Sukses


    Wartawan Asing Wajib Pakai Visa Liput Asian Games 2018

    Jakarta - Indonesia akan tetap memberlakukan visa sebagai prosedur masuk wilayah bagi para peserta maupun jurnalis yang mengikuti Asian Games di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018.

    "Kami tetap menerapkan kebijakan selektif dalam penyelenggaraan kegiatan apa pun. Tidak ada kebijakan bebas visa, kartu akreditasi Asian Games tidak otomatis berlaku sebagai visa masuk Indonesia," kata Kepala Subdirektorat Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Hongky Juanda dalam Forum Media Asian Games di Jakarta, Senin (27/11/2017), seperti dikutip dari Antara.

    Meski Indonesia tetap memberlakukan visa masuk, Hongky mengatakan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM bakal mempermudah proses penerbitan visa bagi para peserta maupun jurnalis Asia yang akan mengikuti pesta olahraga se-Asia tersebut.

    "Para jurnalis yang terakreditasi komite Olimpiade di masing-masing negara akan mendapatkan fasilitas bebas biaya penerbitan visa. Tapi, jurnalis yang tidak terakreditasi komite Olimpiade dari negaranya akan tetap dikenakan biaya penerbitan visa," ujar Hongky.

    Hongky menjelaskan masing-masing komite Olimipade di negara Asia akan melaporkan penerbitan visa di kedutaan Indonesia bagi para peserta dan jurnalis Asian Games.

    "Jika seseorang masuk dalam daftar cegah tangkal, dia akan kami tolak mendapatkan visa ke Indonesia meskipun namanya sudah terdaftar dalam komite Olimpiade di negara itu," papar Hongky.

    2 dari 3 halaman

    Sembilan Negara

    Ditjen Imigrasi menetapkan sembilan negara yang masuk dalam daftar cegah tangkal (clearance host), termasuk dua negara Asia yaitu Afghanistan dan Korea Utara.

    c	Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta, Kamis (23/11). Sri Mulyani dan Menteri Basuki mengunjungi sejumlah venue Asian Games 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

    "Siapa pun yang berasal dari sembilan negara itu, harus melewati dua tahapan pemeriksaan, termasuk atlet dan ofisial peserta Asian Games," ucap Hongky tentang tahapan pemeriksaan di Ditjen Imigrasi dan Kementerian Luar Negeri.

    Hongky menambahkan sembilan negara yang masuk dalam daftar cegah tangkal di Indonesia adalah Afganistan, Guinea, Israel, Korea Utara, Liberia, Niger, Nigeria, dan Somalia.

    3 dari 3 halaman

    Forum Media

    Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) telah membentuk Forum Media Asian Games 2018. Forum ini bertujuan untuk menjelaskan persiapan pelaksanaan pesta multicabang olahraga yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 itu.

    Seorang jurnalis mengamati Stadion Akuatik di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (23/11). Saat ini progres penyelesaian untuk renovasi venue olahraga untuk Asian Games 2018 di kawasan GBK sudah 87,27 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar) Event

    Forum yang diikuti media-media dari 22 perwakilan negara di Asia itu akan berkunjung ke sejumlah arena olahraga di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, dan Jakabaring, Palembang.

    Video Populer

    Foto Populer