Starting XI Produk Benfica Mart yang Dijual ke Klub Elite Eropa: The Real Mesin Cuan!

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 05 Feb 2023, 09:15 WIB
Benfica - Enzo Fernandez, Joao Felix, Darwin Nunez (Bola.com/Decika Fatmawaty)

Bola.com, Jakarta Benfica dikenal sebagai klub pemasok pemain-pemain top ke tim elite Eropa. Namun, akhir-akhir ini mendapat sorotan karena harganya mahal.

Harganya kemahalan, performanya biasa-biasa saja. 

Advertisement

Sambil menghasilkan sejumlah nama terkenal melalui akademi, Benfica sering menemukan beberapa talenta terbaik dari Amerika Latin.

Yang terbaru, Enzo Fernandez. Bencia berhasil 'morotin' Chelsea dengan biaya transfer 121 juta euro. Cuan banyak!

Sebelumnya, Benfica Mart juga menjual Darwin Nunez ke Liverpool dengan harga 100 juta euro.

2 dari 12 halaman

Kiper: Jan Oblak

Jan Oblak. Kiper Slovenia berusia 28 tahun ini didatangkan Atletico Madrid dari Benfica pada musim 2014/2015 dengan harga 16 juta euro. Total hingga musim lalu telah tampil dalam 303 laga. Musim lalu dinobatkan sebagai pemain terbaik LaLiga musim 2020/2021. (Foto: AFP/Javier Soriano)

Oblak telah membuktikan dirinya sebagai satu di antara penjaga gawang terbaik di dunia sejak pindah dari Benfica ke Atletico Madrid dengan harga 16 juta euro pada tahun 2014.

Dalam 284 pertandingan La Liga, dia hanya kebobolan 203 gol dan menjaga 142 clean sheet.

3 dari 12 halaman

RB: Nelson Semedo

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, berbincang-bincang dengan bek barunya, Nelson Semedo, di Stadion Camp Nou, Katalonia, Jumat (14/7/2017). Pemain 23 tahun itu didatangkan dari Benfica dengan harga 26,2 juta poundsterling. (AFP/Lluis Gene)

Bek kanan asal Lisbon itu bergabung dengan Barcelona dengan nilai sekitar 30,5 juta euro pada 2017.

Setelah awal yang cerah, retakan mulai muncul dalam kemampuan bertahannya, dan benar-benar tercabik-cabik dalam kekalahan Barcelona 2-8 dari Bayern Munich di Liga Champions.

4 dari 12 halaman

CB: Ruben Dias

Ruben Dias (Manchester City) - Kehadiran Diaz di jantung pertahanan membuat City menjadi tim yang paling sedikit kebobolan yakni hanya kebobolan 32 kali dari 37 laga. Skuat Pep Guardiola itu juga sukses menjadi juara Liga Inggris dan melaju ke partai final Liga Champions. (AFP/Clive Brunskil/Pool)

Bek tengah Portugal itu tampil apik sejak pindah ke Manchester City pada tahun 2020 dengan harga sekitar 61 juta poundsterling, memenangkan dua gelar Liga Inggris dan langsung menjadi satu di antara bek terbaik di liga.

Pengaruh pemain berusia 25 tahun itu pada tim yang sudah sangat kuat diakui saat ia memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Liga Inggris Musim Ini, dan ia terus tampil mengesankan di jantung pertahanan City.

5 dari 12 halaman

CB: David Luiz

David Luiz. Bek tengah Brasil berusia 35 tahun yang sejak awal musim 2021/2022 membela Flamengo ini tercatat pernah membela Chelsea dalam dua periode, 2010/2011 hingga 2013/2014 dan 2016/2017 hingga 2018/2019. Setelah mengakhiri periode keduanya, ia memutuskan hijrah ke Arsenal pada awal musim 2019/2020 dan hanya bertahan selama dua musim sebelum akhirnya memutuskan pulang kampung ke Brasil bersama Flamengo. (AFP/Pool/Richard Heathcote)

Setelah memenangkan Liga Primeira bersama Benfica pada 2010, dia menambahkan dua gelar Prancis di PSG sebelum kembali ke Chelsea untuk memenangkan Liga Inggris di bawah Antonio Conte pada 2016-17.

Ada juga Liga Champions pada 2012. Setahun kemudian dia memenangkan Liga Europa bersama The Blues, mengalahkan mantan klubnya Benfica di final.

Luiz secara mengejutkan pindah ke Arsenal pada 2019, dan meskipun mengalami beberapa masalah pertahanan, dia menghabiskan dua musim di London Utara di mana dia tampil luar biasa saat The Gunners memenangkan Piala FA.

6 dari 12 halaman

LB: Joao Cancelo

Bek Manchester City, Joao Cancelo mengontrol bola saat menghadapi Manchester United dalam laga Liga Inggris 2022/2023 di Old Trafford Stadium, Manchester (14/1/2023). Joao Cancelo menjadi pemain terbaru yang hengkang setelah berkonflik dengan Pep Guardiola di Manchester City. Pada bursa transfer Januari 2023 bek kanan Portugal tersebut memilih dipinjamkan ke Bayern Munchen dengan opsi dipermanenkan akibat tak jadi pilihan utama lagi dalam beberapa laga terakhir. (AFP/Oli Scarff)

Cancelo awalnya meninggalkan Benfica ke Valencia pada tahun 2014 dengan status pinjaman, di mana dia tidak dinilai terlalu tinggi.

Kepindahan ke Juventus mengikuti peminjaman ke Inter Milan, di mana ia sering bermain sebagai bek kiri, sebelum bergabung dengan City dalam kesepakatan pertukaran untuk Danilo.

Di City, dia bermain di kedua sayap dan dengan cepat menjadi salah satu bek terbaik di dunia. 

7 dari 12 halaman

DM: Nemanja Matic

Pemain Manchester United, Nemanja Matic (tengah), menggiring bola di tengah kepungan penggawa Brighton. (Gareth Fuller/PA via AP)

Matic memiliki dua periode di Benfica di antara dua periode di Chelsea, tetapi ketika pemain Serbia itu pindah ke Stamford Bridge untuk kedua kalinya, dia menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik di Eropa.

Memainkan peran integral dalam dua gelar Premier League di London barat, Matic kemudian bereuni dengan Jose Mourinho di Manchester United.

8 dari 12 halaman

CM: Enzo Fernandez

Pemain Chelsea Enzo Fernandez mengontrol bola saat malawan Fulham pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, 3 Februari 2023. Selama pertandingan, Enzo Fernandez ikut membantu serangan secara signifikan dan hampir mencetak gol ke gawang Fulham dengan tendangan jarak jauh. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Dia hanya berada di Benfica selama setengah musim dan mereka telah menjualnya sekitar tujuh kali lipat dari yang awalnya mereka.

Harganya naik setelah dia tampil apik di Piala Dunia 2022 dan menjadi pemain muda terbaik.

Transfer Enzo ke Chelsea memecahkan rekor di Inggris.

9 dari 12 halaman

CM: Bernardo Silva

Gelandang Manchester City, Bernardo Silva mengontrol bola dari kawalan gelandang Chelsea, Hakim Ziyech pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu (15/1/2022). Man City menang tipis atas Chelsea 1-0. (AP Photo/Dave Thompson)

Silva hanya membuat satu penampilan di tim senior Benfica. Namun, Benfica bisa bangga akademi mereka menghasilkan pemain yang luar biasa.

Setelah memainkan peran utama saat Monaco memenangkan Ligue 1 dan mencapai semifinal Liga Champions pada 2017, Manchester City membayar sekitar 44 juta poundsterling untuk gelandang serang tersebut.

Pemain asal Portugal telah berkembang menjadi salah satu gelandang terbaik dunia di bawah Guardiola dan merupakan starter reguler untuk klub dan negara.

10 dari 12 halaman

RW: Angel Di Maria

Pemain Juventus, Angel Di Maria, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Napoli dalam laga giornata 18 Serie A Liga Italia di Diego Armando Maradona Stadium, Sabtu (14/1/2023) dini hari WIB. Sayang gol tersebut tak bisa menyelamatkan Juventus yang akhirnya kalah telak 1-5 dari Napoli. (Alessandro Garofalo/LaPresse via AP)

Di Maria adalah pemain terbaik Real Madrid saat mereka memenangkan La Decima pada tahun 2014 dan membantu Argentina mengangkat Piala Dunia 2022.

Setelah mengalami musim 2014-15 yang aneh dan membuat frustrasi di bawah Louis van Gaal di Manchester United, ia menikmati kebangkitannya di PSG, tetap menjadi pemain penting meskipun ada persaingan ketat dari Neymar dan Lionel Messi musim lalu.

Setelah memenangkan enam gelar Ligue 1 dan mencatatkan 92 gol dan lebih dari seratus assist dalam 295 penampilan untuk Parisiens, Di Maria melambaikan tangan ke Parc des Princes tetapi masih bermain untuk salah satu klub top Eropa di Juventus.

11 dari 12 halaman

LW: Joao Felix

Debut pemain anyar Chelsea, Joao Felix berjalan muram. Pemain Timnas Portugal tersebut gagal menghindarkan Chelsea dari kekalahan 1-2 dari tuan rumah Fulham pada pekan ke-19 Liga Inggris 2022/2023, Jumat (13/1/2023) dini hari WIB. Apesnya lagi, sang pemain juga menjadi salah satu aktor kekalahan Chelsea akibat kartu merah yang diterimanya. (AP Photo/Alastair Grant)

Salah satu talenta muda sepak bola yang paling menarik, Joao Felix menjalani musim terobosan yang menakjubkan di Benfica, dengan 20 gol dan 11 assist saat remaja, membantu mereka mencapai perempat final Liga Europa.

Felix ke ke Atletico Madrid dengan biaya fantastis, 120 juta euro, sebagai pengganti Antoine Griezmann. Pemain berusia 22 tahun itu telah membantu mereka memenangkan La Liga dan pada usia 22 tahun masih memiliki masa depan yang sangat cerah.

12 dari 12 halaman

ST: Darwin Nunez

Liverpool baru saja mendatangkan striker Benfica asal Uruguay, Darwin Nunez menjelang bergulirnya musim 2022/2023. Menarik menanti kiprahnya di Liga Inggris bareng The Reds. Mampukah ia meraih trofi di Liga Inggris seperti 5 pendahulunya berikut ini? (AFP/Ronny Hartmann)

Ini produk Benfica yang paling sering kena kritik. Pemain Uruguay itu belum menunjukkan awal terbaik dalam kariernya di Liverpool.

 

Sumber: Planet Football

Berita Terkait