Presiden Jokowi Salut dengan Prestasi Atlet Panjat Tebing Indonesa Veddriq Leonardo Ukir Rekor Dunia Baru: Modal untuk Olimpiade!

oleh Hendry Wibowo diperbarui 01 Mei 2023, 10:00 WIB
Veddriq Leonardo (Sumber: Instagram/veddriq)

Bola.com, Jakarta - Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo meraih prestasi membanggakan pada ajang Climbing World Cup 2023 di Seoul, Korea Selatan, pada 28 April 2023.

Veddriq Leonardo sukses membuat rekor kecepatan baru pada nomor speed putra. Dia meraihnya pada babak kualifikasi di mana ia membukukan 4,98 detik.

Advertisement

Tidak berhenti sampai di situ, Veddriq Leonardo turut membawa pulang medali emas usai pada parta final mengandaskan atlet China, Jnbao Long.

Rekam jejak apik Veddriq Leonardo membuat Presiden Republik Indonesia, Jokow Widodo angkat topi. Jokowi-sapaan akrabnya sampai memberikan ucapan selamat khusus melalui jejaring sosial Instagram miliknya.

2 dari 4 halaman

Unggahan Jokowi

Atlet panjat tebing Indonesia di nomor speed putra, Aspar Jaelolo (tengah) bersama rekannya Kiromal Katibin (kiri) dan Veddriq Leonardo kala diwawancarai awak media di SCBD pada Senin (26/9/2022). (Liputan6.com/Melinda Indrasari
"Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo mencatatkan sejarah di panggung olahraga internasional dengan mengukir rekor dunia baru: menggapai dinding panjat setinggi 15 meter dengan waktu di bawah 5 detik!," tulis Jokowi.

"Ia meraih rekor itu pada babak kualifikasi kategori speed di Kejuaraan Dunia International Federation Of Sport Climbing 2023 di Seoul, Korea Selatan, Jumat lalu."

"Ia kemudian menyempurnakan rekor itu dengan meraih medali emas pada babak final mengalahkan dua atlet panjat tebing Tiongkok," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Modal Buat Olimpiade 2024

Presiden Jokowi. (Liputan6.com/Septian Deny)

Jokowi turut memberikan apresiasi kepada atlet putri Desak Made Rita Kusuma Dewi yang pada event sama meraih medali perunggu.

Jokowi pun berharap prestas Desak Made dan Vedriq merupakan modal berharga untuk mentas di Olmpiade 2024 Paris.

"Pada kejuaraan ini, atlet Desak Made Rita Kusuma Dewi juga meraih medali perunggu untuk nomor Speed Putri di bawah dua atlet Polandia," ungkap Jokowi.

"Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat. Prestasi para atlet panjat tebing ini akan menjadi modal kuat Indonesia menghadapi Olimpiade 2024 di Paris," tambahnya.

Sumber: Instagram Jokowi

 

4 dari 4 halaman

Postingan Jokowi

Berita Terkait