Erick Thohir Sebut Ivar Jenner dan Rafael Struick Selangkah Lagi Jadi WNI, Siap Bela Timnas Indonesia di FIFA Matchday

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 06 Mei 2023, 14:00 WIB
Pemain keturunan di Timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner. (dok. PSSI)

Bola.com, Jakarta - Kabar gembira datang dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Menurut Erick Thohir, proses naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struijk sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo sehingga tinggal menunggu pengambilan sumpah.

"Proses naturalisasi sesuai komitmen, satu demi satu terselesaikan. Kemarin kita lakukan kepada Shayne Pattynama yang posisinya bek kiri," kata Erick Thohir.

Advertisement

"Saya ingin memastikan untuk Ivar Jenner yang posisinya bisa di tengah dan Rafael yang posisinya di penyerang kiri itu juga. Alhamdulillah, tadi sudah ditandatangani oleh Bapak Presiden. Jadi, tinggal mengangkat sumpah dan paspor nanti," ucap Erick Thohir.

Dengan demikian, ketiga pemain tersebut diharapkan sudah tersedia untuk membela Timnas Indonesia pada laga selanjutnya. Jadwal terdekat adalah FIFA Matchday pada Juni 2023.

2 dari 3 halaman

Peluang Terbuka

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Shayne Pattynama mencium bendera merah putih saat Pengambilan Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan Republik Indonesia yang berlangsung di Kantor Wilayah Kementetian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Selasa (24/01/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Erick Thohir menegaskan semuanya memiliki peluang yang sama untuk bermain di Timnas Indoensia pada FIFA Matchday. Semuanya akan tergantung dari pilihan pelatih Shin Tae-yong dalam meracik strategi.

"Semua terbuka. Sesuai diskusi saya dengan pelatih Shin Tae-yong waktu itu. Nanti ada FIFA Matchday pada bulan Juni, kemudian Oktober dan November ada Kualifikasi Piala Dunia 2026," tegas Erick Thohir.

Timnas Indonesia rencananya akan melakoni dua laga FIFA Matchday pada Juni 2023. Skuad Garuda akan menghadapi Palestina pada 15 Juni, dan kabarnya menjajal kekuatan Argentina pada 19 Juni.

3 dari 3 halaman

Komitmen Besar

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan pada konferensi pers Keputusan Bersama Sarasehan Sepak Bola Indonesia yang berlangsung di GBK Arena, Jakarta, Minggu (05/03/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Erick Thohir menegaskan PSSI berkomitmen besar untuk membentuk Timnas Indonesia yang tangguh dengan komposisi pemain muda terbaik. Meskipun gagal tampil di Piala Dunia U-20 2023, namun proyek dari Timnas U-20 akan dilanjutkan.

"Salah satu diskusi saya dengan coach Shin Tae Yong adalah kita mulai akan membentuk tim jangka panjang yaitu usia usia muda dan juga pemain yang bisa memperkuat timnas," ucap Erick Thohir.

"Siapa pun yang terbaik sesuai kualifikasi kita akan coba dorong agar kita punya timnas yang konsisten," tegas Erick Thohir.

Berita Terkait