Liga Inggris: Erik ten Hag Siap Perpanjang Kontrak David De Gea di MU, tetapi...

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 30 Mei 2023, 12:15 WIB
Selebrasi kiper Manchester United, David De Gea setelah menjuarai Carabao Cup 2022/2023 usai mengalahkan Newcastle United pada laga final di Wembley Stadium, London (26/2/2023). David De Gea yang didatangkan Manchester United pada awal musim 2011/2012 dari Atletico Madrid ini kini memiliki nilai pasar 15 juta euro atau setara Rp245 miliar. (AFP/Adrian Dennis)

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU), Erik ten Hag, memberi sinyal siap menawarkan kontrak baru kepada David De Gea. Akan tetapi, Ten Hag tak jamin De Gea tetap akan jadi kiper nomor 1 MU.

Saat ini, David De Gea menyisakan sebulan lagi dalam kontraknya dengan Manchester United (MU). Durasi kerja kiper berusia 32 tahun itu akan habis pada 30 Juni 2023.

Advertisement

Namun, penampilan apik De Gea musim ini bersama MU membuat manajer Erik ten Hag terkesan. Meski begitu, Ten Hag tak menutup peluang untuk mendatangkan kiper baru pada musim panas tahun ini.

"David De Gea akan bertahan. Akan tetapi, saya tidak akan mengatakan dia selalu menjadi nomor satu karena di klub seperti MU harus ada persaingan di semua posisi," kata Erik ten Hag seperti dikutip The Times.

2 dari 4 halaman

Beri Tantangan

Kiper Manchester United, David de Gea, saat melawan Liverpool pada laga persahabatan di Stadion Rajamangala, Bangkok (12/7/2022). De Gea gagal pindah dari MU ke Real Madrid lantaran mesin faks yang rusak sehingga dokumen keperluan transfer De Gea tidak sampai ke Los Blancos. (AFP/Manan Vatsyayana)

Erik ten Hag memberikan tantangan kepada David De Gea untuk tak sekadar andal menjaga gawang MU. Menurut Ten Hag, pada masa modern ini kiper harus mampu membantu serangan dari lini belakang.

"Jika Anda mengamati tim-tim, Anda harus mampu bermain dari belakang dan menggunakan kiper Anda sebagai nilai tambah. Jika tidak, lawan akan dengan mudah membuat Anda berada dalam tekanan," jelas Erik ten Hag.

"Dia harus meningkatkan kemampuannya. Dalam beberapa pertandingan, dia mampu menunjukkan perkembangan," tegas manajer asal Belanda itu.

3 dari 4 halaman

Raih Penghargaan

Penjaga gawang Manchester United, David De Gea (tengah), berhasil menghalau bola dari sundulan pemain Fulham dalam babak perempat final Piala FA 2022/2023, Minggu (19/3/2023) malam WIB. Berkat hasil ini, Manchester United pun berhak melenggang ke babak semifinal untuk menghadapi Brighton di Wembley. (AFP/Paul Ellis)

Kiper Manchester United, David De Gea, berhasil meraih penghargaan Golden Glove Premier League 2022/2023. Kiper asal Spanyol itu terpilih karena keberhasilan menorehkan 17 clean sheet di Premier League musim ini.

De Gea mencetak 17 clean sheet dalam 36 penampilan. Sementara pesaing terdekatnya, Alisson Becker, sudah tidak bisa mengejar dengan catatan 14 clean sheet.

"Saya pikir telah bermain bagus sepanjang musim dan membantu tim sebanyak yang saya bisa, menjaga beberapa clean sheet yang bagus," ujar David de Gea.

Sumber: The Times

4 dari 4 halaman

Yuk Simak Posisi Akhir Tim Kesayangan Kamu!

Berita Terkait