5 Pemain yang Pengoleksi Gol dan Assist Paling Mentereng Musim Ini: Erling Haaland Terlalu Superior

oleh Suharno diperbarui 06 Jun 2023, 05:45 WIB
Erling Haaland tampil mengagumkan pada musim perdananya di Liga Inggris bersama Manchester City. Ia menjelma menjadi mesin gol untuk The Cityzens dengan menorehkan 33 gol dalam 31 laga. Hal tersebut membuat skuad asuhan Pep Guardiola itu berkesempatan untuk mengambil alih pimpinan dari Arsenal di beberpa pertandingan terakhir. Selain dirinya, berikut ini daftar pencetak gol terbanyak dalam 8 tahun terakhir. (AFP/Oli Scarff)

Bola.com, Jakarta - Kompetisi liga-liga top Eropa musim 2022/2023 sudah berakhir. Klub-klub besar masih mendominasi liga dan menjadi juara di masing-masing negaranya.

Di antara klub-klub top Eropa ini, ada pesepak bola yang paling menonjol. Bahkan sang pemain tidak hanya paling cemerlang di klub hingga liga, tetapi juga hingga Eropa.

Advertisement

Para pemain ini menjadi penentu ketika klubnya meraih kemenangan demi kemenangan. Pemain-pemain ini berasal dari klub-klub besar seperti PSG, Liverpool, Real Madrid, dan Manchester City.

Mereka mencetak banyak gol dan assist  selama musim 2022/2023.  Langung saja simak satu persatu nama-nama pemain tersebut.

 

2 dari 6 halaman

5. Lionel Messi: 40 (20 gol, 20 assist)

Persaingan dua pemain terbaik di dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam mencetak berbagai rekor terus saja terjadi. Di Liga Champions musim 2022/2023 ini La Pulga yang sejak musim lalu membela PSG baru saja memperlebar jarak dengan CR-7 dalam hal membobol gawang klub di kompetisi kasta tertinggi Eropa tersebut. Satu gol yang dicetaknya ke gawang Benfica membuatnya telah mencetak gol ke gawang 40 klub berbeda, sementara Cristiano Ronaldo yang musim ini tidak bermain di Liga Champions baru melakukannya terhadap 38 klub. Mau tahu klub mana saja yang jadi lumbung gol Lionel Messi? Berikut daftar 5 besarnya. (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Meski mengalami musim yang mengecewakan, PSG masih bisa mempertahankan gelar Ligue 1. Lionel Messi menjadi kunci di balik permainan PSG musim ini dengan kembali ke performa terbaiknya.

Pemain berusia 35 tahun itu telah mencetak 15 gol dan 16 assist Ligue 1 musim ini. Messi juga satu-satunya pemain yang mencatatkan 20 gol dan 20 assist di PSG dalam semua kompetisi musim ini.

 

3 dari 6 halaman

4. Vinicius Jr: 44 (23 gol, 21 assist)

Wasit Ricardo De Burgos Bengoetxea berusaha menenangkan striker Real Madrid, Vinicius Junior pada laga pekan ke-35 Liga Spanyol 2022/2023 di Mestalla Stadium, Valencia, Senin (22/5/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Alberto Saiz)

Karier Vinicius terus naik dari musim ke musim. Pemain berusia 22 tahun asal Brasil itu tampil semakin percaya diri setelah mencetak gol kemenangan di final Liga Champions musim lalu. Pada musim ini ia berkontribusi dalam 44 gol di semua kompetisi bagi Real Madrid.  

4 dari 6 halaman

3. Mohamed Salah: 45 (30 gol, 15 assist)

Striker Liverpool Mohamed Salah bersaing dengan bek Manchester United Lisandro Martinez (kanan) pada laga pekan ketiga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Selasa (23/8/2022) dini hari WIB. Secara luar biasa MU menang perdana di Liga Inggris musim 2022/2023 dengan mengalahkan rival abadi Liverpool 2-1. (Photo by Paul ELLIS / AFP)

Premier League musim 2022/2023 tidak berjalan sesuai rencana bagi Liverpool. The Reds asuhan Jurgen Klopp telah mengakhiri musim ini tanpa trofi. Harapan mereka lolos ke Liga Champions juga gagal terwujud.

Beberapa orang mendiagnosis penurunan performa Salah sebagai bagian dari masalah. Pemain berusia 30 tahun itu membuktikan fans keliru menilainya, dengan mencatatkan 30 gol dan 15 assist.

 

5 dari 6 halaman

2. Kylian Mbappe: 49 (40 gol, 9 assist)

Kylian Mbappe. Striker Prancis berusia 24 tahun milik PSG ini sebenarnya memiliki jumlah yang sama dengan Erling Haaland dalam raihan hattrick bersama PSG pada tahun 2022 sebanyak 4 kali hattrick di ajang Ligue-1 dan Piala Prancis. Namun Kylian Mbappe layak dinobatkan sebagai raja hattrick di liga top Eropa dengan kesuksesannya mencetak 1 kali hattrick pada ajang Piala Dunia 2022 bersama Timnas Prancis. Hattrick kelimanya tersebut di cetak saat partai final Piala Dunia 2022 kala The Bleus dikalahkan Argentina melalui adu penalti 4-2 (3-3). (AFP/Franck Fife)

Messi bukan satu-satunya pesepak bola yang tampil cemerlang bersama PSG musim ini karena masih ada Kylian Mbappe. Striker Prancis ini mencetak 28 gol di Ligue 1 untuk Parisiens musim ini.

Mbappe mengemas 51 gol di semua kompetisi untuk klub dan negaranya musim ini. Jumlah itu menyamai catatan legenda Les Bleus Just Fontaine pada 1957/1958.

 

6 dari 6 halaman

1. Erling Haaland: 61 (52 gol, 9 assist)

Erling Haaland. Striker Norwegia berusia 22 tahun milik Manchester City ini total mencetak 4 kali hattrick pada tahun 2022. Tiga hattrick terakhir dicetak Erling Haaland saat telah berseragam Mancheter City di ajang Liga Inggris pada musim 2022/2023, sementara satu hattrick lainnya dicetak saat ia masih berseragam Borusssia Dortmund di ajang Bundesliga 2021/2022. (AFP/Oli Scarff)

Selama lebih dari satu dekade, Messi dan Ronaldo mendominasi daftar teratas ini. Mbappe dan Haaland yang digadang-gadang bakal menjadi pengganti mereka akhirnya berada di posisi kedua dan pertama.

Haaland membukukan 36 gol di Premier League dan total 52 gol di semua kompetisi bagi Manchester City. Striker asal Norwegia ini juga berpeluang meraih treble winners.

Sumber: Planet Football

 

Berita Terkait