Foto: Hal-Hal Menarik yang Terjadi Sepanjang Gelaran Meiji Yasuda J1 League 2023

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 29 Des 2023, 15:16 WIB
Andres Iniesta yang menjadi mercusuar Vissel Kobe sejak 2018 lalu memutuskan hengkang, meninggalkan berbagai kenangan magis yang menghiasi ruang-ruang Liga Jepang dalam lima tahun terakhir. Pemain legenda Barcelona tersebut pergi setelah tampil 134 kali untuk Vissel Kobe di semua ajang, mencatat 26 gol dan 25 assist. (AFP/Jiji Press)
Tokyo Verdy menjadi salah satu dari tiga tim dari J2 League untuk bermain di J1 League 2024 bersama Machida Zelvia dan Jubilo Iwata. Musim ini adalah akhir sebuah era, musim ini jadi musim terakhir J1 League berisi 18 tim. Mulai musim depan, akan ada 20 tim yang bersaing di kasta teratas Liga Jepang. (Dok. J1 League)
Yuya Osako dari Vissel Kobe berhasil mencetak 22 gol dan mencatatkan dirinya bersama Anderson Lopes dari Yokohama F. menjadi daftar teratas pencetak gol terbanyak musim ini. (AFP/Jiji Press)
Anderson Lopes musim ini semakin matang, penyerang asal Brasil itu selalu berhasil meningkatkan jumlah golnya setiap musim bersama Marinos. (AFP/Yuichi Yamazaki)
Vissel Kobe resmi jadi juara J1 League musim ini dan merupakan sebuah sejarah. Pelatih Takayuki Yoshida mampu membawa Vissel Kobe meraih gelar kasta teratas Liga Jepang pertama mereka sepanjang sejarah, sejak klub ini didirikan pada 1966 lalu. (AFP/Jiji Press)

Berita Terkait