5 Transfer Musim Panas 2023 Liverpool: Refresh Lini Tengah

oleh Hery Kurniawan diperbarui 31 Mei 2023, 18:36 WIB
Ilustrasi - Mason Mount, Alexis Mac Allister, Aurelien Tchouameni (Bola.com/Decika Fatmawaty)

Bola.com, Jakarta - Liverpool melepas banyak pemain di akhir musim 2022/2023. Mayoritas pemain yang dilepas The Reds adalah mereka yang berposisi sebagai gelandang. 

Sebut saja James Milner, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Naby Keita. Dua dari tiga pemain itu dilepas Liverpool karena sudah mulai menua. 

Advertisement

Dilepasnya ketiganya, terutama James Milner cukup bisa dimengerti. Sebab, eks gelandang Timnas Inggris itu sudah berusia 37 tahun.

Sementara itu Naby Keita memang masih belum terlalu uzur. Namun, penampilan eks gelandang RB Leipzig itu menurun sangat drastis dalam beberapa tahun terakhir. 

Liverpool pun mulai dikaitkan dengan banyak pemain. Menariknya, mayoritas pemain yang dikaitkan dengan Liverpool berposisi sebagai gelandang.

Bola.com mengumpulkan lima pemain yang dirumorkan dengan Liverpool. Satu di antaranya bahkan dikabarkan sudah sangat dekat. 

2 dari 6 halaman

Alexis Mac Allister

Liverpool dikabarkan tengah meminati gelandang asal Argentina yang tampil impresif bersama Brighton and Hove Albion musim ini, Alexis Mac Allister. Jika kesampaian mendatangkannya pada musim depan, ia akan jadi pemain ke-6 Argentina yang didatangkan The Reds dalam hampir dua dekade terakhir. Berikut ini daftar 5 pemain Argentina yang sebelumnya pernah memperkuat Liverpool dalam hampir 20 tahun terakhir. (AFP/Adrian Dennis)

Alexis Mac Allister menjadi nama yang paling dikaitkan dengan Liverpool di musim panas 2023. Pemain asal Argentina itu sudah dipastikan tak mau melanjutkan kariernya di Brighton and Hove Albion.

Liverpool pun sudah memulai pembicaraan dengan pihak Mac Allister. Belakangan progres negoasiasi itu berjalan cukup baik.

Liverpool sangat berpeluang mendapatkan Alexis Mac Allister asal dalam waktu dekat tidak ada klub lain yang melebihi penawaran yang diajukan oleh The Reds. 

3 dari 6 halaman

Sergej Milinkovic-Savic

Gelandang Lazio Sergej Milinkovic-Savic. (foto: GABRIEL BOUYS / AFP)

Sergej Milinkovic-Savic lama menjadi bintang Serie A. Ia sudah bertahun-tahun menjadi andalan di lini tengah klub asal ibu kota Italia, Lazio.

Namun, pada akhir musim 2022/2023, kontrak Sergej Milinkovic-Savic akan habis. Sejauh ini belum ada tanda-tanda perpanjangan kontraknya di Stadio Olimpico Roma.

Liverpool bisa menghemat puluhan juta paun jika mendapatkan pemain asal Serbia ini. Kualitas dan usianya juga sudah cukup matang. 

4 dari 6 halaman

Mason Mount

Bek Liverpool Kostas Tsimikas berebut bola dengan gelandang Chelsea Mason Mount pada pekan ke-21 Liga Inggris di Stamford Bridge, London, Minggu (2/1/2022) malam WIB. Duel Chelsea vs Liverpool berakhir imbang dengan skor akhir 2-2. (AP Photo/Matt Dunham)

Mason Mount kabarnya akan dilepas oleh Chelsea pada bursa transfer musim panas 2023. Banyak klub Inggris lain yang sudah bersiap menampung Mount.

Liverpool disebut menjadi satu di antaranya. Kehadiran Mount akan menguntungkan bagi Liverpool. Selain menggerogoti kekuatan rival, The Reds juga mendapatkan tamgahan kuote pemain asli Inggris dari Mount.

Mason Mount saat ini berusia 24 tahun. Untuk pemain seusianya dengan potensi yang lumayan, The Reds rasanya tak perlu ragu untuk mengeluarkan dana 60 juta paun.

5 dari 6 halaman

Aurelien Tchouameni

Pemain Real Madrid, Aurelien Tchouameni (kiri) menanduk bola saat pertandingan persahabatan antara Real Madrid melawan Barcelona di Stadion Allegiant, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (24/07/2022) pagi WIB. (AFP/Frederic J. Brown)

Fabinho selama ini menjadi tumpuan utama Liverpool di posisi gelandang bertahan. Namun, Fabinho perlahan mulai menua. Pergerakannya pun belakangan mulai melambat.

Liverpool bisa mulai berpikir untuk mencari gelandang bertahan baru. Aurelien Tchouameni bisa menjadi opsi yang menarik untuk itu.

Aurelien Tchouameni masih berusia 23 tahun, dan dia cukup kesulitan menembus skuad utama Real Madrid. Tim asuhan Jurgen Klopp bisa menggoda pemain Prancis itu untuk pindah ke Anfield. 

6 dari 6 halaman

Khephren Thuram

Pemain incaran MU Khephren Thuram Diincar MU beraksi bersama timnas Prancis (AFP)

Jika mau harga yang jauh lebih murah untuk gelandang bertahan bagus, Liverpool bisa beralih untuk mengejar Khephren Thuram. 

Gelandang milik klub Ligue 1, Nice itu baru berusia 22 tahun. Khephren Thuram sudah tampil konsisten dalam beberapa musim terakhir di Prancis.

Pemilik satu caps di Timnas Prancis itu pun memiliki nilai pasar yang cukup murah, yakni hanya 32 juta euro saja. Harga yang cukup masuk akal bagi Liverpool.  

Berita Terkait