Foto: Urawa Red Diamonds Tatap Gelar Ketiga di Liga Champions Asia, Mantapkan Predikat Klub J1-League Tersukses di Asia

oleh Hendriyan diperbarui 27 Apr 2023, 21:27 WIB
Sepanjang sejarah kompetisi antar-klub Asia yang dimulai sejak 2002, baik Liga Champions Asia sebagai kasta tertinggi maupun Asian Club Championship yang berlevel lebih rendah, tercatat baru 6 klub asal Jepang yang pernah jadi yang terbaik dengan merengkuh gelar juara. JEF United Chiba, Tokyo Verdy dan Jubilo Iwata masing-masing pernah sekali juara di ajang Asian Club Championship. Sementara Gamba Osaka dan Kashima Antlers masing-masing pernah satu kali juara Liga Champions Asia. Satu klub lagi, Urawa Red Diamonds menjadi klub J1-League tersukses dengan raihan dua gelar juara Liga Champions Asia, yang kini menatap gelar ketiga usai lolos ke final musim ini. (Dok. J-League)
Gelar pertama Urawa Red Diamonds di ajang Liga Champions Asia diraih pada tahun 2007 setelah mengalahkan klub asal Iran, Sepahan di laga final. Pada leg pertama di kandang Sepahan, Urawa Red Diamonds bermain imbang 1-1. Sementara di kandang sendiri pada leg kedua, Urawa Red Diamond menang 2-0. (Dok. J-League)
Gelar kedua Urawa Red Diamonds di ajang Liga Champions Asia diraih 10 tahun kemudian pada 2017 setelah mengalahkan klub asal Arab Sausi, Al-Hilal di laga final. Pada leg pertama di kandang Al-Hilal, Urawa Red Diamonds bermain imbang 1-1. Sementara di kandang sendiri pada leg kedua, Urawa Red Diamonds menang 1-0. (Dok. J-League)
Urawa Red Diamonds berpeluang meraih gelar ketiga di ajang Liga Champions Asia setelah memastikan lolos ke final edisi 2022. Urawa Red Diamonds berhasil melewati hadangan beberapa klub tangguh di babak knock-out, seperti Johor Darul Ta'zim (Malaysia), BG Pathum United (Thailand) dan Jeonbuk Hyundai Motors (Korea Selatan). (Dok. J-League)
Di final pada 30 April dan 6 Mei 2023 mendatang, Urawa Red Diamonds telah ditunggu Al-Hilal yang sebelumnya telah dua kali bertemu di partai puncak Liga Champions Asia. Pada 2017, Urawa Red Diamonds sukses jadi yang terbaik, sementara dalam pertemuan terakhir pada 2019 giliran Al-Hilal yang sukses pecundangi Urawa Red Diamonds. (Dok. J-League)

Berita Terkait