Sukses


    Asian Games 2018: Tim Karate Hanya Bidik 1 Emas

    Jakarta - Tim karate Indonesia sudah bersiap menjelang Asian Games 2018. Namun, di ajang yang akan digelar di Jakarta dan Palembang ini, mereka tak muluk memasang target.

    Meski masih bersifat sementara, karate termasuk cabang prioritas pada Asian Games 2017. Hal itu cukup mengherankan mengingat tim karate tak memiliki catatan bagus dalam ajang selevel Asian Games.

    Tercatat, hanya dua emas yang bisa didapat Indonesia dari cabang karate Asian Games. Itu pun sudah cukup lama. Dua emas itu disumbang Arif Taufan Syamsuddin di nomor kumite -60 kg Asian Games 1998 dan Hasan Basri (kumite -65 kg) Asian Games 2002.

    Setelah itu, tak ada lagi emas yang bisa diraih tim karate Indonesia dari Asian Games. Karenanya, pelatnas karate saat ini berhati-hati jika bicara soal target. Mereka pun hanya mengincar satu emas pada Asian Games 2018.

    "Sejak awal target kami satu emas. Itu harga mati karena ini bukan olahraga terukur. Berkaca dari hasil SEA Games 2017, kami tidak mau muluk-muluk. Satu saja cukup," kata pelatih kepala pelatnas karate Indonesia, Philip King, saat ditemui di Apartemen Bellezza, Jakarta, Rabu (8/11/2017).

    Untuk mewujudkan target itu, sederet program telah disusun PB Forki menuju Asian Games 2018. Mulai dari pemusatan latihan dengan mengikuti sebuah ajang hingga rencana mendatangkan karateka kelas dunia untuk menjadi sparring partner.

    Saksikan video pilihan di bawah ini:

     

    2 dari 2 halaman

    Lawan Uji Coba

    "Nanti menjelang Asian Games kami akan undang karateka Eropa untuk menjadi lawan sparring. Ini kan kelasnya Asia. Jadi lawannya harus hebat. Sekitar Juni-Juli. Lawannya bisa dari Turki, Belanda, Jerman, Maroko. Kami akan cari yang bagus dan pernah mengalahkan juara-juara di Asia," jelas Philip.

    Sayang, persiapan tim karate Indonesia sedikit terkendala dengan faktor-faktor non teknis yang sudah biasa terjadi. Hal itu tak lain adalah minimnya dukungan pemerintah soal dana hingga pengadaan alat bertanding.

    "Peralatan tanding yang dijanjikan sejak SEA Games, seperti protector dan lainnya, belum kami terima hingga saat ini. Saya sudah lelah menanyakan bolak-balik. Makanya saya bilang siapa pun bentuknya harus profesional dan mau mengurus olahraga," kata Philip.

    Video Populer

    Foto Populer