Liga Italia: Sebelum Dipecat, Paolo Maldini Ingin Andrea Pirlo Gantikan Stefano Pioli di AC Milan

oleh Aryo Atmaja diperbarui 08 Jun 2023, 17:30 WIB
Direktur Olahraga, AC Milan, Paolo Maldini terlihat saat laga lanjutan Liga Italia 2021/2022 antara Torino melawan AC Milan di The Olympic Stadium, Turin, 10 April 2022. (AFP/Marco Bertorello)

Bola.com, Jakarta - Suasana di tubuh manajemen AC Milan sedang runyam. Perbedaan visi misi antara Paolo Maldini selaku Direktur Teknik dan Frederic Massara dengan manajemen klub berujung pada pemecatan.

Semuanya mencapai titik didih saat Massara dan Maldini menemui pemilik AC Milan, Cardinale pada Senin (5/6/2023) untuk membicarakan strategi transfer. Seharusnya diskusi tersebut berjalan panjang, tetapi hanya sekira 35 menit, pertemuan itu kelar.

Advertisement

Menurut laporan La Repubblica, Maldini dan Massara dipecat karena adanya ketidaksepakatan perihal bagaimana pihak klub semestinya meramu strategi transfer.

Informasi terbaru, ada fakta lainnya sebelum Paolo Maldini angkat kaki dari AC Milan. Yakni soal rencana Maldini untuk menggantikan posisi pelatih.

2 dari 5 halaman

Inginkan Andrea Pirlo

Andrea Pirlo memulai kariernya sebagai pelatih pada musim lalu untuk menukangi mantan klubnya, Juventus. Prestasi Juve sebenarnya tak terlalu buruk, namun karena gagal meraih gelar Serie A, Pemain legendaris Juventus tersebut dipecat. (AFP/Alberto Lingria)

Paolo Maldini merencanakan revolusi di Milan sebelum pemecatannya. Kabarnya ia menginginkan klub mengganti pelatih Stefano Pioli dengan Andrea Pirlo, hal itu mengacu laporan dari Corriere dello Sport via Football Italia.

Sementara proyek RedBird selaku pemilik AC Milan tidak menginginkan hal itu terjadi. Sosok Stefano Pioli yang sukses mengantarkan Milan menjuarai Serie A musim lalu, masih masuk dalam proyek mereka.

3 dari 5 halaman

Kronologi Pemecatan Maldini

Direktur olahraga AC Milan, Paolo Maldini menghadiri sesi latihan menjelang laga leg pertama semifinal Liga Champions 2022/2023 melawan Inter Milan di Milanello Sports Centre, Carnago, Milan, 9 Mei 2023. (AFP/Miguel Medina)

Sebelumnya, Paolo Maldini adalah Direktur teknik yang diberhentikan oleh pemilik klub, Gerry Cardinale pada hari Senin setelah pertemuan singkat namun menegangkan.

Frederic Massara juga telah diberhentikan, mengakhiri era penting di Rossoneri. Maldini dan Massara berperan penting dalam kembalinya Milan ke puncak sepak bola Italia.

Keduanya punya andil dalam kebangkitan Il Diavolo Rosso, mendatangkan tokoh-tokoh penting seperti Mike Maignan, Rafael Leao, dan Theo Hernandez. Kepergian pasangan ini kini telah membuat klub berada dalam kekacauan dan menyebabkan ketegangan muncul di antara para pemain.

Sumber: Football Italia

4 dari 5 halaman

Intip Posisi AC Milan Musim Lalu

5 dari 5 halaman

Ayo Tebak Juara Liga Champions

https://www.newshub.id/interactive2/4425

Berita Terkait