Final Liga Champions: Awas Man City, Pep Guardiola Jangan Sampai Overthinking Hadapi Inter Milan

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 09 Jun 2023, 10:10 WIB
Manchester City hampir saja menelan kekalahan saat bertandang ke markas West Ham United pada pekan ke-37 Liga Inggris 2021/2022 di London Stadium, Minggu (15/5/2022). (AFP/Justin Tallis)

Bola.com, Manchester - Manchester City akan berjibaku melawan Inter Milan pada final Liga Champions 2022/2023 di Istanbul, Turki, Minggu (11/6/2023) dini hari WIB. Man City digadang-gadang menjadi favorit juara, namun faktor Pep Guardiola bisa menjadi batu kerikil. 

Muncul kekhawatiran Guardiola akan overthinking atau berpikir berlebihan menghadapi final Liga Champions melawan Inter Milan ini. 

Advertisement

Memang, Pep adalah pelatih nomor satu di dunia saat ini. Man City luar biasa kuat di kompetisi domestik danEropa. Mereka sudah mengantongi dua gelar musim ini, Liga Inggris dan Piala FA.

Persoalannya, Pep seolah-olah tidak cukup beruntung di Liga Champions. Pada musim 2020/2021, Man City yang sudah susah payah sampai ke final justru kalah mengecewakan dari Chelsea dengan skor 0-1.

Kini, kesempatan emas itu hadir lagi di depan mata. Guardiola akhirnya punya kesempatan lagi mempersembahkan trofi impian Man City, yaitu Liga Champions. Nah, akankah Pep kembali overthinking seperti saat menghadapi Chelsea dua tahun lalu?

 

2 dari 4 halaman

Ciptakan Taktik dan Ide Baru

Pasukan Pep Guardiola lolos ke final dengan agregat 5-1. (AFP/Paul Ellis)

Bagi Guardiola, Liga Champions adalah panggung istimewa. Dia selalu mencoba memberikan yang terbaik, mempersiapkan segalanya dengan detail. Sayangnya, persiapan itu justru membuat Pep berpikir berlebihan.

"Di Liga Champions, saya selalu berpikir berlebihan (overthink). Saya selalu menciptakan taktik dan ide-ide baru, dan besok Anda pun akan melihat hal baru," kata Pep.

"Saya berpikir terlalu berlebihan, karena itulah saya meraih hasil yang sangat bagus di Liga Champions. Saya suka melakukannya. Bakal membosankan jika saya selalu bermain dengan gaya yang sama."

 

3 dari 4 halaman

Gaya Main

Empat gol City ke gawang Real Madrid dicetak oleh Bernardo Silva (23'), (37'), Akanji (76') dan Alvarez (90'). (AP Photo/Jon Super)

Man City mungkin dikenal dengan penguasaan bola, tapi Guardiola menegaskan taktik timnya tidak akan sama persis dari laga ke laga. Di final kali ini Man City akan menghadapi Inter Milan, bukan lawan mudah.

"Mungkin orang-orang berpikir saya akan bermain dengan gaya yang sama kontra Atletico dan Liverpool, tapi saya tidak berpikir demikian karena pergerakan Liverpool jauh berbeda dari Atletico," ujar Guardiola.

"Karena itulah saya suka berpikir berlebihan dan menciptakan taktik konyol. Dan ketika saya gagal menang, saya akan dihukum."

"Malam ini saya akan mencari inspirasi dan besok saya akan menerapkan taktik luar biasa," imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Final Liga Champions

Manchester City diunggulkan dalam laga final kali ini. (AP Photo/Francisco Seco)
  • Pertandingan: Manchester City vs Inter Milan
  • Lokasi: Ataturk Olympic Stadium, Turki
  • Waktu: Minggu, 11 Juni 2023
  • Kick-off: 02.00 WIB
  • Siaran langsung: SCTV
  • Live Streaming: Vidio 

Sumber: Manchester City 

Disadur dari: Bola.net (Penulis Richard Andreas, published: 9/6/2023)

Berita Terkait