Sukses


    Pelatih Korsel U-23 Minta Son Heung-min Tampil di Asian Games 2018

    Bola.com, Seoul - Pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Kim Hak-bum, menyatakan keinginannya untuk memboyong bintang Totteham Hostpur, Son Heung-min, dalam tim asuhannya yang akan berlaga di Asian Games 2018.

    Asian Games 2018 akan digelar di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus 2018-2 September 2018.

    Cabang olahraga sepak bola Asian Games memang diperuntukkan untuk pemain 23 tahun dan ke bawah, namun dengan pengecualian. Setiap tim peserta diizinkan menurunkan hingga tiga pemain senior yang biasa disebut wildcard.

    Kim menuturkan ia memilih Son untuk Asian Games karena dia dianggap merupakan satu di antara pesepak bola top Asia di dunia saat ini. "Saya akan memilihnya kecuali ada situasi khusus," kata Kim seperti dikutip dari Yonhap, Senin (5/3/2018).

    "Son itu termasuk pemain yang membutuhkan perlakuan khusus. Jadi, kami harus menunggunya sampai saat terakhir apakah dia benar-benar bisa gabung dalam tim atau tidak, tapi saya yakin tidak akan ada masalah buat dia gabung," ujar pria 53 tahun, yang baru duduk di kursi panas pelatih Timnas Korea Selatan U-23, pekan lalu itu.

    Seandainya benar jadi gabung, Timnas Korea Selatan U-23 tentu akan jadi satu di antara tim yang memiliki potensi menyabet medali emas. Musim ini Son memang sedang bersinar bersama Spurs. Ia jadi pilihan utama sang pelatih, Mauricio Pochettino.

     

    2 dari 2 halaman

    Bersinar bersama Spurs

    Musim ini Son sudah mencetak sebanyak 15 gol, 10 di antaranya tercipta di Premier League. Terbaru, gelandang serang 25 tahun itu memborong dua gol kemenangan Spurs 2-0 atas Huddersfield Town (3/3/2018).

    "Anda bisa mengkhawatirkan chemistry tim dan organisasi permainan ketika satu pemain gabung pada pertengahan turnamen. Namun, skill individu seorang pemain juga punya peran besar," tutur Kim.

    Selain pemain berstatus wildcard, Kim yang pernah membesut Seongnam FC, Gangwong FC, dan Gwangju FC ini menuturkan ia terbuka pada setiap pemain untuk diseleksi.

    Kim menambahkan pemain berusia 20 tahun seperti striker Lee Seung-woo yang berkiprah di Hellas Verona dan gelandang Paik Seung-ho yang bermain di Girona FC, masuk daftar incarannya.

    "Saya rasa untuk pemain di kategori usia ini, tidak terlalu banyak perbedaan kualitas. Saya akan membuka pintu dan memeriksa seluruh pemain yang ada untuk seleksi," lanjutnya.

    Timnas Korea Selatan U-23 merupakan juara bertahan Asian Games, yakni perebut medali emas Asian Games 2014 yang ketika itu digelar di negara sendiri. Target yang dibebankan pada Kim, tentu saja mempertahankan medali emas itu pada Asian Games 2018.

    Video Populer

    Foto Populer