Sukses


    Renovasi Stadion untuk Asian Games Jadi Wewenang Pemerintah

    Bola.com, Jakarta - Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir, mengatakan tiga stadion yang akan menggelar pertandingan sepak bola di Asian Games 2018 membutuhkan proses renovasi. Namun, wewenang tersebut bukan berada di INASGOC melainkan di tangan pemerintah.

    Asian Games 2018 rencananya akan menggunakan lima stadion sebagai venue pertandingan sepak bola putra dan putri. Stadion yang digunakan antara lain, Stadion Patriot Chandrabhaga (Bekasi) dan Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Pakansari (Kabupaten Bogor), dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung), dan Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung).

    Namun, dari lima stadion tersebut hanya Stadion Patriot dan Stadion Wibawa Mukti yang tidak membutuhkan proses renovasi. Sisanya, kini menunggu renovasi yang keputusannya berada di pemerintah Jawa Barat yang akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

    "Tadi Gubernur Jawa Barat, Bapak Ahmad Heryawan, sudah mendapatkan penjelasan stadion-stadion di wilayahnya perlu direnovasi. Nah, proses renovasi kan belum mulai sekarang dan itu harus ada kesepakatan antara pemerintah daerah, dalam hal ini Jawa Barat dengan pemerintah pusat," kata Erick kepada wartawan selepas mengikuti rapat koordinasi Asian Games 2018 bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Selasa (18/7/2017).

    "Hal itu yang saat ini masih menjadi kendala. Sebab, keuangan negara sedang seperti ini, jadi perlu diadakan efesiensi. PSSI melalui Sekjen juga sudah menyampaikan dua stadion lain tak perlu proses renovasi," tutur Erick.

    Lima stadion tersebut dipilih karena jaraknya tidak berjauhan dengan perkampungan atlet. Hal itu merupakan aturan baku yang mengharuskan venue pertandingan tak boleh terlalu jauh dari tempat menginap atlet.

    Adapun untuk Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tidak akan menjadi venue pertandingan karena akan digunakan untuk upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Hanya cabang olahraga atletik yang akan menggunakan SUGBK sebagai venue pertandingan.

    Pemerintah Jabar dan pusat kini berburu dengan waktu untuk segera memulai proses merenovasi stadion-stadion tersebut. Sebab, Asian Games 2018 akan digelar dalam kurang lebih dalam 1 tahun lagi, yakni mulai 18 Agustus tahun depan.

     

    Video Populer

    Foto Populer