Liga Spanyol: Barcelona Gundah, Robert Lewandowski Terancam Absen saat Bersua Real Madrid

oleh Rizki Hidayat diperbarui 28 Feb 2023, 20:30 WIB
Pada menit ke-34, Barcelona berhasil unggul 1-0 lewat gol yang diciptakan oleh Robert Lewandowski. (AP/Joan Monfort)

Bola.com, Barcelona - Barcelona masih harap-harap cemas menanti hasil pemeriksaan cedera Robert Lewandowski. Striker Timnas Polandia itu terancam absen membela Barca karena masih dibekap cedera hamstring.

Los Cules akan bersua Real Madrid pada laga leg pertama semifinal Copa del Rey di Santiago Bernabeu, Jumat (3/3/3023) dini hari WIB.

Advertisement

Menurut pernyataan resmi Barcelona, Robert Lewandowski mendapatkan cederanya saat sesi latihan. Kabar itu diumumkan sekitar lima hari sebelum laga bertajuk El Clasico tersebut.

"Pemain utama, Robert Lewandowski harus beristirahat karena ada masalah pada hamstring. Kemampuan pemulihannya akan mempengaruhi seberapa cepat dia bisa ketersediaannya," jelas pernyataan resmi Barcelona.

 

2 dari 5 halaman

Waktu Pemulihan Belum Jelas

Penyerang Barcelona, Robert Lewandowski melakukan tendangan penalti yang gagal ke gawang Almeria selama pertandingan lanjutan La Liga Spanyol di stadion Camp Nou di Barcelona, Spanyol, Minggu (6/11/2022). Kemenangan ini membawa Barca naik ke puncak klasemen sementara Liga Spanyol. Barca mengoleksi 34 poin dari 13 laga, dua poin di depan Real Madrid yang baru bermain 12 kali. (AP Photo/Joan Monfort)

Sesuai pernyataan resmi, belum diketahui berapa lama Robert Lewandowski harus absen dari membela Barcelona. Namun, laporan Goal International meyakini sang pemain harus absen selama sekitar dua minggu.

Perkiraan waktu tersebut berdasarkan waktu tercepat bagi seseorang untuk benar-benar pulih dari cedera hamstring yang diderita.

Dengan jarak yang kurang dari satu minggu sebelum pertandingan kontra Real Madrid, kemungkinan Robert Lewandowski absen memang sangat besar.

 

3 dari 5 halaman

Tiga Pemain Utama Absen

Pada menit ke-25 Barcelona hampir menyamakan kedudukan lewat Robert Lewandowski. Namun bola tendangannya masih membentur mistar gawang Real Madrid yang dikawal Andriy Lunin. (AP/Bernat Armangue)

Absennya Lewandowski membuat Barcelona dalam kondisi yang tidak baik-baik saja. Sebab, total tiga pemain utama El Barca harus absen.

Sebelum Robert Lewandowski, Pedri dan Ousmane Dembele telah lebih dulu harus melewatkan laga bergengsi tersebut. Keduanya sama-sama menderita cedera.

Tidak seperti Robert Lewandowski yang belum diketahui kapan akan pulih, Pedri dan Dembele diperkirakan baru bisa bermain lagi pada pertengahan Maret 2023.

 

4 dari 5 halaman

Kehilangan Besar

Robert Lewandowski. Striker Polandia berusia 34 tahun milik Barcelona ini total mencetak 3 kali hattrick pada tahun 2022. Satu hattrick terakhir dicetak Robert Lewandowski saat telah berseragam Barcelona ke gawang Viktoria Plzen pada matchday pertama fase grup Liga Champions musim 2022/2023 (7/9/2022), sementara dua hattrick lainnya dicetak saat ia masih berseragam Bayern Munchen di ajang Bundesliga dan Liga Champions pada musim 2021/2022. (AFP/Pau Barrena)

Absennya Robert Lewandowski akan jadi kehilangan besar bagi Barcelona. Saat ini, pemain berusia 34 tahun itu adalah top skorer klub dengan torehan mencapai 25 gol dari 30 pertandingan di semua ajang.

Lewandowski juga mencetak satu gol saat Barcelona mengalahkan Real Madrid dengan skor 3-1 pada final Supercoppa de Espana. Ini menunjukkan betapa penting peran eks bintang Bayern Munchen tersebut.

Dari sisi tim, Barcelona sedang mengalami tren buruk karena baru saja menelan dua kekalahan beruntun. Dalam dua laga terakhir itu, Lewandowski bermain, tetapi Pedri dan Dembele tidak tampil.

Sumber: Barcelona, Goal International

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal/Published: 28/2/2023)

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Barcelona dan Real Madrid di Bawah Ini:

Berita Terkait