Shin Tae-yong Minta Cerezo Osaka Lepas Justin Hubner ke Timnas Indonesia U-23 Seperti Klub Jepang yang Kirim Pemain ke Samurai Biru

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 08 Apr 2024, 13:30 WIB
Dua pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner (kiri) dan Rizky Ridho berbaris merayakan kemenangan 1-0 atas Vietnam di hadapan para suporter setelah berakhirnya laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Dubai - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, merasa bahwa semestinya Cerezo Osaka bisa melepas Justin Hubner ke Piala Asia U-23 2024 Qatar. Apa yang menjadi landasannya?

Shin Tae-yong melihat bahwa beberapa klub Negeri Matahari Terbit lainnya mengirimkan pemainnya ke Timnas Jepang U-23 yang juga akan berkancah di Piala Asia U-23 2024.

Advertisement

Cerezo Osaka, misalnya, yang mengikhlaskan Ryuya Nishio dipanggil Jepang U-23 untuk Piala Asia U-23, sementara kebijakan itu belum berlaku untuk Justin Hubner.

Pimpinan klasemen sementara J League 1 2023/2024 atau kasta teratas Liga Jepang, Machida Zelvia, bahkan membiarkan dua pemainnya, Shota Fujio dan Yu Hirakawa, untuk memperkuat Jepang U-23 di Piala Asia U-23.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Baru Debut

Pertimbangan utama Justin Hubner meninggalkan Wolverhampton di Premier League dan bergabung dengan Cerezo Osaka di J1 League adalah demi menembus tim utama Wolverhampton, di mana saat ini ia baru memperkuat tim U-21 Wolverhampton. (cerezo.jp)

Justin Hubner baru saja menjalani debutnya di J League 1 pada Minggu (7/4/2024). Turun sebagai pemain pengganti pada menit ke-87, bek berusia 20 tahun itu membawa Cerezo Osaka menang 1-0 atas Albirex Niigata.

Sebelumnya, Ketua PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa Cerezo Osaka baru bersedia melepas Justin Hubner ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 setelah 17 April 2024.

Padahal, perjuangan Timnas Indonesia U-23 di Grup A Piala Asia U-23 akan dimulai pada 15 April 2024 dengan menantang tuan rumah Timnas Qatar U-23 di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan.

3 dari 4 halaman

Harapan Shin Tae-yong

"Pastinya, kami sedang berusaha semaksimal mungkin agar Justin Hubner bisa bergabung secepat mungkin ke Timnas Indonesia U-23," ujar Shin Tae-yong.

"Mulai dari Pak Erick Thohir dan PSSI semuanya berusaha. Klub Korea Selatan dan Jepang melepas pemain-pemain yang dipanggil ke Piala Asia U-23. Jadi menurut saya, Cerezo Osaka harus melepas juga Hubner," imbuh Shin Tae-yong.

Selain Justin Hubner, Timnas Indonesia U-23 juga masih menanti kejelasan dari Nathan Tjoe-A-On. Pesepak bola berusia 22 tahun itu tidak kunjung mendapatkan izin dari klubnya, SC Heerenveen.

4 dari 4 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Persiapan Piala Asia U-23 2024

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi, Adi Satryo, Erlangga Setyo, Daffa Fasya

Bek: Rizky Ridho, Komang Teguh, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Dony Tri Pamungkas, Haykal Alhafiz, Dzaky Asraf, Rio Fahmi, Bagas Kaffa, Kakang Rudianto, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On

Gelandang: Ivar Jenner, Arkhan Fikri, Rifky Dwi, Rayhan Hannan, Ikhsan Nul Zikrak, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, Fajar Fathur Rahman

Penyerang: Rafael Struick, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka

Berita Terkait