Sukses


    Timnas Basket 3x3 Disiapkan untuk Asian Games dan Olimpiade

    Bola.com, Jakarta - Timnas basket 3x3 bakal dipersiapkan untuk program jangka panjang. Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengatakan timnas basket 3x3 bukan hanya berlatih untuk Asian Games 2018, tapi sekaligus untuk merebut tiket ke ajang Olimpiade Tokyo 2020. 

    Menpora menyampaikan hal tersebut saat menyambangi seleksi nasional basket 3x3 di Istana Kana, Jakarta, Jumat (12/1/2018). Dalam kunjungan tersebut, Menpora sempat mencoba bermain basket serta berdiskusi dengan para pemain. 

    "Sebagai tuan rumah, tentu Indonesia bukan hanya ingin sukses sebagai penyelenggara, tapi juga prestasi. Salah satunya dari basket 3x3," kata Menpora.

    "Saya tahu basket 3x3 kita di Asia peringkatnya bagus. Jadi kami inginnya timnas basket 3x3 bukan hanya berlatih untuk Asian Games, tapi juga Olimpiade. Kalau disiapkan dari sekarang, peluangnya ada," sambung Imam Nahrawi. 

    Timnas basket 3x3 memang menjadi salah satu harapan untuk mendulang medali di Asian Games 2018. Mereka diharapkan menyumbang dua medali, masing-masing dari timnas putra dan putri. 

    Di level Asia, tim basket 3x3 Indonesia peringkatnya cukup meyakinkan. Tim putri menempati peringkat keempat, sedangkan tim putra berada di urutan ke-11. 

    Kans merebut tiket ke ajang olimpiade cukup terbuka lebar bagi timnas basket 3x3 Indonesia. Syaratnya, timnas tampil bagus dan konsisten dalam beberapa kejuaraan menjelang olimpiade. 

    "Kalau untuk Asian Games kami targetnya dua medali, masing-masing dari putra dan putri. Kalau untuk olimpiade, ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam dua tahun ke depan," kata Manajer Timnas 3X3 Indonesia, Fareza Tamrella.  

    Timnas basket 3x3 menggelar seleksi tahap pertama selama sepekan pada 8-13 Januari 2018. Menurut Fareza, setiap bulan bakal ada seleksi, namun tempatnya masih belum ditentukan. 

    Sebanyak 12 pemain mengikuti seleksi tahap pertama untuk Asian Games 2018. Adapun nama-nama yang mengikuti seleksi pertama timnas 3x3 adalah Rivaldo Tandra Pangesthio, Erick Jonathan Gosal, Reza Fahdani Guntara, Reggie William Mononimbar, Henry Cornelis Lakay, dan Alkristian Chandra di sektor putra. Di tim putri ada Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma, Regita Pramesti, Dora Lovita, Jovita Elisabeth Simon, Lea Elvensia Wolobubo Kahol dan Delaya Maria.

     

    Video Populer

    Foto Populer