3 Opsi Formasi Chelsea Jika Neymar Gabung: Ngeri Nih, Bisa Bangkit Lagi

oleh Suharno diperbarui 21 Feb 2023, 16:35 WIB
Aston Villa baru saja mendapatkan Unai Emery sebagai pengganti Steven Gerrard yang dipecat. Unai Emery sendiri telah berpengalaman membesut beberapa klub besar Eropa, seperti PSG, Sevilla dan Arsenal. Beberapa pemain top dan mahal pun pernah didatangkannya, terutama saat bersama PSG dan Arsenal. Berikut daftar 5 pembelian termahal Unai Emery hingga kini. (AFP/Franck Fife)

Bola.com, Jakarta - Chelsea dikabarkan mengejar kesepakatan yang menggiurkan untuk menggaet bintang Paris Saint-Germain (PSG), Neymar. Namun, apakah bintang Brasil itu memang pemain yang dibutuhkan untuk strategi The Blues?

Presiden Chelsea, Todd Boehly, dikabarkan sudah terbang ke Prancis untuk melakukan pembicaraan dengan pemilik PSG. Pembicaraan tersebut tentu saja untuk mendatangkan Neymar ke Stamford Bridge.

Advertisement

Meski menginjak usia 31 tahun ini, Neymar tetap menjadi salah satu nama terbesar sepak bola dunia. Dia mencetak 117 gol dalam 172 pertandingan untuk PSG.

Sebelum pindah ke PSG dengan memecahkan rekor transfer pemain termahal senilai 200 juta pounds pada 2017, Neymar juga bintang di Barcelona. Dia mencetak 105 gol untuk Blaugrana.

Jika pindah ke Chelsea, ada tiga skema yang bisa diterapkan The Blues dengan Neymar di dalamnya. Simak detail dari tiga skema tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Harga Mahal

Neymar Jr - Kepindahan Neymar dari Barcelona ke PSG pada 2017 silam membuatnya menjadi pemain termahal di dunia. Sejak saat itu penghasilan Neymar meningkat drastis. Kini Neymar berpenghasilan 32 ribu dollar atau setara Rp 458 juta per menit. (AP/Michel Spingler)

Harga mahal yang PSG berikan ke Barcelona saat merekrut Neymar memang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Itu terbukti dengan raihan golnya baik saat memperkuat Barcelona maupun PSG.

Kontrak Neymar di Paris masih berlaku hingga 2025 dan bisa saja membuat PSG bakal memasang tarif mahal jika Chelsea ingin merekrutnya. Tetapi, jika mendapatkannya maka manajer Chelsea, Graham Potter bisa menempatkannya di tiga skema berbeda.

 

3 dari 5 halaman

1. Pemain Nomor 10

Potter bisa menurunkan Neymar sebagai pemain nomor 10 dalam skema 4-2-3-1 terbarunya. Neymar bisa berada di belakang Kai Havertz atau Joao Felix yang diplot sebagai striker.

Jika Neymar menjadi pemain nomor 10, serangan Chelsea akan lebih variatif. Pada sisi kanan ada  Christopher Nkunku atau Hakim Ziyech dan Mkyhailo Mudryk di kiri.

 

4 dari 5 halaman

2. Striker Tandem

Chelsea di bawah asuhan Graham Potter kembali menelan hasil buruk. The Blues harus tersingkir dari Piala FA 2022/2023 setelah dikalahkan dengan skor telak oleh Manchester City pada laga yang berlangsung di Etihad Stadium, Minggu (8/1/2023) malam WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

Neymar juga bisa bermain sebagai seorang striker tengah. Pola ini cocok dengan skema 4-2-2-2 yang bisa Graham Potter terapkan.

Meski diplot sebagai tandem Kai Havertz atau Joao Felix di depan, sebenarnya Neymar bisa jadi kamuflase. Dia bisa melebar demi membuka ruang di pertahanan lawan.

 

5 dari 5 halaman

3. Striker Tunggal

Paris Saint Germain (PSG) baru saja takluk 1-3 dari AS Monaco dalam lanjutan Liga Prancis 2022/2023. Tentu ini bukanlah modal yang bagus bagi Neymar dkk jelang menghadapi Bayern Munchen dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Apalagi, seusai kekalahan dari AS Monaco, sempat terjadi ribut-ribut di ruang ganti PSG. Tak mau berlama-lama memikirkan perselisihan, Neymar dkk memilih fokus menjalani latihan bareng skuad PSG (13/2/2023). (AFP/Valery Hache)

Serupa di Barcelona dan PSG, Neymar sangat baik kala memainkan bagian dalam skema tiga pemain depan. Graham Potter juga sering menerapkan skema 3-4-3.

Neymar bisa ditempatkan di sebelah kiri. Selain itu, dia bisa beroperasi baik juga sebagai false 9 karena bek sayap Chelsea bisa lebih banyak maju ke depan.

Sumber: The Sun

Selama tiga tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

 

Berita Terkait