Hasil Final Piala Dunia Antarklub 2023: Vinicius Junior dan Fede Valverde Cemerlang, Real Madrid Juara!

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 12 Feb 2023, 05:10 WIB
Pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak Vinicius Junior ke gawang Al Hilal dalam laga final Piala Dunia Antarklub 2023 di Prince Moulay Abdallah Stadium di Rabat, Maroko, Minggu (12/2/2023) dini hari WIB. Real Madrid menang 5-3 dalam pertandingan ini. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Bola.com, Jakarta - Real Madrid memastikan diri menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2023 setelah meraih kemenangan 5-3 atas klub Arab Saudi, Al Hilal, pada laga final yang digelar di Prince Moulay Abdallah, Rabat, Maroko, Minggu (12/2/2023). Vinicius Junior dan Fede Valverde menjadi bintang dalam kemenangan ini.

Vinicius Junior dan Fede Valverde langsung membawa Real Madrid unggul dalam kurun waktu 20 menit pertama pertandingan. Vinicius membuka keran gol Real Madrid setelah memaksimalkan umpan dari Karim Benzema pada menit ke-13.

Advertisement

Sementara itu, Fede Valvede menggandakan keunggulan Real Madrid menjadi 2-0 pada menit ke-18. Namun, Al Hilal mampu mencetak gol balasan pada menit ke-26 lewat gol Moussa Marega memanfaatkan umpan dari Mohammed Kanno.

Tanpa ada gol lagi yang tercipta hingga menit ke-45 membuat Real Madrid menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1.

 

2 dari 4 halaman

Makin Ganas di Babak Kedua

Bintang Real Madrid, Federico Valverde, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Al Hilal dalam final Piala Dunia Antarklub 2023 di Prince Moulay Abdellah stadium in Rabat, Maroko, Minggu (12/2/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pada babak kedua, Real Madrid bermain lebih menekan. Terbukti belum genap 15 menit babak kedua, Los Blancos kemudian makin unggul lewat gol Karim Benzema dan Fede Valverde yang membuat kedudukan menjadi 4-1.

Seakan membalas budi untuk gol pertama, Vinicius Junior kali ini mengirimkan umpan kepada Karim Benzema untuk bisa menambah keunggulan Real Madrid pada menit ke-54. Setelah itu, Fede Valverde mencetak gol keduanya dalam laga ini setelah menerima umpan dari Dani Carvajal pada menit ke-58.

Gawang Real Madrid sempat dijebol oleh Al Hilal pada menit ke-63 lewat gol Luciano Vietto. Namun, Vinicius junior kembali mencetak gol keduanya dalam laga ini pada menit ke-69.

Vietto kemudian mencetak gol keduanya pada menit ke-79 dan sekaligus menjadi gol terakhir yang tercipta dalam laga itu. Real Madrid pun mengamankan kemenangan 5-3 dan berhak menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2023.

 

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Piala Dunia Antarklub - Real Madrid Vs Al Hilal (Bola.com/Decika Fatmawaty)

 

Real Madrid (4-3-3): Andriy Lunin' Dani Carvajal, Antonio Rudiger, David Alaba, Eduardo Camavinga; Luka Modric, Toni Kroos, Aurelien Tchouameni; Vinicius Junior, Fede Valverde, Karim Benzema

Pelatih: Carlo Ancelotti

Al Hilal (4-2-3-1): Abdullah Al Muaiouf; Saud Abdulhamid, Jang Hyun-soo, Ali Al Bulayhi, Khalifah Al Dawsari;Gustavo Cuellar, Mohammed Kanno; Andre Carrillo, Luciano Vietto, Salem Al Dawsari; Moussa Marega

Pelatih: Ramon Angel Diaz

 

4 dari 4 halaman

Hasil Piala Dunia Antarklub 2023

 

Putaran pertama

  • Al Ahly 3-0 Auckland City

Putaran kedua

  • Seattle Sounders FC 0-1 Al Ahly
  • Wydad Casablanca 1-1 Al Hilal (3-5 pen)

Semifinal

  • Al Ahly 1-4 Real Madrid
  • Flamengo 2-3 Al Hilal

Perebutan tempat ketiga

  • Al Ahly 2-4 Flamengo

Final

  • Real Madrid 5-3 Al Hilal