain menemui jalan buntu.

"Kami sudah sodorkan satu nama sih sebetulnya tapi mungkin ada beberapa kendala. Kita harus sama-sama lihat ke depannya yang positif, melihat dari kebutuhan di teknis dan bagaimana kesulitan di manajemen. Yang jelas kami sudah sodorkan satu nama," tegasnya.

 

5 dari 6 halaman

Tambah 6 Pemain

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro dalam laga pekan ke-2 BRI Liga 1 2022/2023 antara RANS Nusantara FC melawan PSS Sleman di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (29/7/2022) malam WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Total ada enam pemain yang didatangkan PSS Sleman pada putaran kedua musim ini. Selain Jonathan Cantillana dan Yevhen Bokhashvili, adapula Rachmad Hidayat, Ricky Cawor, Haris Tuharea, dan Kevin Gomes.

Sementara sembilan pemain dilepas beberapa waktu lalu. Mereka adalah Ze Valente, Tallyson Duarte, Mychell Chagas, Jandia Eka, Fandi Eko Utomo, Syaiful Ramadhan, Miftahul Hamdi, Komarudin, dan Rizza Fadillah.

Hadirnya pemain baru tentu diharapkan dapat membantu mengangkat performa tim Laskar Sembada. Apalagi, hingga pekan ke-21 mereka masih tertahan di papan tengah atau posisi 13 klasemen sementara dengan torehan 25 poin. Rinciannya meraih tujuh kemenangan, empat hasil imbang, dan 10 kekalahan.

6 dari 6 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Berita Terkait