Liga Inggris: Termasuk Catatan Spesial Marcus Rashford, Ini 7 Fakta Menarik Setelah MU Berpesta di Kandang Leeds United

oleh Rizki Hidayat diperbarui 13 Feb 2023, 00:15 WIB
Manchester United merengkuh kemenangan dua gol tanpa balas atas Leeds United pada laga pekan ke-23 Premier League di Elland Road, Minggu (12/2/2023) malam WIB. Sepasang gol MU dicetak Marcus Rashford dan Alejandro Garnacho. (AP Photo/Jon Super)

Bola.com, Leeds - Manchester United merengkuh kemenangan dua gol tanpa balas atas Leeds United pada laga pekan ke-23 Premier League. Sejumlah catatan menarik diukir MU selepas duel tersebut.

Bertandang ke markas Leeds di Elland Road, Minggu (12/2/2023) malam WIB, Tim Setan Merah bermain dominan. Manchester United mencatatkan 66,9 persen penguasaan bola, berbanding 33,1 persen milik Leeds.

Advertisement

Meski menguasai jalannya laga, MU kerepotan menembus rapatnya barisan belakang Leeds United. Bahkan, tim tuan rumah beberapa kali mengancam gawang The Red Devils yang dikawal David De Gea.

Beruntung, enam tembakan on target yang dilepaskan pemain-pemain Leeds United berhasil digagalkan De Gea. Saat duel menyisakan 10 menit lagi, Manchester United akhirnya berhasil mencetak dua gol.

Sepasang gol MU tercipta atas nama Marcus Rashford pada menit ke-80 dan Alejandro Garnacho menit ke-85. Sampai laga berakhir, skor 2-0 untuk kemenangan Manchester United tetap bertahan.

 

2 dari 5 halaman

Naik ke Posisi Dua

Manchester United merengkuh kemenangan dua gol tanpa balas atas Leeds United pada laga pekan ke-23 Premier League di Elland Road, Minggu (12/2/2023) malam WIB. Sepasang gol MU dicetak Marcus Rashford dan Alejandro Garnacho. (AFP/Oli Scarff)

Berkat kemenangan tersebut, The Red Devils naik ke posisi dua klasemen sementara Premier League dengan nilai 46. Mereka tertinggal lima poin dari Arsenal yang berada di puncak klasemen.

Meski begitu, posisi Manchester United masih belum aman. Mereka akan kembali melorot ke tempat ketiga, jika Manchester City berhasil membungkam Aston Villa di Stadion Etihad, Minggu malam WIB.

Sejumlah fakta menarik tersaji selepas duel Manchester United kontra Leeds United. Berikut ini adalah tujuh fakta tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Data dan Fakta:

Kapten Manchester United, Harry Maguire berduel di udara dengan gelandang Leeds United, Weston McKenna dalam lanjutan Premier League 2022/2023 di Ellan Road, Minggu (12/2/2023) malam WIB. (AFP/Oli Scarff)

1. Manchester United untuk pertama kalinya meraih kemenangan secara beruntun di Elland Road pada laga Premier League. Menang 4-2 pada musim lalu, dan membungkam Leeds dengan skor 2-0 pada musim ini.

2. Alejandro Garnacho lebih banyak terlibat langsung dalam gol MU di Premier League musim ini sebagai pengganti, dibandingkan pemain lain. Garnacho mendulang dua gol plus dua assist.

3. Marcus Rashford kini telah mencetak gol lebih banyak dibandingkan pemain lain di Premier League selepas Piala Dunia 2022, yakni delapan gol.

4. Rashford juga untuk pertama kalinya mencetak gol secara beruntun saat bersua Leeds United di Premier League. Sebelumnya, dia menyumbangkan satu gol ketika MU ditahan 2-2 Leeds pada laga tunda pekan kedelapan, 9 Februari 2023.

 

4 dari 5 halaman

Data dan Fakta

Penyerang Manchester United, Marcus Rashford (kiri) berselebrasi dengan rekannya Alejandro Garnacho setelah mencetak gol gawang Aston Villa pada pertandingan putaran ketiga Piala Liga Inggris 2022 di Stadion Old Traffodr, Manchester, Inggris, Jumat (11/11/2022). MU menang atas Aston Villa dengan skor 4-2. (AP Photo/Dave Thompson)

5. Marcus Rashford menorehkan jumlah gol terbaiknya bersama Manchester United dalam semusim. Dia mendulang 21 gol dari 34 laga musim ini, 21 gol dari 57 pertandingan pada musim 2020/2021, dan 22 gol dari 44 laga pada musim 2019/2020.

6. David de Gea melakukan enam penyelamatan melawan Leeds United malam ini. Itu adalah jumlah penyelamatan terbanyak yang dilakukan De Gea di Premier League musim ini.

7. De Gea juga mencatatkan clean sheet pada penampilannya yang ke-400 di Premier League.

Sumber: Squawka

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Manchester United di Bawah Ini:

Berita Terkait