Aji Santoso Dulu Bilang Marselino Ferdinan Layak Main di Eropa, Sekarang Jadi Kenyataan

oleh Aditya Wany diperbarui 03 Feb 2023, 21:15 WIB
Pelatih kepala Persebaya Surabaya, Aji Santoso saat memberikan keterangan kepada wartawan di Apartemen Puncak Marina Tower 2, Wonocolo, Surabaya, Selasa (11/10/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, pernah menyatakan bahwa Marselino Ferdinan merupakan pemain yang sangat berbakat. Dia juga menyarankan kepada pemainnya untuk berkarier di luar negeri.

Pernyataan itu terlontar pada pertengahan Liga 1 musim lalu. Sebab, Marselino saat itu menjadi buah perbincangan karena tampil reguler dan kerap mencetak gol penting untuk Persebaya di usianya yang masih 17 tahun.

Advertisement

“Targetnya dia seharusnya bermain di luar negeri. Dan di luar negeri itu, menurut saya jangan di Malaysia, di Korea, Jepang, atau mungkin bahkan kalau memungkinkan di Eropa,” kata Aji pada 9 Januari 2022.

Sudah bukan rahasia lagi, Malaysia atau Thailand biasanya menjadi tujuan pemain Indonesia untuk berkarier di luar negeri. Padahal, level kompetisinya masih belum berbeda jauh, meski berada di atas Indonesia.

2 dari 4 halaman

Kesempatan Bagus

Marselino Ferdinan resmi diperkenalkan sebagai pemain baru KMSK Deinze (Twitter KMSK Deinze)

Kesempatan berkarier di Asia Timur, seperti Korea Selatan atau Jepang, akan menambah pengalaman Marselino. Apalagi, banyak yang mendukung bahwa pemain kelahiran 2004 itu punya level permainan Eropa.

Kini, ungkapan Aji Santoso itu telah menjadi kenyataan. Pemain yang akrab siapa Marsel itu telah bergabung dengan KMSK Deinze, klub kasta kedua Belgia. Dia mendapat kontrak berdurasi 1,5 tahun sampai musim panas 2024.

KMSK Deinze mengunggah informasi mengenai kedatangan Marselino Ferdinan melalui laman resmi mereka. Klub Belgia itu menyoroti prestasi Marselino sebagai pemain muda terbaik Liga 1 dan sudah masuk dalam Timnas Indonesia pada usia yang belia.

 

3 dari 4 halaman

Pesan

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan saat pertandingan semifinal leg pertama Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Aji lalu memberikan pesan untuk Marselino.

“Disiplin, profesional, mengatur diri, dan selalu tampil bagus, supaya Marsel menjadi kebanggaan Surabaya khususnya, dan Indonesia umumnya,” ungkap Aji.

“Berkarier di Eropa tidak gampang karena persaingannya sangat ketat. Level sepak bolanya juga tinggi. Meskipun Marsel main di liga dua, tetapi saya komunikasi dengan agennya, bahwa tim tersebut punya target untuk ke kasta pertama di sana,” pesannya.

Marselino merupakan pemain didikan klub internal Persebaya, yakni Indonesia Muda. Pemain kelahiran 2004 sempat tampil moncer di kompetisi internal Persebaya. Dia termasuk pemain yang bisa dimainkan di berbagai posisi.

4 dari 4 halaman

Terus Berkembang

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan saat pertandingan semifinal leg pertama Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Aji pun menjadi sosok yang berjasa besar bagi karier Marselino Ferdinan. Sebab, dia berani mempromosikan Marselino yang masih berusia 17 tahun ke tim senior Persebaya pada Liga 1 2021/2022.

 

Performa Marselino terus berkembang hingga mampu meraih penghargaan sebagai pemain muda terbaik di Liga 1 2021/2022. Marselino Ferdinan  tercatat tampil dalam 24 pertandingan dan mencetak empat gol serta tujuh assist.

Berita Terkait